SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Saturday, July 13, 2024
spot_imgspot_img
HomeNewsSidang Isbat Tetapkan 1 Ramadan 1444H Jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023

Sidang Isbat Tetapkan 1 Ramadan 1444H Jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023

MediaGo – Hasil Sidang Isbat memutuskan 1 Ramadan 1444 Hijriah jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023. Keputusan itu disampaikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Rabu (22/03/2023).

Dalam Sidang Isbat dijelaskan, hisab posisi hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk dan telah memenuhi kriteria MABIMS dan laporan rukyatul hilal.

Baca juga: 10 Ucapan Menyambut Ramadan 2023 yang Menyentuh Hati

Ketinggian hilal di seluruh Indonesia pada posisi antara 6 derajat 46,2 menit sampai dengan 8 derajat 43,2 menit dengan sudut elongasi 7,93 derajat sampai dengan 9,54 derajat.

Posisi tersebut, ujar Yaqut, telah memenuhi kriteria visibilitas hilal atau yang dikenal dengan imkanurrukyah yang disepakati oleh MABIMS sebagai pedoman menetapkan awal bulan kamariah.

Baca juga: 8 Ide Menu Takjil untuk Buka Puasa Ramadan

“Di 124 titik rukyatul hilal yang di seluruh Indonesia tadi, ada beberapa orang yang telah melaporkan melihat hilal sebagaimana dilaporkan oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah,” kata Menag dalam konferensi pers usai Sidang Isbat.

Berdasarkan hal itu, Kementerian Agama bersama instansi dan ormas keagamaan lainnya sepakat bahwa 1 Ramadan 1444 Hijriah jatuh pada hari Kamis, tanggal 23 Maret 2023 Masehi.

Baca juga: 5 Hal Wajib Dipersiapkan untuk Menyambut Puasa Bulan Ramadan

Menag menyampaikan, sebelum menetapkan 1 Ramadan dalam sidang isbat lebih dahulu disampaikan laporan dari Tim Hisab Rukyat Kemenag.

Dengan hasil sidang isbat ini, Yaqut berharap seluruh umat Islam di Indonesia dapat menjalankan ibadah puasa Ramadan secara bersama-sama.

“Kita menggunakan momentum Ramadan ini, bersama-sama mari kita jadikan ini sebagai momentum untuk memperkuat ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah basyariyah,” ucapnya.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular