You are here
Home > Kuliner >

4 Kuliner Enak Khas Lamongan yang Harus Dicoba

Kuliner Enak Khas Lamongan
Bagikan

Mediago.id – Setiap mendengar kabupaten Lamongan pasti yang tiba-tiba terbesit di dalam pikiran adalah kuliner enak khas Lamongannya.

Banyak makanan enak untuk disantap yang berasal dari Lamongan tersebut, mulai dari makanan hingga jajanan minuman seperti es pun ada.

Selama ini yang paling terkenal adalah soto ayam Lamongan, kita tahu bahwa makanan ini pun sering kita jumpai di pinggir jalan maupun di menu resto dan foodcourt.

Anda mungkin masih belum tahu ada 4 makanan khas Lamongan lain yang perlu dicoba dan tak kalah lezat rasanya.

4 Kuliner Enak Khas Lamongan

Makanan selalu menarik untuk dijajal oleh setiap orang yang hobi kuliner.

Nah, di bawah ini adalah kuliner enak khas Lamongan yang bisa Anda masukkan list makanan untuk siap Anda coba. Apa saja? Mari kita simak!

1.     Tahu Campur Khas Lamongan

Yang pertama adalah tahu campur. Anda sering menjumpai makanan ini pastinya namun kuliner enak khas Lamongan ini menggunakan tahu petis rasa udang yang membuatnya makin nikmat untuk dimakan.

Dalam satu piring di Lamongan tahu campurnya biasanya berisi  tahu, lontong, ditambah perkedel, rempeyek, bihun juga daging sapi.

Kemudian diberi daun selada dan tauge lalu yang terakhir disiram dengan kuah petis udang.

2.     Wingko Babat

Mengapa wingko ini diberi nama akhiran Babat? Karena berasal dari sebuah daerah di Lamongan.

Jajanan wingko ini berasal dari bahan utama tepung ketan, tepung tapioka, kelapa yang sudah diparut, santan dan gula.

Wingko adalah makanan yang kenyal di mulut dan rasanya gurih disertai manis. Gurihnya tersebut karena wingko Babat ini sangat banyak parutan kelapanya dibanding wingko pada umumnya. Jajanan ini juga termasuk kuliner enak khas Lamongan yang disukai wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Baca Juga:  Inilah 5 Jenis Kurma Termahal Beserta Harganya

3.     Sego Boranan

Mengapa sego atau nasi ini diberi nama boranan? Karena wadah untuk menyimpan nasinya berasal dari boran yang terbuat dari anyaman bambu.

Kuliner enak khas Lamongan ketiga ini berisi nasi, lauk, sayuran segar yang diurap dengan parutan kelapa kemudian disiram dengan bumbu kental yang disajikan di atas piring beralas daun pisang.

4.     Es Dawet Siwalan

Siwalan merupakan buah khas Lamongan dan Tuban yang pohonnya sejenis palem. Pohon siwalan sering juga disebut pohon lontar.

Kuliner enak khas Lamongan yang bernama es dawet siwalan ini biasanya dijual di daerah pesisir dekat pantai wisata.

Dalam sajiannya terdiri dari buah siwalan yang dimasak lebih dulu lalu dipotong dan diberi gula merah cair kemudian diberi kuah santan.

Demikian diatas merupakan kuliner enak khas Lamongan yang bisa Anda coba. Sudah pasti lezat dan nikmat apalagi jika disantap langsung di kota Lamongan tersebut.


Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top