SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Sunday, April 7, 2024
spot_imgspot_img
HomeKuliner5 Gorengan Khas Banyumas yang Enak dan Wajib Kamu Coba!

5 Gorengan Khas Banyumas yang Enak dan Wajib Kamu Coba!

MediaGo – Banyumas merupakan sebuah kota yang berada di provinsi Jawa tengah. Kota Banyumas terkenal akan tempat wisata-wisatanya yang seru karena memiliki suasana alam yang sejuk dan luar biasa indahnya. Namun, semua itu tak lengkap jika kamu tidak sekalian mencicipi kuliner aslinya. Seperti misalnya, gorengan khas Banyumas.

Disana terdapat kuliner gorengan yang unik dan rasanya sudah pasti dijamin enak b g t. Seperti apa sih rasanya? Daripada penasaran, yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Kuliner Gorengan Khas Banyumas

Buat kamu yang doyan jajan, pasti tidak akan melewatkan beberapa kuliner gorengan khas Banyumas dibawah ini, selain rasanya yang sangat wenak, harganya pun cukup ramah untuk kantong kita, cekidot!

1. Gembus

Kuliner khas Banyumas
masakandapurku.com

Gembus merupakan salah satu kuliner khas Banyumas yang berbahan dasar dari singkong. Untuk membuatnya, singkong dihaluskan dengan cara di tumbuk, kemudian di bentuk bulat-bulat seperti donat dan digoreng hingga berwarna putih kekuningan. Jadi deh hidangan gorengan gembus khas Banyumas yang wenak tenan.

Jajanan ini memiliki rasa yang sangat gurih serta teksturnya akan terasa empuk ketika panas, dan kenyal saat sudah dingin. Gembus ini akan lebih nikmat lagi jika kalian santap dengan bumbu pecel. Yuk buruan cobain!

2. Gethuk Goreng

Gorengan khas Banyumas
facebook.com/eka.susanti

Jika kuliner sebelumnya memiliki rasa gurih, yang satu ini sangat rekomendasi untuk kamu yang suka makanan manis. Gethuk goreng merupakan salah satu kuliner populer khas Banyumas yang terbuat dari singkong. Singkong akan diolah bersama gula merah dan varian bahan manis lainnya seperti durian.

Rasanya yang begitu legit ini bisa membuat kamu ketagihan dan ingin membeli banyak-banyak untuk cemilan dirumah nanti. Harganya sangat ramah dikantong, lho.

3. Tempe Mendoan

mendoan khas Banyumas
Orami

Siapa sih yang gak tahu tempe mendoan? Gorengan yang satu ini memang menjadi andalannya kota Banyumas, guys. Yang membedakan gorengan tempe ini dengan yang lainnya adalah tempe yang digunakan itu sangat tipis, khusus untuk mendoan.

Tempe tipis tersebut akan dibalut dengan adonan tepung basah bersama bumbu rempah-rempah yang telah dicampurkan, kemudian di goreng dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan.

Tempe mendoan akan mendapatkan tekstur yang lebih basah dibandingkan dengan gorengan tempe lainnya yang lebih garing dan krispi. Pokoknya enak banget deh, apalagi disantap bersama cabe rawit, auto nambah terus!

4. Tahu Berontak

Gorengan Khas Banyumas
IDN Times

Kuliner gorengan khas kota Banyumas berikutnya adalah tahu berontak. Namanya sih sedikit aneh ditelinga, namun siapa sangka gorengan yang satu ini sangat populer karena mempunyai rasa yang sangat wenak dan bisa bikin nagih karena memiliki isian sayuran yang super lengkap.

Bukan hanya sayuran, tahu berontak juga ada yang diisi oleh daging dan sosis yang menggugah selera. Apalagi jika disajikan dalam keadaan renyah, dijamin kamu pasti akan nambah terus.

5. Tempe Dages

Kuliner khas Banyumas
makanabis.com

Pasti banyak yang belum tahu apa itu tempe dages, kan? Tempe dages merupakan salah satu gorengan khas Banyumas yang terbuat dari ampas tahu. Bahan bekas pembuatan tahu tersebut kemudian diolah menjadi gorengan yang istimewa.

Warnanya yang hitam keputihan kadang membuat kita tidak selera untuk memakannya. Namun jangan ditanya kalau soal rasa, dijamin enak banget dan berbanding terbalik dengan apa yang kamu liat. Kamu juga bisa coba membuatnya sendiri dirumah.

Nah itulah 5 kuliner gorengan khas Banyumas yang enak dan wajib kamu coba. Harganya gak mahal dan rasanya bisa bersaing pokoknya, selamat mencoba!

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular