You are here
Home > Kuliner >

Makanan Hits Masa Kini, Ini 5 Rekomendasi Croffle Enak di Jakarta

Croffle

Mulai dari dalgona coffee yang dibuat sendiri di rumah sambil mengisi waktu luang, Korean garlic cheese bread yang jadi incaran di berbagai bakery, hingga saat ini ada menu baru yang lagi hits yaitu croffle. Wajib dicoba, ini 5 rekomendasi croffle enak di Jakarta.

Awal mula lahirnya menu makanan hits croffle 

Croffle
Awal mula makanan croffle. (Gambar: http://pixabay.com)

Melansir penjelasan dari laman The Taste, chef Louise Lennox memiliki projek kolaborasi dengan sebuah merek roti dan ia memiliki ide untuk menyatukan dua jenis kudapan tersebut menjadi makanan penutup yang lezat. 

Kemudian, ia mendapatkan tawaran dari Cuisine de France untuk mengembangkan ide kreasi makanan miliknya itu. Pada 2017, croffle akhirnya dijual untuk pertama kali di sebuah kafe bernama La Petite Boulangerie milik Cuisine de France yang berlokasi di pusat Dublin. 

Croffle dibuat dari adonan croissant yang kemudian dimasak dengan cara dipanggang dalam cetakan waffle.  Croffle bisa disajikan sebagai makanan penutup dengan cita rasa manis atau gurih, tergantung pada topping yang dibuat. 

Lennox dan Cuisine de France kemudian melanjutkan pengembangan croffle manis dengan isian alpukat, tomat manis, krim keju feta, dan taburan remah gremolata.  Tak lupa ada taburan hazelnut panggang cincang di atas croffle. Tak hanya croffle manis, Lennox dan Cuisine de France juga menciptakan croffle gurih dengan bumbu saus ayam.

Croffle populer di Korea Selatan 

Kemudian diketahui bahwa makanan croffle mulai hits di Korea Selatan pada tahun 2020. Hal itu bermula saat seorang aktris sekaligus penyanyi asal Korea Selatan, Kang Min-kyung, menyebut croffle sebagai camilan favoritnya dalam video di akun YouTube miliknya. 

Dalam video berjudul “My Lovely Kitchen”, Kang Min-kyung mengenalkan dapur sekaligus camilan favoritnya termasuk croffle. Setelah video tersebut tayang, croffle menjadi camilan yang banyak dicari orang di Korea Selatan. Kepopuleran croffle tidak berhenti sampai di Korea Selatan. Saat ini, croffle juga banyak dijajakan di kedai kopi dan toko kue di Indonesia, lho. 

Rekomendasi croffle enak di Jakarta 

Croffle
Rekomendasi croffle enak di Jakarta. (Gambar: http://travel.tribunnews.com)

Kamu masih bingung mau coba croffle di mana? Kalau masih bingung mau coba yang mana, berikut ini ada beberapa rekomendasi tempat croffle enak yang wajib untuk dicoba:

1. Social Affair Coffee & Bakehouse

Croffle di Social Affair jadi salah satu yang paling hits di tahun lalu berkat glowing reviews dari para food bloggers. Bahkan di bio Instagramnya tercantum “The CROFFLE ™ Pioneer”. Teksturnya renyah diluar dan crumbly.

Selain varian Plain, ada berbagai pilihan topping manis lainnya, seperti Cinnamon Sugar, Maple, Salted Caramel. Kaya Toast, Nutella, Peanut Butter & Jelly, Biscoff, Pandan Klepon, Red Velvet, dan Martabak. Selain diberi topping, croffle dari Social Affair ini juga sudah di-glazed gula. 

2. Kopi Soe

Warga Jakarta tentunya sudah tidak asing lagi dengan Kopi Soe bukan? Selain pilihan minuman yang hits, Kopi Soe juga memiliki croffle yang diberi nama Soeffle. Unik karena bukan hanya menyajikan varian manis, Soeffle juga punya beberapa varian savoury. 

Mulai dari croffle dengan topping Bolognese sauce dan cheese slice, hingga yang baru yaitu Chiki Ayam dan Chiki Keju! Yes, Chiki cemilan masa kecil itu. Cabang Kopi Soe pun tersebar di penjuru Jakarta dan bisa kamu beli pakai layanan delivery online.

3. Benedict

Selain tempat-tempat di atas, kamu juga wajib cobain varian baru dari croffle Benedict, nih. Tekstur dan rasanya pun cukup lezat saat disantap.

Pilihannya lebih tergolong gourmet, yaitu Original, Burnt Cheesecake, Coffee Speculoos, Bacon, Cheddar, & Cream Cheese, Cookies & Cream, dan Milo Dinosaur. Sebagai pecinta white chocolate, Cookies & Cream tidak boleh dilewatkan, ya.

4. Dear Butter

Kalau croffle yang super viral satu ini pastinya sudah sering dengar namanya kan? Saking terkenalnya di TikTok, beberapa cabang Dear Butter antreannya cukup panjang. 

Croffle lembut, buttery, dan flakey ini dilumuri dengan gula sebelum dimasukkan ke mesin waffle. Jika kamu tidak terlalu menyukai rasa manis, sebaiknya mintalah untuk less sugar atau no sugar. 

5. Don Bakeshop

Pilihan terakhir ada juga, Don Bakeshop yang lagi hits sejak tahun lalu berkat Korean garlic cheese bread-nya yang enak. 

Tak ketinggalan dengan tren makanan masa kini, Don Bakeshop juga  menghadirkan croffle yang nggak kalah enak tentunya. Base dari croffle ini plain dan bisa memilih topping yang kamu inginkan. Pilihannya ada Chocolate Fudge, Salted Caramel, Cream Cheese Frosting, Lotus Biscoff Jam, Nutella, dan Matcha.

Baca juga: Wajib Coba! Ini 10 Wisata Kuliner di Jakarta, Bikin Nagih

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top