SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Sunday, April 7, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatan5 Ciri-ciri Hamil Muda yang Jarang Diperhatikan

5 Ciri-ciri Hamil Muda yang Jarang Diperhatikan

Ciri-ciri hamil muda yang merupakan tanda awal kehamilan

Untuk Anda yang baru merasakan hamil, pasti bingung ciri-ciri hamil muda seperti apa. Tidak semua bisa terlihat karena telat haid saja, apalagi kalau siklus menstruasinya tidak teratur.

Tanda awal kehamilan memang setiap orang berbeda-beda, namun tetap harus Anda perhatikan ciri-ciri hamil muda. Agar sejak dalam kandungan ada perencanaan yang baik, mulai asupan, stimulasi hingga biaya untuk anak bisa Anda persiapkan. 

Baca Juga: 3 Cara Membaca Hasil USG Bayi yang Benar, Wajib Tahu!

Beberapa ciri-ciri hamil muda berikut ini bisa jadi referensi Anda untuk memastikan apakah sedang hamil atau tidak. Simak selengkapnya di sini!

Bagaimana Cara Mengetahui Sedang Hamil atau Tidak?

Bagaimana Cara Mengetahui Sedang Hamil atau Tidak dengan test pack

Hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan menggunakan tes kehamilan atau test pack. Anda bisa mandiri menggunakannya dengan meletakkan alat tes pada urine yang baru keluar. Lebih baik memang tes kehamilan dilakukan pada pagi hari, karena hormon kehamilan yaitu kadar HCG (Human Chorionic Gonadotropi) lebih tinggi. Namun Anda juga bisa melakukannya kapan saja, karena hasilnya pasti akan sama. 

Baca Juga : 4 Bacaan Surat Yusuf untuk Ibu Hamil, Bisa Membuat Anak Terlahir Ganteng

Biasanya hasil test pack dua garis tandanya Anda memang sedang hamil. Namun pada ciri-ciri hamil muda kebanyakan hasil test packnya memang dua garis dengan satu garis samar tipis. 

Jika hasil tes kehamilan berupa satu garis saja, Anda bisa mencobanya seminggu lagi. Test pack ini akurasinya cukup baik untuk menjadi salah satu ciri-ciri hamil muda. Kalau belum cukup, Anda bisa datang ke rumah sakit untuk diperiksa langsung oleh dokter kandungan.

Ciri-ciri Hamil Muda yang Jarang Diperhatikan 

Ciri-ciri Hamil Muda yang Jarang Diperhatikan 

Selain tes kehamilan, ada beberapa ciri-ciri hamil muda yang sebenarnya bisa Anda rasakan sendiri sebagai pemilik tubuh. Berikut tanda kehamilan awal yang biasa terjadi!

1. Keluar flek atau bercak darah

Banyak yang salah ketika mendapati bercak darah pada vagina yang disertai kram perut. Karena memang ini adalah salah satu tanda menstruasi yang kerap terjadi pada wanita. Tapi kalau warnanya lebih muda dan lebih sedikit, itu adalah flek kehamilan. 

Flek atau bercak darah ini disebut pendarahan implantasi. Di mana merupakan bercak merah tanda hamil berkat proses penanaman sel telur yang telah dibuahi di dinding rahim. Bercak atau flek umumnya muncul di minggu ke-3 dan ke-4 kehamilan.

Baca Juga : 10 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Namun bila flek secara terus-menerus, Anda bisa konsultasi ke dokter kandungan. Karena sangat berbahaya untuk kesehatan janin dalam kandungan.

2. Morning Sickness

Morning Sickness ciri hamil muda

Dilansir dari Healthline, bila Anda sering merasa mual dan ingin muntah di pagi hari, bisa jadi itu adalah ciri-ciri hamil 1 bulan atau hamil muda. Sebagian besar Ibu hamil memang mengalami morning sickness ini. 

Ini terjadi karena perubahan hormon dalam darah yang mengakibatkan rasa sakit pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual. Biasa terjadi pada trimester awal kehamilan dan akan makin berkurang ketika usia kehamilan bertambah.

3. Payudara bengkak dan aerola menghitam

Tanda umum di awal kehamilan bisa terllihat dengan payudara mulai membengkak dan aerola (Daerah di sekitar puting) menghitam. Ciri-ciri hamil muda dengan payudara bengkak ini disertai nyeri, mirip dengan tanda jelang haid. 

Baca Juga : 7 Cara Membuat Anak Kembar Berdasarkan Posisi Seks, yang Mana Favorit Anda?

Sedangkan pada daerah puting susu atau aerola menghitam lebih lebar. Hal ini normal karena merupakan respon tubuh yang mulai memproduksi ASI ketika bayi dilahirkan. 

4. Terlambat Menstruasi

Banyak hal memang yang menjadi penyebab terlambat menstruasi. Mulai dari menstruasi tidak teratur, pola makan tidak teratur, stress, lelah dan juga ciri-ciri hamil muda.

Telat haid adalah tanda kehamilan yang sering disadari. Apalagi kalau siklus bulanan menstruasinya teratur. Jika Anda telat 7-14 hari dari jadwal menstruasi yang teratur, kemungkinan hamil 1 bulan. Karena HPHT dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir.

5. Sering buang air kecil dan konstipasi

Rahim akan menekan kandung kemih ketika Anda sedang hamil. Jadi Anda saat hamil akan lebih sering buang air kecil. 

Baca Juga : 10 Arti Mimpi Melahirkan Bayi, Pertanda Baik atau Buruk?

Selain itu, pada beberapa ibu hamil juga ditemukan konstipasi atau susah buang air besar yang merupakan ciri-ciri hamil muda. Biasanya hamil 1 bulan hingga 3 bulan akan mengalami susah BAB, jadi perhatikan pola makan agar banyak serat ya!

periksa ke dokter tanda kehamilan awal

Setelah Anda tahu kalau mengalami beberapa ciri-ciri hamil muda seperti di atas, jangan lupa untuk menyempatkan diri ke dokter kandungan untuk memeriksakan kehamilan.

Setiap tanda kehamilan setiap ibu hamil memang berbeda-beda, tapi beberapa ciri hamil muda di atas bisa jadi referensi Anda untuk memastikan apakah benar Anda hamil atau tidak?. Semoga sehat selalu hingga melahirkan!

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular