You are here
Home > Kesehatan >

7 Manfaat Konsumsi Buah Jeruk, Baik untuk Pencernaan Hingga Cegah Anemia

Manfaat konsumsi buah jeruk

Jeruk memang menjadi salah satu buah yang paling banyak disukai orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi dalam buah jeruk menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan. Berikut ini sejumlah manfaat konsumsi buah jeruk bagi kesehatan tubuh. 

Manfaat konsumsi buah jeruk bagi kesehatan tubuh

Melansir penjelasan dari laman Hello Sehat berikut ini deretan manfaat konsumsi buah jeruk: 

1. Meningkatkan fungsi otak

Salah satu manfaat jeruk yang sayang dilewatkan adalah meningkatkan fungsi otak. Dikenal sebagai buah dengan vitamin C yang tinggi, jeruk juga mengandung kalium, folat, dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan fungsi saraf otak.

2. Menjaga kesehatan ibu hamil dan janinnya

Manfaat konsumsi buah jeruk
Buah jeruk baik untuk ibu hamil. (Gambar: http://alodokter.com)

Selain meningkatkan fungsi otak, jeruk ternyata berkhasiat bagi ibu hamil dan janinnya. Pasalnya, jeruk adalah sumber vitamin C, folat, dan air yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Kandungan air yang banyak dalam sebuah jeruk membantu ibu hamil untuk tetap terhidrasi. Selain itu, vitamin C dan folat di dalamnya membantu mencegah kerusakan sel dan menyerap zat besi untuk tubuh.

3. Membantu menjaga tekanan darah

Tekanan darah yang tinggi tentu memberikan dampak buruk bagi kesehatan, seperti risiko penyakit jantung. Namun, hal ini dapat dicegah dengan memanfaatkan buah jeruk. Menurut penelitian dari ARYA atherosclerosis, jus jeruk memiliki manfaat berupa menurunkan tekanan darah. Hal ini dibuktikan lewat penelitian pada 25 pasien yang mengalami penyumbatan arteri.

Para pasien tersebut dilaporkan telah mencoba mengatasi tekanan darah tinggi dengan obat-obatan. Namun, hasilnya masih kurang memuaskan. Akhirnya, para peserta diminta untuk minum jus jeruk yang sudah ditambahkan vitamin C.

Hasilnya, tekanan darah menurun meski hanya sedikit. Tekanan darah tersebut semakin menurun ketika minuman mereka diganti dengan rasa yang lebih tawar. Itu sebabnya, vitamin C pada buah jeruk berkhasiat bagi penderita penyakit hipertensi.

Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi pada buah jeruk membuatnya menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini sejumlah khasiat jeruk yang menjadi buah populer bagi sejuta umat.

4. Memelihara kesehatan rambut dan kulit

manfaat konsumsi buah jeruk
Buah jeruk mampu jaga kesehatan rambut dan kulit. (Gambar: http://suara.com)

Sudah bukan rahasia lagi bila vitamin C kaya akan antioksidan dan memberikan manfaat bagi kulit dan rambut. Antioksidan bisa dijumpai dalam buah jeruk yang ternyata membantu melindungi kulit dari bahaya radikal bebas akibat paparan sinar UV.

Tak hanya itu konsumsi buah jeruk juga dapat keseimbangan kolagen dalam dermis. Kolagen termasuk jenis protein yang penting dalam kulit dan rambut manusia, terutama pertumbuhan rambut dan mengurangi gejala penuaan dini.

5. Manfaat buah jeruk untuk pencernaan

Faktanya, banyak orang yang mengonsumsi jeruk karena memiliki khasiat bagi sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang normal membutuhkan air yang cukup dan jeruk bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan cairan tersebut.

Begini, satu buah jeruk yang kecil mengandung 87 gram air dan kebutuhan air harian manusia yaitu 2,5 – 3,5 liter (kilogram) air. Artinya, jeruk membantu tubuh memenuhi kebutuhan cairan sekitar 3 – 4 persen.

Tidak hanya itu, sekitar dua pertiga dari 3 gram jeruk mengandung jenis serat larut yang membantu usus menyerap zat cair. Penyerapan ini terjadi karena serat larut menghasilkan gel tebal, sehingga dapat menunda waktu transit sisa makanan di usus.

Dengan begitu, gel dari serat ini memberikan waktu pada usus untuk menyerap gizi yang penting, seperti vitamin, mineral, dan asam lemak. Tanpa manfaat dari jeruk ini, kemungkinan besar nutrisi tersebut tidak dapat diserap secara maksimal.

6. Mengurangi risiko diabetes

Buah jeruk termasuk sumber serat yang bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi risiko penyakit diabetes. Temuan ini dibuktikan langsung melalui penelitian dari Diabetes and Metabolic Journal.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa konsumsi 4 gram suplemen serat makanan per hari dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Bila tubuh kekurangan sensitivitas insulin, risiko diabetes tipe 2 pun meningkat.

Sementara itu, menjaga berat badan juga penting dalam mencegah diabetes. Pasalnya, penyandang obesitas (kegemukan) lebih berisiko terhadap diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan tubuh mencerna serat lebih lambat ketimbang nutrisi lainnya.

Itu sebabnya, konsumsi serat, terutama pada jeruk, membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Hal ini tentu membantu Anda menjaga berat badan karena nafsu makan yang terkendali.

7. Mencegah anemia

Anemia merupakan masalah kesehatan yang ditandai dengan rendahnya kadar sel darah merah (hemoglobin). Akibatnya, kemampuan tubuh untuk membawa oksigen pun ikut menurun. Penyebab utama anemia adalah kekurangan zat besi.

Jeruk bukan sumber zat besi, tetapi buah berwarna oranye ini mengandung asam askorbat (vitamin C) dan asam sitrat yang tinggi. Kedua jenis asam pada jeruk ini memiliki manfaat berupa meningkatkan penyerapan zat besi pada saluran pencernaan. Dengan begitu, risiko terkena anemia pun berkurang seiring dengan meningkatnya asupan zat besi.

Baca juga: 7 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh, Mampu Atasi Mual Hingga Sakit Otot

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top