You are here
Home > News >

2 Tujuan Rebo Wekasan Menurut Islam

Rebo Wekasan

Rebo Wekasan merupakan suatu tradisi di mana melakukan puasa yang jatuh pada hari rabu terakhir saat bulan safar di mana menjelang tasyakuran atau waktu untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Sering kita mendengar istilah Rebo Wekasan namun banyak penjelasan yang simpang siur di kalangan masyarakat luas, terutama masyarakat Jawa.

Rebo Wekasan merupakan tradisi yang dilakukan Wali Songo dalam menjalankan dakwahnya di tanah jawa. Hingga kini tradisi tersebut masih kental dijalankan oleh banyak orang dengan kekhawatiran akan bala’ yang turun pada hari tersebut.

Seharusnya ketakutan yang dirasa dapat menyadarkan diri bahwa sepenuhnya makhluk bergantung dan berserah diri meminta keselamatan hanya kepada Allah SWT.

Dilansir oleh sumber lain, Rebo Wekasan adalah suatu tradisi yang sudah terbiasa dilaksanakan secara turun temurun terutama oleh masyarakat yang berada di Jawa, Madura dan Sunda dan masih banyak lagi.

2 Tujuan Rebo Wekasan Menurut Islam

Tujuan tradisi ini akan dijawab dalam artikel ini. Mari kita simak bersama!

1.     Memohon Perlindungan

Salah satu tujuan dari tradisi ini adalah memohon perlindungan kepada Allah SWT dari berbagai macam bencana dan marabahaya. Puasa yang dilakukan disebut tolak bala’.

Sebagian masyarakat meyakini bahwa Rebo Wekasan merupakan hari yang sial.

Maka dengan demikian banyak masyarakat yang beribadah mulai dari sholat berjamaah, sedekah, silaturahmi dan menjalani serangkaian doa untuk memohon kepada Allah agar dijauhkan dari segala macam penyakit, musibah dan bencana.

2.     Meningkatkan Keimanan

Sebenarnya ritual keagamaan ini bukan salah satu syariat yang diajarkan oleh Rasulullah.

Dengan demikian melaksanakan puasa dengan niat Rebo Wekasan tidak diperbolehkan Karena tidak ada dalam ajaran Islam.

Namun umat Islam dapat melakukannya dengan niat ibadah meningkatkan keimanan kepada Allah yakni dengan mencari keberkahan.

Baca Juga:  Arus Balik, Polres Tangsel Lakukan Swab Antigen Pemudik Secara Acak di Pos Penyekatan

Ibadah yang dapat dilakukan adalah sholat Sunnah mutlaq, sholat Sunnah hajat, melaksanakan puasa Sunnah dan membaca doa sapu jagat serta doa tolak bala’.

Demikian di atas merupakan tujuan dari Rebo Wekasan yang masih dipercaya menjadi tradisi hingga kini.

Anda sebagai umat Islam hanya perlu meyakini bahwa segala yang terjadi di langit dan bumi hanya atas kehendak Allah semata.

Takut dan taqwa hanya boleh diperuntukkan kepada Allah SWT tanpa keraguan sedikit pun.

Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top