You are here
Home > Tekno >

3 Tanda Smartphone Terkena Virus atau Malware dan Cara Mencegahnya

Ciri Smartphone Terkena Virus
Bagikan

Media Go, Smartphone Terkena Virus – Seiring perkembangan zaman, banyak orang yang sekarang bergantung pada Smartphone android. Seperti melakukan pekerjaan ataupun bersosial media.

Hal ini yang sekarang dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan internet (cybercrime) untuk menaruh jebakan virus mereka pada smartphone android. Karena itu, tak heran jika ekosistem malware dan virus sekarang banyak ditemukan pada ponsel Android.

Mungkin hp kalian juga sekarang sedang terinfeksi virus atau Malware. Untuk bisa mengetahuinya apakah smartphone yang dipakai terinfeksi oleh virus atau Malware, yuk simak ulasan ciri-ciri smartphone terinfeksi virus berikut ini.

Tanda Smartphone Terkena Virus

Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah tanda-tanda umum yang biasa terjadi saat ponsel terkena virus.

1. Sering Muncul Notifikasi

tanda smartphone terkena virus
Tikom

Pernah gak hp kalian sering muncul notifikasi dari aplikasi browser chrome yang berisi ucapan selamat kamu mendapatkan hadiah hp atau uang dollar? Jika pernah maka hp kamu sedang terkena Virus atau Malware.

Virus ini biasanya berasal saat kamu menonton film di situs tidak resmi atau situs film bajakan yang mana banyak malware beredar disana.

Notifikasi tersebut tidak bisa ditutup sebelum di klik oleh pengguna. Setelah diklik, berarti kamu sudah memberikan akses kepada virus untuk masuk ke sistem smartphone.

Ketika membuka aplikasi tertentu, kamu akan mengalami crash atau keluar secara tiba-tiba, bahkan ada beberapa aplikasi yang tidak dapat diakses.

Bukan hanya itu, setelah terinfeksi, performa smartphone kamu biasanya juga akan melambat.

2. Kuota Cepat Habis

Tanda berikutnya jika smartphone kamu terkena virus yakni kuota data cepat habis. Hal ini menandakan, virus telah meretas sistem untuk mentransfer data-data penting pada ponsel tersebut menggunakan kuota internet kamu.

Bahkan, pada beberapa kasus, akan muncul aplikasi yang tidak dikenal sehingga memori internal hp kalian akan menjadi penuh.

Baca Juga:  Canggih! Ini Daftar 5 Smartphone dengan Android 10

3. Baterai Cepat Lowbat

Virus Android
Nextren

Bukan hanya kuota cepat habis, kamu akan merasa bahwa smartphone kalian kok terasa boros. Padahal smartphone tersebut dalam kondisi belum lama dibeli alias baru.

Hal tersebut terjadi karena banyaknya notifnya yang muncul membuat ponsel cepat panas dan memakan daya baterai yang begitu banyak. Jika dibiarkan, lama kelamaan hp kesayangan kalian akan rusak dan baterai jadi ngedrop.

Cara Mencegah Virus di Smartphone

Ciri Smartphone Terkena Virus
Liputan 6

Cara mencegah virus yang menyerang ke smartphone android ternyata cukup mudah. Yang paling penting adalah gunakan jaringan WiFi yang aman dan yang kamu kenali.

Hindari mengakses jaringan wifi publik dibeberapa kondisi. Itu bisa jadi pelantara masuknya virus ke sistem di smartphone kamu.

Kemudian, perhatikan juga izin akses aplikasi sebelum menginstalnya di perangkat kalian. Itu biasanya akan otomatis berada seperti daftar akses yang diperlukan oleh aplikasi.

Jika dirasa permintaan izin tersebut wajar, maka kamu bisa mulai mengizinkannya. Tapi, hindari jika permintaan aksesnya tidak wajar dari fungsi aplikasi tersebut.

Semoga bermanfaat!


Bagikan
Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top