You are here
Home > Kuliner >

Bikin Ngiler! Ini 5 Rekomendasi Street Food Khas Korea

street food khas korea

MediaGo – Salah satu hal menarik yang ingin dirasakan saat berkunjung ke Korea Selatan adalah mencicipi street food khas Korea yang sangat terkenal. Kalau melihat di drama korea atau variety show dan mengunjungi tempat ramai, pasti banyak scene yang menghadirkan segmen mencicipi street food khas Korea ini.

Jajanan yang banyak dijual di tepi jalan di berbagai sudut di Korea ini memang menjadi hal yang menggiurkan, karena nampak eskpresi menikmati dari wajah para selebriti yang muncul di layar kaca ketika mencicipi jajajan tersebut. Ini dia 5 rekomendasi street food khas Korea yang wajib kamu coba nih!

1. Tteokbokki

street food khas korea

Tteokbokki menjadi makanan Korea yang sangat terkenal. Kamu bisa mengonsumsi makanan ini dalam berbagai tempat, seperti di jalanan atau bahkan restoran sekalipun. Tteok adalah kue beras, sebab itu tteokbokki merupakan makanan dengan tekstur kenyal yang berasal dari kue beras.

Untuk menyajikan tteokbokki, kamu membutuhkan bahan khas-nya, gochujang, yaitu pasta cabai khas Korea. Saat dimakan, tekstur kenyalnya akan berpadu dengan pedas dan asam dari gochujang. Wah, jadi ingin buat sendiri, ya!

2. Eomuk

street food khas korea

Jajanan ‘pinggir’ jalan Korea lainnya yang harus kamu coba adalah eomuk. Jajanan ini adalah kue ikan, di mana makanan ini terdiri dari ikan fillet atau makanan laut lainnya yang dicincang atau digiling. Rasa eomuk mirip dengan otak-otak yang juga dijual di Indonesia, hanya saja penyajiannya berbeda.

Saat dijual di kios makanan tepi jalan, makanan tipis dan ditusuk seperti sate ini disajikan dengan kuah panas yang cocok dimakan terutama saat musim dingin. Biasanya, rasa kuahnya seperti campuran dari rebusan seafood.

3. Sundae

street food khas korea

Makanan lain yang terkenal adalah sundae. Jajanan yang satu ini adalah sosis darah yang biasanya berasal dari babi atau sapi. Nah, ketika kamu mengunjungi Korea, hati-hati ya untuk kamu yang tidak bisa mengonsumsi makanan non-halal.

Baca Juga:  Tanda-Tanda Kecanduan Makanan Manis yang Wajib Diketahui

Karena sundae ini maupun beberapa jananan non-halal lainnya dijual bebas di Korea. Tak hanya di Korea Selatan, di Korea Utara, sundae juga terkenal, lho. Umumnya, sundae dibuat dengan mengukus usus sapi atau babi yang diisi dengan berbagai bahan.

4. Corn Dog

street food khas korea

Siapa yang sudah nonton drakor Start Up? Pasti kamu sudah tidak asing lagi nih sama jajanan yang dijual oleh neneknya Seo Dal Mi (Bae Suzy). Hot dog ala Korea atau kadang disebut corn dog ini mendadak viral dan banyak yang menjual termasuk di Indonesia karena serial Start Up.

Di Korea menyebutnya dengan hadogeu yang berarti hot dog. Berbeda dengan hot dog yang biasa kita lihat, hot dog Korea ini dimasak dengan cara digoreng. Setelah itu, dimakan dengan tambahan saus tomat atau sambal dan mustard. Selain sosis, di dalamnya juga bisa ditambahkan keju mozzarella. Yummy!

5. Twigim

street food khas korea

Di Indonesia, masyarakat mengenal berbagai macam gorengan yang enak dimakan sebagai camilan. Nah, di korea juga ada jajanan khas seperti gorengan dan biasa disebut sebagai twigim. Gorengan di Korea juga ada macamnya, seperti gimmari, yachae twigim, goguma twigim, gamjajeon, dan sebagainya.

Serunya, tak perlu jauh-jauh ke Korea kamu sudah bisa makan street food khas Korea ini karena sekarang sudah banyak yang menjual khususnya di Jakarta. Bahkan jajanan seperti tteokbokki sudah ada versi instan-nya yang cocok di lidah orang Indonesia!

Bagikan
Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top