SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Sunday, July 14, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatan5 Mitos Rambut Rontok dan Fakta yang Sesungguhnya

5 Mitos Rambut Rontok dan Fakta yang Sesungguhnya

MediaGoRambut rontok bisa terjadi pada semua orang, namun penyebab kerontokan pada rambut melebihi batas wajar saat ini belum diketahui kebenarannya. Untuk wanita sendiri, setiap harinya ada 100 helai rambut yang rontok dan itu merupakan hal normal.

Jika melebihi batas, rambut rontok yang terjadi memang harus segera diatasi. Tak heran jika saat ini banyak produk perawatan untuk mengurangi kerontokan rambut laris di pasaran.

Mitos dan Fakta Mengenai Rambut Rontok

Akan tetapi, pernah nggak kalian mendengar tentang mitos-mitos seputar kerontokan pada rambut?

Walaupun belum diketahui kebenarannya, dilansir dari berbagai sumber, berikut lima mitos rambut rontok yang harus kamu ketahui fakta sebenarnya!

1. Rambut Rontok Setiap Hari Bisa Membuatmu Botak

Kerontokan rambut
ilustrasi rambut rontok dari endocribeweb

Mitos ini sering kita dengar dan membuat banyak orang menjadi khawatir. Namun, fakta yang sebenarnya adalah jika kamu kehilangan rambut 100 helai per hari itu masih merupakan hal yang normal.

Akan tetapi, jika rambut yang rusak dan rontok lebih banyak dari biasanya, disarankan untuk segera konsultasi ke dokter.

2. Sering Keramas Membuat Rambut Rontok

Keramas bisa membuat rambut rontok
Gambar dari Today Show

Banyak mitos beredar bahwa sering keramas menjadi salah satu penyebab kerontokan pada rambut. Padahal hal ini belum terbukti kebenarannya.

Faktanya, dengan rajin keramas justru bisa membersihkan minyak pada kulit kepala yang menjadi pemicu munculnya masalah pada rambut. Sehingga apabila kamu jarang keramas justru akan menyebabkan kerontokan rambut menjadi lebih parah. Maka dari itu, lakukanlah keramas secara teratur minimal dua hari sekali ya.

3. Menyisir Rambut Saat Basah Bisa Menyebabkan Kerontokan Rambut

Menyisir rambut basah
Gambar rambut basah dari Priceprice

Mitos tentang kerontokan rambut berikutnya adalah menyisir rambut saat basah bisa membuat rambut jadi rontok. Namun, faktanya ada seseorang pakar perawatan rambut dari New York mengatakan menyisir rambut ketika basah sama sekali tidak berdampak pada kerontokan.

Ia menyatakan bahwa menyisir rambut saat basah justru dapat mengeringkan rambut dengan mudah. Akan tetapi kamu harus menggunakan model sisir tertentu agar tidak merusak akar rambut sehingga menyebabkan rambut rontok.

4. Meluruskan Rambut Bisa Merontokkan Rambut

Meluruskan rambut
Sumber dari Orami

Meluruskan rambut dengan cara perawatan teratur ternyata tidak menyebabkan kerontokan pada rambut. Ini karena produk perawatan rambut tidak berdampak pada kerontokan, namun jika kamu kehilangan banyak helai rambut, lebih baik untuk membatasi perawatan ini agar tidak memperparah kondisi.

5. Stres Jadi Salah Satu Penyebab Rambut Rontok

Stres penyebab rambut rontok
Gambar diambil dari Kompas.com

Banyak orang beranggapan bahwa stres menjadi salah satu penyebab munculnya masalah pada rambut. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena tidak semua stres bisa menimbulkan kerontokan rambut.

Biasanya hal seperti ini terjadi pada beberapa individu yang memang kondisi mentalnya sedikit bermasalah sehingga mempengaruhi pertumbuhan rambut mereka.

Nah itulah lima mitos rambut rontok yang beredar dan fakta menarik yang harus kamu ketahui sebenarnya. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk kita semua!

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular