SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Monday, July 15, 2024
spot_imgspot_img
HomePendidikanTips Memilih Universitas saat Akan Kuliah ke Luar Negeri

Tips Memilih Universitas saat Akan Kuliah ke Luar Negeri

Banyak sekali universitas yang bisa dipilih oleh mahasiswa ketika akan belajar ke luar negeri. Setiap universitas menawarkan program studi terbaik yang nantinya bisa dipilih oleh pelajar

Beberapa universitas ternama kini bisa kamu jadikan pilihan dan diantaranya Bca Study Abroad. Dari banyaknya universitas ini terkadang membuat pelajar merasa pusing karena semua yang dipilih tergolong sangat bagus.

Dalam kebingungan yang seperti ini maka perlu adanya tips dalam memilih universitas tersebut. Dengan seperti ini maka kamu bisa mendapatkan kampus sesuai impiannya selama ini.

Tips Terbaik Memilih Universitas di Luar Negeri

university 105709 1280

Dalam memilih kampus di luar negeri memang harus selektif dan berikut tips terbaik saat memilihnya:

1. Ranking Universitas

Universitas yang memiliki ranking tinggi umumnya menyediakan layanan pendidikan yang terbaik. Di kampus itulah kamu dididik oleh para dosen atau guru terbaik dengan tingkat keilmuan yang cukup luas.

Namun dalam memilih universitas dengan ranking tinggi juga perlu memahami setiap persyaratan. Semakin tinggi ranking universitas maka syarat masuk yang ditetapkan juga tergolong sulit atau tidak seperti universitas biasa.

Untuk mengetahui rangking ini bisa kamu cek lewat situs-situs tertentu secara online. Pada situs tersebut akan diberikan gambaran terkait ranking secara universitas atau per jurusan.

2. Program Studi yang Ditawarkan

Sebelum memilih universitas maka kamu perlu mengetahui program studi ada yang ada di kampus tersebut. Untuk itu kamu bisa membuat list khusus terkait berbagai universitas yang menawarkan program studi yang dituju.

Untuk mencari informasi lengkap, kamu bisa browsing di internet agar hasilnya lebih maksimal. Dengan seperti ini maka kamu bisa memilih kampus mana yang terbaik dan sesuai dengan program studi yang akan dipilih. Proses ini memang butuh banyak waktu tetapi sebanding dengan hasil yang didapatkan nantinya.

3. Pelajari Syarat Masuknya

Setiap universitas memiliki syarat masuk yang berbeda-beda kepada para pelajarnya. Maka dari itu syarat ini perlu dipelajari secara mendalam khususnya di bidang kemampuan bahasa. Rata-rata ada yang mensyaratkan skor bahasa asing tinggi dan juga rendah.

Namun dari sekian persyaratan yang paling penting itu ada di surat rekomendasi. Kamu bisa meminta setidaknya 3 surat rekomendasi agar bisa dengan mudah lolos di beasiswa. Tetapi ada juga kampus yang tidak menerima surat rekomendasi dan lebih melihat pada hasil tes GRE atau GMAT.

Dengan persyaratan yang berbeda seperti ini maka kamu harus bisa menyesuaikan dengan kemampuan diri. Dengan demikian ketika kamu mahir dalam bahasa Inggris maka bisa memilih kampus dengan skor TOEFL yang tinggi.

4. Prospek Kerja

Saat melanjutkan studi juga harus ada pertimbangan dengan prospek karir di masa mendatang. Untuk itu sebelum memilih universitas, kamu bisa melihat statistik terkait tingkat kesuksesan para alumninya. Untuk mendapatkan informasi ini maka bisa kamu akses lewat situs resminya.

Selain itu kamu juga bisa berkonsultasi dengan pihak lain mengenai apakah universitas akan membantu saat magang atau kerja nantinya. Untuk itu pastikan di universitas yang akan dipilih support layanan career center agar tidak kesulitan dalam mencari pekerjaan.

Jadi tips-tips di atas perlu diperhatikan ketika akan melanjutkan studi ke luar negeri khususnya dalam memilih universitas. Kamu bisa memulai dengan membuat list sesuai program studi yang dipilih.

Selanjutnya tinggal memahami mengenai syarat-syarat yang perlu dipersiapkan. Ketika itu semua sudah lengkap tinggal kamu cari informasi mengenai apakah ada prospek karir di universitas yang akan dipilih itu.

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular