SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Wednesday, May 22, 2024
spot_imgspot_img
HomePendidikan5 Cara Mengatasi Father Hunger pada Anak Sejak Dini

5 Cara Mengatasi Father Hunger pada Anak Sejak Dini

Salah satu kondisi psikologis yang terjadi pada anak dan semakin bertambah jumlahnya dari tahun ke tahun adalah father hunger. Kondisi emosional ini muncul akibat anak tidak memiliki figur Ayah dalam hidupnya yang positif. Dan agar tidak bertambah banyak, Anda harus tahu cara mengatasi father hunger atau fatherless pada anak sejak dini. 

Memang ada banyak penyebab kurangnya interaksi dan kasih sayang sosok Ayah pada anak sehingga terjadi father hunger. Mulai dari kematian Ayah, perceraian hingga perilaku kejam seorang Ayah pada anak bisa menjadi alasan terjadinya fenomena ini. Karena itu perlu cara mengatasi father hunger pada anak.

Baca Juga: 5 Penyebab Fenomena Father Hunger yang Harus Dihindari

Lantas bagaimana cara mengatasi father hunger? Cek di sini ya!

Cara Mengatasi Father Hunger pada Anak Sejak Dini

1. Ayah hadir langsung dalam kehidupan pengasuhan anak sejak dini

Cara Mengatasi Father Hunger pada Anak Sejak Dini fatherless (1)

Cara mengatasi father hunger yang utama adalah menghadirkan sosok ayah dalam kehidupan anak. Jangan lupa juga untuk ikut serta terlibat dalam perawatan dan pengasuhan anak setiap hari. Dan jangan sampai gengsi mengambil bagian dalam mengganti popok, menyuapi, bermain, dan menidurkan anak. 

Ketika anak sudah bersekolah, bantu anak dalam kegiatannya belajarnya sesuai usia dengan penuh kasih. Ikut juga dalam acara sekolah yang anak sedang tampil juga membawa kepercayaan dirinya di depan banyak orang.

Baca Juga: Fenomena Fatherless di Indonesia dan Dampaknya bagi Anak

Berusaha membangun ikatan emosional Ayah dan anak sejak kecil adalah hal bagus dan dapat mengurangi resiko terjadinya father hunger. 

2.  Meningkatkan Hubungan Antara Ayah dan Anak

Jangan hanya hadir dalam kehidupan anak, tapi tingkatkan hubungan Ayah dan anak akan membangun bonding yang baik. Bila orang tua sibuk, usahakan setiap hari meluangkan waktu bersama walau sebentar. Dan bisa di akhir minggu bisa melakukan kegiatan bersama yang menyenangkan. Seperti makan bersama di luar, bermain, menonton bioskop atau menghabiskan waktu bersama di rumah saja dengan efektif.

Ini akan membuat anak akan sadar akan sosok Ayah, bahwa Ayah sangat menyayanginya.

3. Sediakan Sosok Pengganti Ayah

Cara Mengatasi Father Hunger pada Anak Sejak Dini fatherless (1)

Ada beberapa hal yang tidak bisa dikendalikan seperti kematian atau perceraian, jadi walau hal itu terjadi Anda bisa tetap menghadirkan sosok Ayah pengganti. Namun sosok ini haruslah yang positif buat anak agar anak tidak merasa kekurangan. Sosok ini bisa dilakukan oleh kakek, paman, ayah angkat atau orang lain yang bisa dihormatinya. Sehingga dapat membantu mengembangkan hubungan positif anak dengan orang dewasa. 

4. Buat Lingkungan Aman dan Nyaman

Biasanya anak yang mengalami father hunger selalu merasa cemas dan sangat kesepian. Karena itu Anda bisa menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk anak. Ini akan mengurangi perasaan kesepian dan kecemasan pada anak. 

5. Dapatkan Bantuan Profesional

mengurangi fatherless

Bila kondisi psikologis anak terlihat sangat hingga menyebabkan perilaku yang membahayakan, tidak ada salahnya mendapatkan bantuan profesional dari seorang psikolog atau terapis. Karena mereka dapat membantu anak mengatasi masalah mental dan sosial yang muncul akibat father hunger dengan lebih baik.

Itu tadi cara mengatasi father hunger pada anak sejak dini yang bisa Anda lakukan. Jangan lupa tiap anak memiliki perasaan dan keunikan masing-masing. Jadi sangat dibutuhkan solusi pendekatan dan pengenalan individu yang tepat. 

Semoga fenomena father hunger atau fatherless ini makin berkurang.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular