SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Saturday, April 13, 2024
spot_imgspot_img
HomeNewsBBM Resmi Naik, Pertalite Rp10.000 dan Solar Rp6.800

BBM Resmi Naik, Pertalite Rp10.000 dan Solar Rp6.800

MediaGo – Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan kenaikkan harga Bahan Bakar Minyak atau BBM jenis pertalite dan solar di Istana Merdeka, Jakarta pada Sabtu (3/9/2022). Presiden Jokowi mengatakan, lebih dari 70 persen subsidi justru dinikmati oleh kelompok masyarakat mampu, yaitu pemilik mobil pribadi.

Oleh karena itu, pemerintah mengambil langkah dengan melakukan penyesuaian seperti BBM jenis pertalite, solar, pertamax nonsubsidi. Diakui Jokowi, keputusan untuk menaikkan harga pertalite dan solar adalah pilihan terakhir, terlibih dalam situasi yang sulit seperti sekarang ini.

Baca juga: Ini Alasan Pertamina Soal Harga Pertalite Naik Jadi Rp10 Ribu Per Liter

“Saat ini pemerintah harus membuat keputusan dalam situasi yang sulit. Ini adalah pilihan terakhir pemerintah, yaitu mengalihkan subsidi BBM, sehingga harga beberapa jenis BBM yang selama ini mendapat subsidi akan mengalami penyesuaian,” kata Jokowi dalam konferensi persnya.

Harga Pertalite dan Solar

Lebih rinci, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyampaikan mengenai penyesuaian harga BBM bersubsidi yang telah ditetapkan pemerintah. “Hari ini, tanggal 3 September tahun 2022, pukul 13.30 WIB, pemerintah memutuskan untuk menyesuaikan harga BBM subsidi,” ujar Arifin.

Baca juga: Daftar Mobil dan Motor yang Dilarang Minum Pertalite dan Solar

Harga pertalite yang sebelumnya Rp7.650 per liter disesuaikan menjadi Rp10.000 per liter dan harga solar bersubsidi yang sebelumnya Rp5.150 per liter menjadi Rp6.800 per liter. Selain itu, harga pertamax (nonsubsidi) juga mengalami penyesuaian, dari Rp12.500 menjadi Rp14.500.

Kenaikkan harga pertalite, solar, dan pertamax (nonsubsidi) tersebut mulai berlaku per 3 September 2022 mulai pukul 14.30 WIB. “Ini berlaku satu jam sejak saat diumumkannya penyesuaian harga ini, jadi akan berlaku pada pukul 14.30 WIB,” ungkap Arifin.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular