You are here
Home > Kesehatan >

7 Penyebab BAB Berwarna Hijau, Normalkah?

BAB

MediaGo – Pernah nggak kalian saat buang air besar, poopnya berwarna hijau? Padahal normalnya kan berwarna coklat tua. Apakah warna hijau pada kotoran itu menandakan sesuatu yang serius atau justru wajar?

Dilansir laman Health, Shanti Eswaran seorang ahli gastroenterologi di Michigan Medicine mengatakan hal itu umum terjadi pada setiap orang.

Penyebab BAB Berwarna Hijau

Warna hijau pada kotoran terjadi karena beberapa alasan. Berikut 7 penyebab kotoran berwarna hijau saat BAB.

1. Infeksi diare

Kotoran berwarna hijau saat BAB bisa terjadi karena bakteri diare menyerang saluran pencernaan. “Infeksi bakteri juga dapat mengubah flora normal dalam kotoran dan mengubah warnanya,” kata Eswaran.

2. Mengonsumsi antibiotik

BAB berwarna hijau juga bisa terjadi setelah kita minum antibiotik. “Antibiotik akan mengubah kandungan bakteri pada kotoran, dan bisa menyebabkan perubahan pada warna kotoran,” lanjut Eswaran.

3. Penyakit hati

Penyebab buang air besar berwarna hijau selanjutnya bisa diakibatkan oleh gangguan pada hati. Ketika hati memproduksi empedu, maka empedu itu akan berubah menjadi hijau tatkala disimpan di kantong empedu. Hal itu menandakan adanya gangguan pada hati atau penyakit hati.

4. Banyak konsumsi sayuran hijau

sayuran hijau
Sumber : BertuahPos

Sayuran hijau yang mengandung klorofil yang akan membuat kotoran berubah warna menjadi hijau. Dalam kasus ini, kotoran berwarna hijau mengartikan kondisi tubuh yang sehat dan normal.

5. Mengonsumsi makanan dengan pewarna hijau

Pewarna makanan berwarna hijau pada kue atau eskrim juga bisa mengakibatkan kotoran menjadi hijau. Dalam hal ini, ada indikasi bahwa kita mengonsumsi makanan dengan pewarna hijau yang berlebihan.

6. Mengonsumsi suplemen zat besi

Suplemen zat besi dikenal sulit dicerna dan memiliki efek samping seperti diare dan sakit perut. Hal tersebut bisa menyebabkan kotoran berubah warna menjadi hijau.

7. Menjalani suntikan KB

Jika sedang menjalani suntikan KB, perubahan warna pada kotoran menjadi hijau adalah efek samping. Suntikan KB akan mengubah hormon dan berpengaruh pada hati serta kantong empedu. Inilah alasan mengapa warna kotoran berubah menjadi hijau.

Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

Top