You are here
Home > Kuliner >

Selain Pizza, 7 Makanan Khas Italia Ini Juga Populer di Indonesia

Bruschetta, Makanan Khas Italia yang Populer di Indonesia

MediaGo – Kalau ngomongin makanan khas Italia pasti kalian lebih tahu dengan yang namanya Pizza. Padahal, selain Pizza ternyata ada banyak makanan khas dari negara di Eropa tersebut yang juga populer di Indonesia. Apa saja? Berikut diantaranya:

1. Carbonara

Carbonara
Sumber : Kuliner Kota

Carbonara adalah spagheti yang menggunakan bahan utama dan cara memasak yang sama dengan olahan pasta populer Italia lainnya. Beberapa yang membedakan dari makanan khas Italia satu ini ialah tambahan saus telur, keju, krim, serta taburan bubuk parseley.

Ada tambahan dagi sapi atau ayam yang mana kamu bisa menyesuaikan selera masing-masing. Untuk rasanya, carbonara cenderung asin, gurih, juga ada sedikit rasa manis.

2. Gelato

Gelato
Sumber : hellosehat.com

Untuk kamu pecinta es krim, ternyata Italia juga punya makanan khas yang berbahan dasar es krim yakni Gelato. Tak kalah populer dengan pizza, Gelato merupakan es krim yang memiliki tekstur padat dan rendah lemak.

Cita rasa yang dihasilkan oleh gelato tentunya lebih enak dari es krim pada umumnya. Es krim ini sangat banyak disukai oleh orang-orang karena rendah lemak dan cita rasanya yang dijamin akan menggugah selera.

3. Lasagna

Lasagna

Makanan khas Italia selanjutnya yang populer di Indonesia adalah Lasagna. Makanan ini merupakan jenis pasta yang memiliki cita rasa lezat dan gurih. Bedanya lasagna adalah jenis pasta yang dimasak dengan beberapa lapisan kemudian dimasak dengan daging cincang, saus tomat, keju dan bumbu khas Italia secara bersamaan.

4. Tiramisu

Tiramisu
Sumber : mesinkopi.me

Mungkin banyak dari kamu yang menganggap kalau tiramisu adalah sejenis kopi yang sering dijadikan varian rasa beberapa produk. Nyatanya, nama ini ditujukan pada kue keju khas Italia yang diberi taburan bubuk kakao di atasnya.

Tiramisu identik dengan warna cokelat dan putih. Seringkali, makanan khas italia ini dijadikan hidangan penutup yang disantap menggunakan sendok. Rasa manis serta aroma kopi pada sajian ini disebut mampu meningkatkan hormon kebahagiaan.

5. Spaghetti

Spaghetti
Sumber : fimela.com

Spaghetti adalah makanan khas Italia yang juga tidak susah ditemukan di Indonesia. Setiap restoran yang menyediakan hidangan Italia seperti pasta, pasti juga menjual menu spaghetti.

Spaghetti ini berbentuk hampir sama dengan mi, yang disajikan dengan saus tomat dan daging cincang serta topping lainnya. Spaghetti ini jenis pasta yang berbentuk silinder, tipis dan panjang. Sebagai informasi, spaghetti ini berasal dari daerah Sisilia.

6. Risotto

Selain pasta, ada juga makanan khas Italia dari beras yang dimasak bersamaan dengan kaldu, sehingga teksturnya menjadi lengket. Kaldunya sendiri bisa berbahan dasar daging sapi, ikan, atau bahkan sayuran. 

Risotto
Foto: Delish.com

Menu ini bernama risotto dan beberapa jenisnya mengandung keju, mentega, bawang, serta anggur.  Makanan ini biasanya oleh warga setempat dijadikan hidangan pembuka yang disajikan sebelum makanan utama.

7. Tramezzino

Tramezzino
Carbonara

Makanan khas Italia yang terakhir adalah makanan sandwich yang biasanya dibentuk menjadi segitiga dan menggunakan roti tawar putih.

Tramezzino biasanya berisi ikan tuna, keju, sayuran segar yang ditumpuk menjadi satu kesatuan. Tidak hanya dapat menggugah selera, tentunya makanan ini lebih sehat karena mengandung sayuran segar.

Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

Top