You are here
Home > Pendidikan >

2 Pengaruh Otonomi Khusus Di Papua Bagi Pendidikan

otonomi khusus di papua
Bagikan

Mediago.id – Dana Otonomi Khusus(Otsus) di Papua telah digelontorkan dan jumlahnya tidak bisa dikatakan sedikit. Banyak yang menanyakan pengaruh dana tersebut bagi papua terutama di bidang pendidikan.

dana otsus untuk Papua sudah disalurkan sejak 2002, sedangkan Papua Barat menerima sejak pada tahun 2008. 

Besaran dana tersebut ditujukan untuk membiayai pendidikan dan kesehatan di pulau tersebut.

Selain otsus, Papua juga mendapatkan dana tambahan infrastruktur(DTI) yang difokuskan untuk pembangunan infrastruktur di kedua provinsi itu.

2 Pengaruh Otonomi Khusus Di Papua Bagi Pendidikan

Lalu apa saja pengaruh yang sudah tampak setelah turunnya aliran otonomi khusus di papua terutama di sektor pendidikan? Simak di bawah ini!

1.     Cenderung Meningkat

Setelah diamati, bahwa dana otonomi khusus di papua di bidang pendidikan cenderung membawa peningkatan setiap tahunnya.

Meski tidak meningkat secara drastis namun perlahan membaik. Dilihat dari Angka Melek Huruf(AMH) di kedua provinsi tersebut.

Pada tahun 2014 lalu, AMH di papua tercatat 70,78 persen, sedangkan Papua Barat 96,75 persen.

Tahun 2018 kemarin tercatat AMH di papua tercatat 76,79 persen, sedangkan Papua Barat 97,33 persen.

2.     Gizi Buruk Berkurang

Pengaruh kesehatan juga berimbas pada pendidikan. Anak yang sehat akan lebih mudah belajar dan menerima pendidikan yang layak.

Maka dana otonomi khusus di Papua juga dialokasikan pada bidang kesehatan demi memperbaiki gizi buruk yang melanda kedua provinsi itu.

Wabah gizi buruk hingga campak terus mengganggu pertumbuhan anak di Papua sejak balita, hal itu sempat menjadi Kejadian Luar Biasa(KLB) di kabupaten Asmat, Papua.

Meski dana otonomi khusus di papua tidak menangani masalah kesehatan dengan maksimal tetapi setidaknya dan tersebut teralokasikan.

Baca Juga:  7 Bahaya Mandi Malam Hari dengan Air Dingin yang Wajib Diketahui

Harusnya ada sorotan khusus pada dana otsus dan mengevaluasi setiap perkembangan aliran dana tersebut, sehingga dana yang keluar dapat berbanding lurus dengan hasil yang diharapkan.

Demikian di atas pengaruh dana otonomi khusus di papua. Semoga pendidikan semakin maju dan anak-anak diberi kesehatan supaya bisa mendapatkan hidup layak dan normal seperti anak-anak pulau lain.


Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top