SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, June 20, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatan3 Kebiasaan Buruk Saat Buka Puasa yang Wajib Ditinggalkan

3 Kebiasaan Buruk Saat Buka Puasa yang Wajib Ditinggalkan

MediaGo – Tahukah kamu, bahwa ada banyak sekali kebiasaan buruk saat buka puasa yang sering kota lakukan secara tidak sadar. Beberapa diantaranya adalah makan gorengan, minum es, atau langsung mengonsumsi makanan pedas. Ya, memang tidak bisa dipungkiri, bahwa setelah menahan rasa lapar dan dahaga seharian, kadang kala momen buka puasa menjadi satu hal yang sangat dinantikan, dan bikin kalap.

Inilah 6 Kebiasaan Buruk Saat Buka Puasa yang Wajib Ditinggalkann

Hindari Kebiasaan Buruk Saat Buka Puasa Berikut Ini

Tapi, meskipun kamu senang dan antusias bisa kembali makan saat buka puasa, kamu harus tetap bisa mengontrol diri ya. Karenanya, nyatanya tidak semua makanan baik untuk dimakan saat buka puasa lho. Kamu harus tahu, bahwa salah menu makan saat buka puasa bisa berakibat fatal untuk kondisi tubuh. Karenanya, agar tidak terjadi masalah, kamu harus menghindari 6 kebiasaan buru saat buka puasa yang daftarnya adalah berikut ini:

Makan dengan vepat

1.   Makan Terlalu Cepat

Rasa antusias karena akhirnya bisa kembali makan lagi setelah berpuasa seharian, kadang membuat kita secara tidak sadar makan dengan terlalu cepat. Padahal, makan dengan cepat merupakan sebuah kebiasaan buruk yang tidak baik untuk tubuh, dan tidak akan membuat perutmu kenyang dalam waktu dekat.

Faktanya, jika semakin cepat kamu mengonsumsi makanan, maka akan semakin lama perut kamu merasakan kenyang. Hal ini dikarenakan, sistem tubuh kita memang membutuhkan waktu sekitar 15 sampai 20 menit, untuk memerintahkan otak bahwa kita telah kenyang. Tidak hanya otak, sistem pencernaan kita juga membutuhkan waktu untuk bisa mencerna semua makanan yang dikonsumsi. Jika kita makan dengan cepat maka akan memberatkan kerja sistem pencernaan. Karena itu, hindari kebiasaan buruk saat buka puasa yang satu ini.

Makanan berminyak

2.   Makan Makanan Berminyak

Sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan berminyak ketika berbuka puasa. Pasalnya, jika kebanyakan mengonsumsi makanan berminyak saat berbuka, maka akan berpotensi membuat perut merasa kembung, bahkan hingga kram.

Karenanya, akan lebih jika tidak mengonsumsi makanan berminyak, seperti gorengan saat berbuka puasa. Nabi Muhammad S.A.W telah menyarankan kita untuk berbuka dengan makanan yang manis-manis, seperti kurma. Hal ini juga tentu saja bukan tanpa alasan, karena nyatanya mengonsumsi kurma saat sedang berbuka puasa sangatlah bak untuk tubuh lho. Salah satunya adalah mengembalikan tenaga kita yang hilang setelah berpuasa seharian. Jadi, daripada melakukan kebiasaan buruk saat buka puasa dengan mengonsumsi gorengan, baiknya pilih kurma saja sebagai takjil.

Baca juga: 7 Menu Sahur Dan Buka Puasa Yang Disukai Nabi Muhammad SAW
Lupa minum air putih

3.   Lupa Minum Air Putih

Kebanyakan orang, akan merasa bahwa momen buka puasa merupakan saat paling tepat untuk melepaskan dahaga. Karena itulah, mereka lebih memilih minum minuman segar, seperti es buah, es campur, atau yang lainnya. Setelah minum minuman segar, mereka akan langsung menyantap takjil, bahkan sampai lupa minum air putih.

Perlu diketahui bahwa hal diatas juga merupakan kebiasaan buruk saat buka puasa yang harus dihindari. Karena bagaimanapun, tubuh kita sangat memerlukan cairan air putih. Selain itu, air putih juga jauh lebih menyehatkan ketimbang berbagai minuman dingin seperti es campur, es cendol, atau yang lainnya.

Selain 3 hal diatas masih banyak lagi kebiasaan buruk yang kerap kita lakukan secara tidak sadar, misalnya, mengurangi jumlah konsumsi sayur dan buah, padahal tubuh kita selalu membutuhkan vitamin dan nutrisi dalam jumlah cukup. Kebiasaan buruk lain saat buka puasa adalah makan terlalu banyak, sehingga memberikan beban berat untuk sistem pencernaan. Makan terlalu berat juga mengakibatkan perut menjadi kembung dan terasa sangat tidak enak.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular