SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Friday, July 26, 2024
spot_imgspot_img
HomeNewsSoal Debat Cawapres Pilpres 2024, Ketum PSI Kaesang Pangarep: Lebih Baik Diadakan...

Soal Debat Cawapres Pilpres 2024, Ketum PSI Kaesang Pangarep: Lebih Baik Diadakan Saja

MediaGo – Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep angkat bicara mengenai format debat cawapres (calon wakil presiden) Pilpres 2024 yang ditiadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Menurut Putra bungsu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini, sebaiknya debat cawapres Pilpres 2024 tetap digelar oleh KPU.

Ya, memang kalau lebih baik ya diadakan saja,” kata Kaesang dikutip dari Antara, Sabtu, 2 Desember 2023.

Kaesang menyakini bahwa calon pasangan presiden dan wakil presiden yang diusungnya, yakni Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka juga siap untuk mengikuti debat tersebut.

“Saya rasa jauh lebih baik, kalau ada debat cawapres,” tambahnya.

Baca juga: Survei Capres 2024 Indikator Politik Indonesia: Ganjar, Anies, dan Prabowo Teratas

Kaesang memastikan, Tim Kampanye Nasional telah menyiapkan menghadapi debat capres-cawapres yang bakal digelar KPU.

Nah itu saya tidak tahu, saya Kaesang, saya Kaesang bukan Gibran. (Tim siap?) Ya siap, saya rasa ya lebih baik kalau ada debat cawapres, dah itu saja,” ungkap Kaesang.

Di sisi lain, Kaesang menghormati akan putusan KPU terkati dengan format debat capres dan cawapres Pilpres 2024.

“Kami ikut apa kata KPU, diadakan ayo, nggak didiadakan ya sudah,” tambahnya.

Diketahui, pada Kamis (30/11), Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan semua pasangan capres dan cawapres yang berlaga di Pilpres 2024 harus hadir di setiap sesi debat.

Menurtnya, pasangan capres-cawapres harus bersama-sama harid dalam debat. Ini bertujuan agar menunjukkan kesatuan dan kelompok di antara mereka kepada publik.

Dengan begitu, diharapkan publik makin yakin dengan penampilan mereka pada saat debat.

Diakui Hasyim, format tersebut berbeda dengan debat Pilpres 2019, di mana kala itu tidak semua pasangan calin hadir secara langsung di lokasi debat.

Tema Debat Capres dan Cawapres Pilpres 2024

KPU telah menetapkan tema khusus untuk setiap sesi debat. Debat pertama pada 12 Desember 2023 akan membahas hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Kemudian, pada debat kedua pada 22 Desember 2023, akan mengusung tema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

Baca juga: Menakar Dampak Pemilu 2024 terhadap Ekonomi dan Politik Indonesia

Adapun tema debat ketiga pada 7 Januari 2024 mencakup ekonomi (kerakyatan dan digital), kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan, pajak (digital), keuangan, pengelolaan APBN.

Pada debat keempat, yakni 21 Januari 2024 akan membahas energi, sumber daya alam (SDA), SMN, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat.

Debat terakhir yang akan digelar pada 4 Februari 2024, fokus pada teknologi informasi, peningkatan pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan, kesehatan (post-COVID Society), dan ketenagakerjaan. (*)

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular