SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Monday, April 15, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatanMembawa Bayi Saat Liburan ke Tempat Dingin Bersama Doodle Exclusive Baby Care

Membawa Bayi Saat Liburan ke Tempat Dingin Bersama Doodle Exclusive Baby Care

MediaGo- dr. Vega Nawangsari Handayaningrum bersama Doodle Exclusive Baby Care membahas pentingnya persiapan ketika akan mengajak bayi liburan ke tempat bersuhu dingin agar lebih nyaman.

Menurut Vega, tidak ada aturan baku usia bayi yang aman untuk bisa diajak pergi ke daerah dengan suhu atau musim dingin. Tetapi untuk aman minimal bayi berusia 1 bulan dan setidaknya sudah mendapatkan vaksinasi minimal 1 kali. Tentunya dipastikan kembali kesehatannya ke dokter sebelum berangkat.

“Medical Check up sangat penting sebelum bepergian. Supaya kita mengetahui kondisi anak dan memastikan bayi aman untuk diajak bepergian.Kita perlu menanyakan ke dokter kondisi anak saat ini. Selain itu, saat berpergian bawalah makanan, obat-obatan umum, jika anak yang memiliki penyakit bawaan wajib membawa obatnya,” ujar Vega.

Dokter Umum yang bertugas di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Permata Serdang ini berpesan untuk membawa coolerbag stok ASI saat membawa bayi usia 0 hingga 6 bulan. Bahkan, suhu AC didalam mobil harus diperhatikan.

“Tak lupa carseat dibagian belakang supaya bayi aman dan nyaman. Jangan dipangku, inilah yang membuat bayi menjadi pegal-pegal,” terangnya lagi.

Dokter dari salah satu Rumah Sakit dari Banten ini mengungkapkan, jika menggunaan kendaaran umum, yang perlu dilakukan adalah treatment pijat ketika anak mulai mual, serta ditambah dengan memberikan telon baby oil atau minyak-minyak aromaterapi dengan teknik memijat yang baik dan benar.

Saat memijat bayi gunakan Doodle Exclusive Telon Oil dengan wangi Green Tea untuk memberikan rasa hangat dan nyaman pada tubuh bayi saat kita memberikan pijatan kepada bayi.

Selain itu, Telon beraroma Green Tea ini juga membantu meredakan gejala masuk angina seperti kembung. Caranya cukup oleskan 5 sampai 10 tetes Doodle Exclusive Telon Oil pada dada, perut, pinggang dan telapak kaki. Gunakan setiap hari, terutama setelah mandi dan saat udara dingin yang mampu memberikan kehangatan untuk bayi.

“Bayi sangat sensitif terhadap pada perubahan suhu, ketika ada perubahan suhu ibu harus siap selalu membawa pakaian hangat, berikan minyak telon supaya hangat, kalau menggigil hal yang biasa terjadi saat kedinginan dan ini normal. Gunakan telon doodle untuk menghangatkan bayi,” jelasnya.

Apabila anak tidak bergerak dan tidak bisa diajak berkomunikasi, menggigil itu hal sudah gawat disini berarti bayi mengalami hipotermia dan pertolongan pertama kepada anak jika terjadi hipotermia pakaikan anak pakaian tebal anak harus dalam keadaan hangat, cek bagian atau baju bayi ada yang basah atau tidak.

“Jangan menyiram anak langsung kebadan saat anak dalam keadaan hipotermia. Sangat disarankan untuk melakukan Skin to skin antara ibu dan anak, hal ini merupakan pertolongan yang paling mudah, tetapi segera bawa anak IGD terdekat untuk mendapatkan pertolongan,” bebernya lagi.

Sedangkan jika perut kembung yang disebabkan karena terlambat makan, serta cuaca yang dingin juga merangsang perut bayi kembung berikanlah minyak telon, makanan. Tetapi tidak boleh langsung dalam keadaan kenyang atau untuk bayi yang belum makan berikan ASI. Hal yang perlu diperhatikan dalam keadaan dingin yang penting untuk dihangatkan adalah ujung kaki dan ujung tangan. Pertolongan pertama pakaian kaos kaki dan sarung tangan supaya badan bayi menjadi hangat.

Untuk mengetahui bayi kedinginan, dilihat dari bayi yang tadi aktif tiba-tiba berkurang, cek ujung kaki dan ujung tangan diraba saja jika dingin berarti bayi kedinginan. Kondisi demam tidak disarankan untuk membawa bayi bepergian kedaerah dingin.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular