You are here
Home > Tekno >

4 Tips Mengecas HP Agar Awet dan Tahan Lama

tips mengecas HP
Bagikan

Mediago.id – Mengetahui tips mengecas HP sering kali menjadi hal yang tampak sepele. Padahal aktivitas mengecas baterai HP itu sendiri adalah hal yang vital bagi kelangsungan kualitas baterai. Pengaruh yang dihadirkan akan sangat sensitif terhadap daya baterai yang ada.

Tips Mengecas HP Yang Benar

Maka dari itu, untuk mengantisipasi baterai rusak karena proses mengecas yang salah, berikut ini adalah beberapa tipsnya untuk Anda. Beberapa tips mengecas HP berikut ini adalah tips pribadi. Anda bisa menyesuaikannya dan bisa pula menyeleksi mana yang sesuai dengan karakter HP Anda.

1.     Pakai Pengecas Orisinal

Untuk mengecas HP, otomatis kita butuh pengecas HP. Nah, yang sering tidak kita sadari adalah kita mengecas HP asal cas tersebut cocok dengan ukuran lubang charging HP kita. Padahal belum tentu berasal dari merk yang sama. Meskipun ada label merk yang sama, bisa jadi di antaranya ada yang bukan produk pengecas orisinal alias bajakan. Jadi, usahakan bawa pengecas sendiri ke mana pun pergi.

2.     Perhatikan Persentase Baterai

Orang pada umumnya cenderung mengecas HP hingga 100 persen bahkan ada yang sudah penuh namun masih dibiarkan menancap pengecas. Ini kurang tepat sebab dapat mereduksi umur pakai baterainya. Idealnya, mengecas HP hanya sampai 80 persen saja.

Begitu pun ketika mau mengecas HP. Jangan sampai mengecas HP ketika daya baterai sudah di bawah 10 persen apalagi sampai mati total kehabisan baterai. Jangan sampai. Sebab penggunaan semacam itu tidak efektif bagi keberlangsungan umur baterainya.

3.     Kontras Cahaya

Selain karena penggunaan akses aplikasi yang menumpuk, baterai bisa cepat habis juga karena kontas cahaya pada layar yang berlebihan. Apalagi jika sampai menyilaukan mata bahkan wajah. Selain tidak baik bagi kesehatan mata, kontras cahaya juga berdampak besar pada daya tahan baterai.

Baca Juga:  Razer Orochi V2, Mouse untuk Gamer Notebook

4.     Minimalisir Penggunaan Power Bank

Tips mengecas HP satu ini kerap tidak diperhatikan. Ya, sebisa mungkin, jangan gunakan Power Bank kecuali dalam kondisi yang sangat urgen sekali. Ini karena jika terlalu sering memakainya, baterai HP akan cepat boros. Dan dampak jangka panjangnya bisa-bisa baterai HP Anda jadi rawan drop.


Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top