SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Tuesday, July 16, 2024
spot_imgspot_img
HomeOtomotif5 Kesalahan Pengendara Motor di Musim Hujan

5 Kesalahan Pengendara Motor di Musim Hujan

Mediago – Otomotif – Sebagian wilayah Indonesia kini telah memasuki musim hujan. Kondisi seperti ini harus diwaspadai, terutama untuk para pengendara motor yang sehari-hari beraktivitas menggunakan sepada motornya. Harus kamu ketahui, berkendara di tengah guyuran hujan lebat itu sangat beresiko sekali untuk keselamatan.

Kesalahan Pengendara Motor saat Musim Hujan

Bikers Mengendarai Motor di Musim Hujan
Bikers Mengendarai Motor di Musim Hujan. (Gambar: Dok. Otoasia.com)

Oleh karena itu, kamu harus ekstra waspada saat berkendara. Sebab telah banyak kecelakaan terjadi akibat kelalaian diri sendiri. Apalagi untuk kamu yang hobi touring, berikut ini beberapa kesalahan pengendara motor yang secara tidak sadar bisa memicu kecelakaan. Jangan ditiru ya!

1. Memakai Sendal

Tak sedikit pengendara motor yang mau mengotori sepatu mereka saat menerobos hujan. Ia lebih memilih menggunakan sandal yang lebih praktis dan fleksibel. Bahkan banyak juga yang tidak menggunakan alas kaki sama sekali ketika berkendara disaat hujan.

Naik Motor dengan Sandal saat Hujan
Naik Motor dengan Sandal saat Hujan. (Gambar: Dok. GridOto)

Kebiasaan seperti ini ternyata sangat membahayakan keselamatan, lho! Sebab sandal itu tidak melindungi kaki Anda dengan sempurna. Sehingga, jika motor sampai tergelincir, kakimu kemungkinan besar akan mengalami cedera atau setidaknya mengalami luka ketika kaki terkena aspal atau jalanan. Karena itu, selalu gunakan sepatu yang safety saat naik motor, ya!

2. Mengangkat Kaki Saat Menerjang Banjir

Mengangkat kaki saat menerjang genangan banjir pun sering dilakukan para pengendara. Tujuannya agar sandal atau sepatu mereka tidak basah. Memang, ini wajar, tapi hanya saja hal tersebut sangat membahayakan diri sendiri dan juga merugikan pengguna jalan lainnya bahkan pejalan kaki.

Mengangkat Kaki Saat Menerjang Banjir
Pengendara motor mengangkat kaki saat menerjang genangan air.

Mengapa berbahaya? Sebab dengan mengangkat kedua kaki, keseimbangan saat berkendara akan terganggu. Belum lagi aliran air yang biasanya lumayan deras. Akibatnya, motor dan pengendara bisa terjatuh. Jika sudah begitu, bukan hanya sepatu yang akan basah, tapi baju dan celanamu juga basah kuyup.

Baca Juga: Motor Matic Mendadak Boros? Coba Cek 4 Komponen Ini!

3. Berhenti dan Belok Mendadak Untuk Menghindari Hujan

Ketika tiba-tiba hujan turun, biasanya para biker secara naluriah akan langsung membelokkan kendaraannya ke tempat yang teduh. Hal ini ternyata sangat berbahaya lho sob! Sebab bisa-bisa kamu ditabrak kendaraan lain dari belakang yang sedang buru-buru.

Berhenti mendadak dan sembarangan untuk meneduh
Pengendara motor berhenti dan meneduh di bawah flayover. )Gambar: Dok. Mobilmo)

Maka dari itu, walaupun hujan mendadak turun, jangan langsung berbelok atau berhenti ya. Silahkan berhentilah secara perlahan dan nyalakan lampu sen jika ingin berbelok. Setelah dirasa aman, maka silahkan menyisi untuk berteduh.

4. Pemilihan Jas Hujan yang Salah

Salah dalam memilih model jas hujan juga menjadi salah satu penyebab kecelakaan untuk para biker. Penggunaan jas hujan ponco memiliki potensi kecelakaan yang lebih besar.

Pemilihan Jas Hujan yang Salah
Pengemudi sepeda motor menggunakan model jas hujan ponco. (Gambar: Dok. Hipwee)

Mengapa demikian? Sebab, modelnya yang panjang dikhawatirkan akan tersangkut pada ban motor saat melaju. Maka dari itu, Jas hujan model setelan merupakan rekomendasi terbaik untuk para biker.

5. Tekanan Ban yang tidak pas

Tidak memperhatikan tekanan ban saat hendak berpergian juga sangat berpengaruh untuk keselamatan. Tekanan ban yang berlebihan bisa menyebabkan ban akan lebih licin saat melaju diaspal, sedang tekanan ban yang kurang juga akan menambah beban sehingga motor akan terasa lebih berat saat dinaiki.

Tekanan ban motor yang tidak pas
Ilustrasi pengecekan tekanan bang sebeum berkendara di musim hujan. (Gambar: Dok. GridOto)

Untuk itu, sebaiknya biker harus lebih memperhatikan tekanan ban saat musim hujan seperti ini karena rawan akan kecelakaan. Jangan berlebihan dan jangan juga kekurangan, ya!

Baca Juga: Pahami Cara Kerja Tekanan Angin Ban Kendaraan

Nah itu dia lima kesalahan cara mengemudi motor yang sering dilakukan tanda disadari ketika di musim hujan yang beresiko menyebabkan kecelakaan. Setelah membaca informasi ini, mudah-mudahan kamu bisa lebih hati-hati lagi ya ketika ingin berpergian menggunakan sepeda motor. Semoga bermanfaat!

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular