SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, May 23, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatan7 Manfaat Buah Cermai Untuk Kesehatan yang Belum Banyak Orang Ketahui

7 Manfaat Buah Cermai Untuk Kesehatan yang Belum Banyak Orang Ketahui

MediaGo – Apa kalian tahu buah Cermai? Buah yang bernama latin gooseberry ini ternyata memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Apa saja manfaat buah Cermai? Yuk langsung saja kita bahas selengkapnya!

Cermai memiliki ukuran yang cukup mungil dengan cita rasa yang sedikit asam namun menyegarkan. Tak hanya menyegarkan, buah yang mudah di temui ini juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan karena mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh, seperti Karbohidrat, Serat, Vitamin A, Vitamin C, dan Protein.

Bukan hanya itu, dalam buah Cermai juga terdapat antioksidan dan nutrisi penting lain yang tentunya baik untuk kesehatan, seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan folat.

Manfaat Buah Cermai Untuk Kesehatan

buah cermai
Sumber : Gempi.co

Lantas apa saja manfaat buah Cermai untuk kesehatan? Dikutip dari laman Alodokter, Jumat, (12/08/2022), berikut deretan manfaat buah cermai bagi kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan kesehatan saluran cerna

Buah cermai bisa dijadikan camilan sehat karena rendah kalori. Selain itu, buah ini juga mengandung serat yang cukup tinggi sehingga konsumsinya baik untuk meningkatkan kesehatan saluran cerna.

2. Mengontrol kadar gula darah

Konsumsi buah cermai diketahui bisa mengendalikan kadar gula darah. Manfaat ini berasal dari kandungan serat dan asam klorogenat di dalamnya.

Serat memiliki fungsi untuk memperlambat penyerapan gula ke dalam darah, sedangkan asam klorogenat berperan dalam mengurangi penyerapan karbohidrat dalam usus.

3. Menekan produksi asam lambung

Buah cermai dipercaya dapat menekan produksi asam lambung, sehingga konsumsinya bermanfaat dalam mencegah kambuhnya dispepsia. Hal ini diduga berkat kandungan kalium di dalamnya yang bisa menetralkan asam. Meski begitu, manfaat tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut.

4. Menjaga kesehatan mata

Buah cermai mengandung vitamin A, sehingga konsumsinya baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, kandungan vitamin A di dalam buah ini juga mampu menjaga fungsi kornea mata agar kualitas penglihatan tetap baik.

Vitamin A pun dibutuhkan untuk mencegah berbagai penyakit mata, seperti degenerasi makula, katarak, dan rabun senja.

5. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat buah cermai selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan kulit. Manfat ini bisa diperoleh berkat kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya. Vitamin C bersifat antioksidan, sehingga dapat mencegah kerusakan kulit yang dipicu oleh paparan radikal bebas.

Tak hanya itu, vitamin C juga berguna untuk merangsang produksi kolagen, yaitu protein penting yang dibutuhkan untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit.

6. Memelihara kesehatan tulang

Untuk menjaga dan memelihara kesehatan tulang, Anda harus mencukupi kebutuhan kalsium dengan baik. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, salah satunya buah cermai

7. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung

Konsumsi buah cermai bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung, sebab buah ini mengandung ragam nutrisi penting yang bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Contohnya adalah kalium yang diketahui bisa mencegah penyempitan pembuluh darah. Selain itu, terdapat pula flavonol dan antisianin yang dapat menurunkan tekanan darah sekaligus meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Nah itulah beragam manfaat buah cermai yang mungkin belum banyak yang tahu. Semoga bermanfaat!

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular