You are here
Home > Otomotif >

Motor Matic Mendadak Boros? Coba Cek 4 Komponen Ini!

Motor Matic Mendadak Boros? Coba Cek 4 Komponen Ini!
Bagikan

Mediago.id – Motor matic kini menjadi pilihan alat transportasi darat yang mudah dikendarai. Namun memang beberapa tahun kebelakang, sepeda motor yang dianggap sebagai rajanya jalanan adalah yang berkopling. Seperti misalnya, Yamaha RX King dan RX Z yang sempat menjadi trend di tahun 90-an. Sebab performa motor tersebut terbilang sangat lincah dan enak untuk dibawa touring jauh karena bisa menempuh jarak jauh dalam beberapa jam saja.

Namun zaman sudah berubah, begitupun dengan trend masa kini. Raja jalanan tersebut sudah mulai tergeser oleh skutik alias skuter matik atau motor matic. Walaupun performa mesin yang tidak secepat motor kopling, Namun dibalik itu semua ada kelebihan tersendiri, yakni irit bahan bakar dan tidak ribet ketika digunakan.

Motor Matic jadi Pilihan Transportasi
Motor Matic Vepsa. (Gambar. Doc: Mojok.co)

Jika kondisi motor matic Anda dalam kondisi sehat, hanya membutuhkan 1 liter bensin saja untuk bisa menempuh jarak 40-50 Km. Jelas lebih irit kan dibandingkan rajanya motor pada masanya?. Beda lagi kalau mesin motor matic sedang ngadat, borosnya bisa melebihi motor 2 tak.

Penyebab Motor Matic Boros Bensin

Lalu apa saja sih yang membuat motor matic kesayanganmu jadi boros? Berikut beberapa penyebab motor matic mendadak jadi boros yang mungkin disebabkan oleh beberapa Komponen rusak berikut ini.

1. Selang Bensin Bocor

Jika skutikmu mengeluarkan aroma bensin padahal tangki bensin sudah dalam kondisi tertutup rapih, bisa jadi ada masalah kebocoran pada area selang bensin motor matikmu.

Selang Bensin Motor Matic

Masalah seperti ini bisa terjadi akibat panasnya mesin atau adanya gesekan benda lain. Silahkan cek dengan cara mengurut pada bagian selang untuk mengetahui dimana letak lubang yang menyebabkan kebocoran.

Baca Juga: Penyebab Insulator Busi Retak

2. Kerusakan Sensor 02

Kebanyakan skuter matik biasanya terdapat sensor 02 yang fungsinya untuk mendeteksi kandungan oksigen dalam gas buangan mesin.

Kerusakan Sensor 02 pada Indikator Bensin
Ilustrasi Indikator Bensin Motor Matic. (Gambar: Doc. OTONITY)

Jika terjadi kerusakan pada bagian sensor ini, maka sistem pemabakaran mesin pun akan menjadi kacau. Dan ini salah satu penyebab motor kesayanganmu menjadi boros.

Baca Juga:  Ada PSBB Jawa-Bali, Jadwal IIMS 2021 Digeser ke Maret

3. Laher atau Bearing yang Bermasalah

Laher yang bermasalah menjadi salah satu penyebab borosnya skutikmu, karena akan membuat putaran roda menjadi tidak lancar (seret).

Laher atau Bearing Bermasalah
Laher atau Bearing Bermasalah. (Gambar. Doc: Motorplus Online)

Dengan begitu, mesin akan membutuhkan tenaga ekstra untuk membuatnya berputar secara normal. Hal ini tentu akan membutuhkan pasokan bensin yang banyak pula.

Baca Juga: Wajah Baru Vespa S 125 I-Get

4. Kampas Kopling yang Harus Diganti

Salah satu ciri kampas kopling sudah harus diganti adalah tarikan motormu akan terasa cukup berat, padahal kamu hanya mengendarai motor sendirian.

Kampas Kopling
Kampas kopling motor matic. (Gambar: Doc. Motorplus Online)

Kampas kopling yang mulai habis akan membuat tenaga mesin tidak tersalurkan dengan sempurna ke bagian drivetrain. Hal ini akan membuat motor menguras banyak bahan bakar sehingga skutikmu menjadi boros.

Baca Juga: Raffi Ahmad Jadi Ambasador Mandalika Racing Team

Nah itu dia tadi beberapa masalah kerusakan yang terjadi jika motor matic kesayanganmu mendadak boros. Untuk itu, jika sudah merasa performa mesin motor melemah buruan langsung ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan dari pada setiap hari harus tekor uang bensin, iya gak?

Penulis: Rizky Aditya


Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top