SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Monday, December 4, 2023
spot_imgspot_img
HomeKulinerJadi Cemilan saat WFH, Ini 4 Makanan Korea Rumahan

Jadi Cemilan saat WFH, Ini 4 Makanan Korea Rumahan

MediaGo – Korean style saat ini sedang booming di kalangan masyarakat Indonesia, tidak terkecuali makanan korea rumahan. Makanan korea terkenal karena memiliki rasa yang pedas, gurih dan manis. Makanan korea juga seringkali muncul di beberapa adegan dalam kdrama. Ternyata, makanan korea juga bisa lho dimasak sendiri di rumah. Ada banyak menu makanan korea dengan cara pembuatan yang simple. Mau tahu apa saja menu makanan korea yang bisa dimasak di rumah? Yuk, simak info selengkapnya di bawah ini.

1. Tteokbokki

makanan korea rumahan

Tteokbokki merupakan makanan khas Korea Selatan yang terbuat dari kue beras dengan dilengkapi saus gochujang. Makanan ini menjadi populer karena banyak dijual di streetfood Korea. Bagi kamu pecinta kdrama, pasti sudah tidak asing lagi melihat makanan ini. Umumnya, tteokbokki memiliki rasa pedas serta tekstur yang lembut dan kenyal. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat tteokbokki juga mudah. Kamu perlu menyiapkan tepung beras, tepung tapioka, air panas, garam, dan minyak goreng. Untuk pelengkap, kamu juga bisa menambahkan gorengan saat sedang memakan tteokbokki.

Cara membuat tteokbokki:

  1. Campurkan tepung tapioka, tepung beras, dan garam. Aduk rata sambil dituangi air panas sedikit demi sedikit sampai adonan bisa diuleni dengan tangan.
  2. Uleni adonan tteok, buat seperti silinder dengan ketebalan sekita 1 cm. Setelah itu potong-potong sepanjang 2 ruas jari.
  3. Rebus adonan tteok di dalam air yang sudah diberi sedikit minyak goreng agar tidak lengket. Jika sudah mendidih dan tteok mengambang, angkat dari panci. Tiriskan airnya dan sisihkan.
  4. Haluskan bawang putih, bawang merah, dan cabai rawit, kemudian tumis dengan sedikit minyak goreng hingga harum. Masukkan pasta gochujang, tambahkan sedikit air, gula, garam, dan merica, lalu aduk hingga rata.
  5. Masukkan tteok dan odeng/bakso ikan, kemudian aduk hingga rata sambil dituangi minyak wijen.
  6. Sajikan tteokbokki di atas piring. Taburi dengan wijen sangrai dan daun bawang. Belah telur rebus menjadi dua bagian, kemudian letakkan di sampingnya.

2. Japchae

makanan korea rumahan

Japchae termasuk hidangan populer untuk korean food. Pada dasarnya, japchae merupakan makanan khas Korea Selatan yang terbuat dari bahan dasar bihun atau sohun. Masakan korea satu ini umumnya dicampur dengan jenis-jenis sayuran dan daging. Japchae memiliki rasa yang gurih dan ringan. Untuk membuatnya, kamu bisa menyiapkan bahan-bahan seperti bihun atau sohun, sayur-sayuran serta daging atau ayam. Kamu juga bisa menaburkan wijen diatas japchae sebelum disajikan.

Cara Membuat Japchae:

  1. Langkah pertama adalah membuat bumbu rendaman daging. Campur kecap asin, gula pasir, minyak wijen, dan bawang putih cincang. Rendam irisan daging di dalamnya selama 15 menit.
  2. Panaskan sedikit minyak goreng, kemudian buat telur dadar tipis.
  3. Panaskan minyak goreng lagi, lalu tumis bawang bombay hingga harum dan layu. Sisihkan di pinggir wajan, lalu masukkan wortel, paprika, dan jamur.
  4. Panaskan sedikit minyak, lalu tumis daging yang sudah direndam tadi sampai berubah warna. Angkat dan sisihkan.
  5. Seduh daun bayam dengan air mendidih, lalu angkat dan peras airnya.
  6. Rebus soun sampai lunak dan transparan, lalu tiriskan airnya. Urapi dengan minyak wijen agar tidak lengket.
  7. Langkah terakhir adalah meracik japchae dengan bumbu-bumbunya. Tuang kecap asin, madu, minyak wijen, dan bawang putih ke dalam mangkuk. Selanjutnya, campur dengan soun, daging tumis, bawang bombay tumis, wortel, jamur, dan bayam.
  8. Pindahkan ke piring saji, lalu taburi dengan wijen sangrai.

3. Tokebi

makanan korea rumahan

Jajanan yang bernama tokebi berawal dari Korea Selatan, lalu mewabah ke Jepang dan akhirnya hampir di seluruh negara.Pada dasarnya hotang atau tokebi adalah sejenis corn dog, terbuat dari sosis atau keju yang ditusuk lidi, kemudian dilapisi adonan tepung. Sebagai variasi, tokebi dibalur potongan kentang goreng lagi.

Cara membuat tokebi/hattogu/hotang:

  1. Dalam mangkuk, campurkan tepung pancake mix, telur ayam dan susu. Aduk sampai rata, kemudian tuang ke dalam gelas tinggi agar lebih mudah mencelupkan sosis nanti.
  2. Potong-potong kentang goreng membentuk dadu, kemudian sisihkan.
  3. Tusuk sosis dengan tusuk sate, kemudian lapisi dengan sedikit tepung kering agar adonan pancake bisa menempel sempurna.
  4. Celupkan sosis tusuk ke dalam adonan pancake hingga terbaluri seluruhnya. Setelah itu gulingkan pada kentang beku. Tekan-tekan agar kentang menempel sempurna pada adonan pancake.
  5. Panaskan minyak goreng yang banyak, kemudian goreng sosis tusuk dengan api sedang. Pastikan adonan pancake di dalamnya matang dan kentang berwarna keemasan. Kurang lebih proses penggorengan berlangsung selama 5 menit.
  6. Angkat tokebi yang sudah matang dan gulingkan ke gula pasir. Sajikan bersama saus tomat danhoney mustard.

4. Kimbap

makanan korea

Makanan korea satu ini umumnya dihidangkan saat piknik karena penyajiannya yang praktis. Kimbap adalah makanan yang dibuat dari nasi yang digulung dengan menggunakan rumput laut atau nori. Kemudian, untuk membuat hidangan ini menjadi suatu makanan yang komplit, kamu bisa menambahkan telur, daging, ayam, sayur-sayuran, dan sebagainya sesuai selera. Makanan ini juga bisa dihidangkan bersama dengan kimchi.

Cara Membuat Kimbap:

  1. Campur daging ayam/sapi dengan bawang putih, saus tiram, kecap asin, minyak wijen, gula pasir, dan garam. Diamkan selama 15 menit, kemudian tumis hingga matang.
  2. Bumbui telur dengan garam, kemudian buat dadar telur yang agak tebal. Iris-iris memanjang.
  3. Tumis wortel yang sudah dipotong korek api, kemudian bumbui dengan garam. Sisihkan.
  4. Rebus bayam/pokchoy selama 1 menit, kemudian bumbui dengan garam dan minyak wijen.
  5. Bumbui nasi dengan garam dan minyak wijen, kemudian ratakan di atas nori.
  6. Letakkan daging ayam/sapi, wortel, bayam/pokchoy, manisan lobak, telur, dan pakis. Kemudian gulung dengan bantuan bamboo mat.
  7. Poles permukaan kimbap dengan minyak wijen, kemudian taburi wijen sangrai.

Itulah menu makanan korea yang bisa kamu coba untuk masak di rumah. Tentunya dengan Teknik memasak yang mudah dan bahan-bahan yang digunakan bisa dijumpai di rumah. Inspirasi menu makanan diatas cocok menjadi hidangan yang dimakan bersama keluarga dan teman atau saat sedang menonton korean drama. Selamat mencoba!

CopyAMP code
Fitrianingsih
Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular