You are here
Home > Pendidikan >

5 Manfaat Membacakan Buku pada Anak

Manfaat membacakan buku pada anak
Bagikan

MediaGo – Buku adalah jendela dunia. Membaca buku menjadi jalan untuk menemukan hal-hal baru. Orang yang suka membaca pasti memiliki wawasan yang lebih luas daripada mereka yang tidak. Oleh karena itu, untuk menumbukan kegemaran membaca buku harus dimulai sejak usia dini.

Bagaimana caranya? Orangtua punya peran yang sangat besar dalam hal ini. Orangtua bisa memulai dengan secara rutin membacakan buku pada anak. Buku-buku yang dibacakan juga harus disesuaikan dengan usia anak, misalnya cerita binatang.

Sebenarnya, apa manfaat yang akan didapat anak yang orangtuanya sering membacakan buku? Berikut ini 5 manfaat membacakan buku pada anak.

1. Belajar Mengenal Konsep

Anak bisa mengenal konsep tentang segala sesuatu yang berada di sekitarnya seperti warna, angka, huruf atau benda.

2. Membuat Otak Anak Aktif

Semakin sering membacakan buku untuk anak, maka semakin aktif pula otaknya. Pengolahan semaktik atau kemampuan untuk mengerti makna dari kata-kata menjadi lebih aktif.

3. Melatih Imajinasi Anak

Membaca untuk buah hati disumsikan bermanfaat memicu imajinasi dan kreativitas anak.

4. Berkenalan dengan Kosakata

Semakin sering anak mendengar, maka semakin baik pula kemampuan berbicaranya kelak.

5. Membangun Kemampuan Kognitif Anak

Ini termasuk perkembangan rentang atensi (perhatian), ingatan, kemampuan menggunakan kata-kata dalam komunikasi, kemampuan memecahkan masalah, dan kemampuan nalar anak.

Nah, sudah tahu bukan manfaat membacakan buku untuk anak. Mulai dari sekarang biasakan melakukan akivitas bermanfaat ini pada anak. Bisa dilakukan ketika hendak tidur membacakan buku cerita, atau saat bersantai bersama-sama membacakan buku tentang binatang. Simpel memang tapi akan sangat bermanfaat untuk masa depan anak.


Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top