You are here
Home > Otomotif >

5 Kota Paling Macet di Indonesia, Jakarta Bukan yang Pertama

MediaGoInrix, perusahaan analisis data lalu lintas merilis hasil penelitian Global Traffic Scorecard 2021. Ternyata kota paling macet di Indonesia itu bukan Jakarta. Penasaran siapa yang menduduki peringkat pertama kota paling macet? Simak dibawah!

Hasil penelitian yang dilakukan Inrix menyebutkan kalau bukan Jakarta yang menjadi kota termacet di Indonesia. Dilansir oleh detik.com, berikut urutan kota paling macet di Indonesia.

Urutan Kota Paling Macet di Indonesia

1. Surabaya

kota paling macet di Indonesia
Sumber : jatimnow.com

Surabaya menduduki peringkat pertama kota paling macet di Indonesia. Surabaya juga menjadi kota termacet ke-41 di dunia. Sebagai catatan, peringkat INRIX ini dihitung berdasarkan tingkat keparahan kemacetan (jam yang terbuang selama macet) yang ditimbang berdasarkan ukuran kota.

Inrix mengatakan, jumlah total waktu yang terbuang dalam kemacetan selama periode jam sibuk di Surabaya mencapai 62 jam dalam setahun.

2. Jakarta

kemacetan jakarta
Sumber : beritasatu.com

Jakarta berada di peringkat kedua kota paling macet di Indonesia. Secara global, Jakarta menempati urutan ke-222 kota termacet di dunia.

Pengendara di Jakarta kehilangan waktu 28 jam dalam kemacetan selama periode jam sibuk dibandingkan kondisi di luar jam sibuk.

3. Denpasar, Bali

kemacetan bali
Sumber : Kabar24

Kota termacet ketiga di Indonesia menurut Inrix adalah Denpasar, Bali. Denpasar yang juga menjadi kota termacet ke-291 di dunia menghasilkan total waktu yang terbuang dalam kemacetan selama periode jam sibuk mencapai 31 jam.

4. Malang

kemacetan kota malang
Sumber : gridoto.com

Selanjutnya ada kota malang yang menduduki posisi keempat kota termacet di Indonesia. Selain itu, malang menempati peringkat ke-334 di dunia. Pengendara di malang kehilangan 29 jam dalam kemacetan selama periode jam sibuk.

5. Bogor

kemacetan kota bogor
Sumber : cnnindonesia.com

Kota di Indonesia yang terakhir menjadi kota paling macet adalah Bogor. Menurut survei Inrix, Bogor menempati posisi ke-821 kota termacet di dunia. Jumlah total waktu yang terbuang dalam kemacetan di Bogor selama jam sibuk mencapai 7 jam.

Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

Top