You are here
Home > Travel >

10 Makanan Sehat yang Cocok untuk Traveling, Anti Ribet dan Kenyang

Makanan sehat yang cocok untuk traveling

Saat traveling umumnya makanan sangat dibutuhkan, apalagi ketika kamu sedang melakukan perjalanan darat. Namun, bagaimana jika tujuan travelingmu cukup sulit untuk menemukan tempat makan? Tak hanya sekadar lezat saat dikonsumsi, tetapi kamu juga wajib memilih makanan sehat yang cocok untuk traveling.

Jadi alangkah baiknya, apabila kamu mempersiapkan makanan dari rumah yang bisa dikonsumsi di tengah perjalanan. Pastikan juga makanan yang kamu bawa sehat dan bukan makanan cepat saji. Berikut ini rekomendasi makanan sehat yang cocok untuk traveling.

Makanan sehat yang cocok untuk traveling

Menurut jurnal di American Journal of Lifestyle Medicine, makanan cepat saji akan membuat kamu cepat merasa lesu. Biasanya agar pengemudi tetap waspada dan fokus menyetir kerap memakan keripik atau permen sehingga tidak akan merasa bosan. Tetapi makanan tersebut justru tidak sehat bagi tubuh.

Berikut rekomendasi makanan sehat yang cocok untuk traveling dibandingkan dengan memakan sekantong keripik atau permen seperti dilansir dari laman Everyday Health:

1. Buah blueberry 

Makanan sehat yang cocok untuk traveling
Blueberry. (Gambar: http://pixabay.com)

Di musim panas, blueberry adalah salah satu camilan pilihan musiman yang baik untuk traveling. Secangkir blueberry hanya mengandung sekitar 85 kalori. 

Kamu akan mendapatkan 3,6 g serat makanan dan 14,6 miligram (mg) vitamin C, menjadikannya sumber nutrisi yang baik. Blueberry adalah camilan makanan yang mudah dikonsumsi, mengandung vitamin sehat, dan menawarkan perpaduan sempurna antara rasa manis serta asam untuk dimakan saat perjalanan. 

Sebelum mengonsumsinya kamu wajib mencuci terlebih dahulu, biarkan benar-benar kering, lalu bungkus agar siap sebagai camilan perjalanan. Jangan lupa untuk menyimpannya di tempat yang lebih dingin agar tidak rusak.

2. Daging sapi kering 

Makanan sehat yang cocok untuk traveling
Daging sapi kering dengan bumbu. (Gambar: http://traveling.bisnis.com)

Daging sapi kering dengan bumbu atau di Indonesia bisa juga disebut sebagai dendeng merupakan salah satu favorit bagi sebagian orang. Ahli gizi mengatakan seseorang dapat memilih daging sapi, kalkun, dan salmon dengan berbagai rasa yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat mirip. 

Setiap merek memiliki kandungan natrium, protein, dan lemak yang berbeda. Oleh karena itu, sebaiknya membaca dengan cermat sebelum membeli, ya. 

3. Keju 

Makanan sehat yang cocok untuk traveling
Keju. (Gambar: http://pixabay.com)

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) keju yang dibekukan akan bertahan selama dua jam. Kemudian menurut  USDA, keju mozarella ukuran 28 gram bagian skim dengan kelembaban rendah memiliki 80 kalori dan 7 gram protein serta 150 miligram kalsium yang menjadikannya makanan yang baik untuk kesehatan.  

4. Potongan sayur 

Makanan sehat yang cocok untuk traveling
Sayuran segar. (Gambar: http://pixabay.com)

Untuk camilan rendah kalori dan bergizi, disarankan memilih sayuran irisan segar berwarna-warni seperti paprika, wortel, seledri, dan mentimun. Paprika merah mengandung vitamin C yang sangat baik dengan 118 miligram per cangkir.  

5. Buah anggur  

Makanan sehat yang cocok untuk traveling
Buah anggur. (Gambar: http://pixabay.com)

Satu porsi anggur merah atau hijau sekitar 100 gram mengandung kurang dari 70 kalori. Cucilah anggur, simpan dalam tas atau wadah yang tertutup kemudian makan. Bagi para orang tua yang membawa anak-anak dalam perjalanan dapat memotongnya menjadi beberapa bagian.

6. Kacang

Makanan sehat yang cocok untuk traveling
Kacang-kacangan. (Gambar: http://pixabay.com)

Kacang mengandung nutrisi yang padat, tetapi juga padat kalori. Oleh karena itu perhatikan ukuran porsinya. Misalnya, satu porsi almond atau 23 buah kacang dapat berkisar antara 160 hingga 200 kalori.  

7. Selai Kacang  

Selai Kacang, Roti Panggang, Penyebaran, Sarapan, Selai
Selai kacang. (Gambar: http://pixabay.com)

Selai kacang tersedia dalam beberapa jenis seperti almond, jambu mete, kacang tanah, atau berbagai campuran lainnya. Saat dikemas dalam sebuah kemasan, selai kacang dapat dibawa dengan mudah. Didalamnya juga terdapat tambahan protein yang baik atau beberapa merek juga bebas gula dan garam.  

8. Buah kering 

Makanan sehat yang cocok untuk traveling
Buah-buahan. (Gambar: http://pixabay.com)

Sebenarnya banyak pilihan buah kering yang dapat dibawa dalam perjalanan seperti kismis, mangga, nanas, dan aprikot. Buah kering tidak memakan banyak tempat dan tidak berantakan. Tergantung pada apa yang dipilih, buah kering dapat memberikan sejumlah besar nutrisi termasuk kalium dan serat. Satu ons kismis mengandung sekitar 85 kalori.  

9. Popcorn  

Popcorn, Camilan, Asin, Makanan, Makan, Lezat, Putih
Popcorn. (Gambar: http://pixabay.com)

Popcorn yang sudah dikemas cocok untuk dibawa perjalanan. Menurut American Heart Association melaporkan bahwa 2 cup popcorn tanpa garam mengandung sekitar 2,4 gram serat yang dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama.  

10. Makanan campuran 

Makanan sehat yang cocok untuk traveling
Makanan campuran. (Gambar: http://facesia.com)

Makanan campuran ini biasanya yang seimbang dari tiga makanan yakni biji-bijian, buah kering, dan kacang-kacangan juga menjadi pilihan. Namun, tetap harus memperhatikan ukuran porsinya karena padat kalori.

Baca juga: Makanan Sehat Saat Pandemi COVID-19 yang Baik untuk Dikonsumsi

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top