SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Monday, April 8, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatanOlahraga yang Dianjurkan Penderita Penyakit Jantung Selama Pandemi

Olahraga yang Dianjurkan Penderita Penyakit Jantung Selama Pandemi

MediaGo – Berbagai riset menyebutkan bahwa salah satu penyakit yang paling sering ditemukan dalam korban meninggal pasien Covid-19 adalah penyakit jantung. Bahkan, gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mencatat terdapat 5 dari 10 kasus meninggal yang memiliki riwayat penyakit jantung.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh Dr. Rien Afrianti, Sp.PD, Sp.JP, FIHA. Menurutnya, virus SARS-Cov-2 ini memang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, sementara penderita penyakit jantung memang memiliki sistem imun tubuh yang lebih rendah dari orang sehat.

“Makanya, mereka lebih rentan terkena virus ini, karena sistem kekebalannya tidak begitu kuat,” ujar Rien dalam bincang Babe 1-one-1.

Baca juga: Mengenal Istilah Baru Penanganan Covid-19 Di Indonesia

Meksipun begitu, lanjutnya, bukan berarti penderita penyakit jantung tidak boleh berolahraga, terutama di tengah pandemi. Pada pasien yang sudah pernah mengalami serangan jantung, olahraga justru dapat membantu agar serangan itu tidak terjadi lagi.

Olahraga Penderita Penyakit Jantung

Berikut adalah beberapa tips dari Dr. Rien untuk mengukur kemampuan berolahraga bagi penderita penyakit jantung selama pandemi:

Intensitas Olahraga

Lakukan olahraga berintensitas ringan (maksimal 150 menit/minggu) atau intensitas sedang (75 menit/minggu).

Perhatikan Denyut Jantung

Denyut Nadi
Ilustrasi denyut jantung. (sumber foto: cloudinary.com)

Perhatikan denyut jantung selama melakukan olahraga. Cara menghitung maksimal denyut jantung adalah 220 dikurangi usia. Dalam olahraga intensitas sedang, denyut jantung ideal adalah 50 -70 persen dari jumlah maksimal, sedangkan intensitas ringan di bawahnya. Jika denyut jantung sudah melebihi hitungan ini, maka olahraga harus dihentikan.

Protokol Kesehatan

Tetap menerapkan protokol kesehatan selama berkegiatan, termasuk olahraga. Mulai memakai masker, jaga jarak minimal 1.5 meter, serta cuci tangan dengan sabun.

Minum Obat Rutin

Minum Obat
Ilustrasi minum obat rutin. (sumber foto: cloudinary.com)

Meski berolahraga, tetap sebagai penderita penyakit jantung utamakan mengonsumsi obat rutin. Ini pentin untuk menjaga kondisi jantung tetap bekerja maksimal.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular