You are here
Home > Tekno >

Biar Gak Lemot! Begini 4 Cara Mempercepat Jaringan WiFi di Rumah

cara mempercepat jaringan wifi

MediaGo – Apakah koneksi WiFi di rumah kamu mulai lemot? Hal ini pasti akan terasa menyebalkan terlebih kita sedang membutuhkannya sekali. Jangan khawatir! Kamu bisa coba ikuti cara mempercepat jaringan wifi di rumah berikut ini. Dijamin anti lemot!

Banyak penyebab koneksi WiFi melambat, salah satunya adalah karena pengaturan router atau penghubung dan pengirim paket data. Jika terjadi demikian, yuk ikuti cara mempercepat koneksi WiFi dari IDN Times berikut ini, pasti gak akan lemot lagi deh!

Cara Mempercepat Jaringan WiFi

images 52
Sumber : Free Image

1. Posisikan router dengan benar

Jika koneksi WiFi melambat karena ada masalah pada router maka coba cek posisinya. Biasanya, kalau posisi router-mu salah maka akan menyebabkan koneksi terganggu.

Jangan sekali-kali letakkan router di dekat jendela, karena ini bisa bikin sinyal internet gak tersalurkan dengan merata di dalam ruangan. Selain itu, jangan letakkan router di lantai (terlebih jika lantaimu terbuat dari bahan semen, beton dan logam) atau tempat yang rendah karena akan susah mengirim sinyal.

2. Jangan letakkan router dekat barang elektronik lain

Selain posisinya yang salah, jika kamu meletakkan router di dekat perangkat elektronik lain juga bisa menyebabkan jaringan internet jadi terganggu.

Misalnya dekat televisi atau telepon nirkabel, maka sinyal elektromagnetik yang diciptakan akan menggangu dan melemahkan sinyal WiFi.

3. Atur antena router dalam posisi berdiri

Hal ini sangat penting, karena antena router dalam posisi vertikal alias berdiri bisa membuat sinyal terpancar dengan baik dan sempurna. Posisi antena yang berdiri bisa membt sinyal terpancar secara horizontal, sehingga sinyal WiFi lebih mudah menjangkau ke seluruh bagian ruangan. 

4. Kalau masih lemot, coba deh otak-atik software routernya

Selain memperhatikan soal sisi hardware router, kamu juga bisa mengotak-atik software router untuk mempercepat koneksi WiFi.

Namun perlu diingat, untuk mengotak-atik software maka kamu wajib mengetahui langkah-langkahnya dengan benar supaya router gak makin rusak dan jaringan makin buruk.

Sekedar informasi, akses menuju software bisa kamu buka melalui IP khusus. Biasanya sih, kamu bisa mengecek lewat panduan yang disertakan pada bagian bawah router atau pun boks-nya.

Kalau kamu sudah bisa masuk ke dalam pengaturan, maka segera ubah channel frekuensi router (biasanya ada 14 channel yang bisa dipilih). Nah, channel terbaik yang bisa kamu pilih untuk diubah ada di nomor 1, 6 dan 11 karena channel tersebut cenderung minim gangguan. Selamat mencoba!

Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

Top