You are here
Home > Kesehatan >

Sering Disepelekan, Yuk Atasi Susah Buang Air Besar dengan 5 Tips Alami Ini

Susah buang air besar

MediaGo – Susah buang air besar sering dialami oleh banyak orang. Hal ini terjadi karena mereka kurang mengonsumsi makanan yang berserat dan minum air putih yang cukup. Jika kamu sedang mengalaminya, yuk atasi dengan beberapa tips alami mengatasi susah buang air besar dibawah ini.

Buang air besar sering disepelekan oleh banyak orang. Jika tidak buang air besar hari ini, mereka berfikir masih bisa melakukannya besok. Padahal dalam ilmu medis, jika kita tidak BAB dalam waktu tiga hari, itu bisa dikatakan kamu sedang mengalami susah buang air besar. Hal ini karena tekstur tinja akan mengeras dan susah untuk dikeluarkan.

Tips Alami Mengatasi Susah Buang Air Besar

Buang air besar biasa terjadi pada semua orang, penyebabnya sendiri karena gaya hidup yang buruk, kehamilan, pengaruh obat-obatan, sampai hal sepele seperti menunda-nunda buang air besar. Lantas bagaimana cara mengatasi susah buang air besar agar tidak sembelit lagi? Yuk kita simak tips berikut.

1. Jangan suka menahan buang air besar

penyebab susah buang air besar
Alodokter

Jika kamu sudah merasa mules, jangan ditahan. Kebiasaan menahan buang air besar ternyata berdampak buruk. Salah satunya bisa membuat susah buang air besar, karena kotoran di dalam saluran pencernaan jika tidak dikeluarkan pun bisa mengeras di dalam.

2. Minum banyak air putih atau mengkonsumsi kafein

Susah buang air besar
Boombastis

Tips selanjutnya untuk bisa melancarkan buang air besar kamu adalah dengan minum air putih 8 gelas per hari. Hal ini bisa membuat kotoran yang mengeras di dalam saluran pencernaan melunak dan bisa dikeluarkan dengan lancar.

Nah, untuk merangsang otot-otot di dalam saluran pencernaan sehingga bisa buang air besar, kamu juga bisa menggunakan kafein yang terkandung di dalam kopi, teh, atau cokelat hitam. Tidak perlu terlalu banyak kafein karena hal ini juga tidak baik untuk tubuhmu.

Baca Juga:  7 Cara Alami Menghilangkan Bau Badan, Terbukti Ampuh!

3. Perbanyak Konsumsi Serat

konsumsi serat
Healthline

Salah satu tips yang mudah dilakukan ketika susah buang air besar adalah dengan menambah asupan serat pada makanan yang kita makan. Dengan membuat tekstur kotoran menjadi sedikit lunak akan memudahkan saluran pencernaan dalam mendorong kotoran tersebut. Untuk contoh serat yang bisa kamu konsumsi adalah buah-buahan, sayuran, juga biji-bijian.

Selain itu kamu juga bisa mengurangi makanan atau minuman dengan kandungan gas yang tinggi, sehingga tidak akan membuat perut jadi kembung dan susah buang air besar.

4. Konsumsi Minyak Zaitun

Atasi susah buang air besar
Pexels

Selain makanan berserat, Kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi susah BAB karena kandungan minyak ini bisa membuat tekstur kotoran menjadi lebih lunak dan mudah didorong untuk keluar.

Cukup tambahkan satu sendok makan minyak zaitun ke dalam air jeruk untuk diminum. Kamu juga bisa mencampurkan minyak zaitun ketika ingin memakan salad sayur jika tidak suka mencampurkannya ke dalam air minum.

5. Rutin berolahraga bisa mengatasi susah buang air besar

lompat tali
pidjar.com

Tips yang terakhir adalah dengan sering berolahraga. Kamu bisa mulai untuk membuat jadwal rutin olahraga setiap harinya. Misalkan 20-30 menit di pagi hari atau 3 kali seminggu.

Olahraga ini bisa meningkatkan pergerakan otot-otot di saluran pencernaan atau usus sehingga membantu dalam melancarkan buang air besar setiap harinya.

Nah itulah 5 tips ampuh atasi susah buang air besar yang bisa kamu lakukan. Jika setelah mengikuti tips diatas, kamu masih tetap susah BAB, kami sarankan untuk segera periksa langsung ke dokter ya agar mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat!

Bagikan
Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top