SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Monday, July 15, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatanApa itu Bali Belly yang Dialami Verrell Bramasta?

Apa itu Bali Belly yang Dialami Verrell Bramasta?

MediaGo – Pesinetron Verrell Bramasta dikabarkan masuk rumah sakit karena terkena Bali Belly pada Kamis, 2 Februari 2023. Hal itu disampaikan oleh Verrell lewat Instagram Story @bramastavrl, Rabu (1/2/2023).

Apa itu Bali Belly? Dikutip dari laman Alodokter Bali Belly adalah penyakit yang diakibatkan oleh makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri. Paling sering adalah bakteri Escherichia coli, tetapi bisa juga disebabkan oleh Campylobacter, Salmonella, Shigella).

Baca juga: Cath Lab Kurangi Kematian Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi Baru Lahir

Bali Belly adalah istilah lain dari traveller’s diarrhea yang banyak menyerang para wisatawan. Hampir menyerang 55 persen wisatawan dari negara-negara maju saat mengunjungi negara-negara berkembang.

Gejala Bali Belly

Gejala Bali Belly ditandai dengan diare, deman, mual, muntah, kram perut, BAB yang disertai atau tanpa darah hingga , nafsu makan perlahan hilang. Tubuh terasa lemas dan kurang energi bisa disebabkan  kurangnya asupan makanan dan cairan.

Baca juga: 3 Inspirasi Bento Anak Sekolah Lucu Untuk Memperingati Hari Gizi Nasional

Penyakit ini umumnya muncul pada minggu pertama perjalanan. Kondisi tersebut dialami karena tubuh masih menyesuaikan diri di lingkungan baru dan bakteri baru.

Gejala Bali Belly bisa saja hilang hanya dalam hitungan hari. Namun, pada kasus serius akan memerlukan perawatan terutama pasien yang mengalami dehidrasi.

Baca juga: 5 Ciri-ciri Hamil Muda yang Jarang Diperhatikan

Oleh karena itu sangat penting untuk memperhatikan kebersihan diri dan berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Rajin-rajinlah mencuci tangan dengan bersih sebelum dan selepas makan atau bepergian.

Jika gejala Bali Belly tida kunjung membaik dalam beberapa hati, sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. Jangan tunggu sampai kondisi semakin parah, apalagi sampai mengalami dehidrasi.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular