You are here
Home > Travel >

Menelisik Perjalanan 35 Tahun Dufan

Perjalanan Dufan
Bagikan

MediaGo – Tahun ini, Dunia Fantasi Ancol atau Dufan genap berusia 35 tahun. Dunia Fantasi Ancol memulai perjalanannya pada 29 Agustus 1985. Kawasan wahana bermain yang berada di dalam Taman Impian Jaya Ancol dan menjadi tujuan wisata di Indonesia ini punya kisah perjalanan yang panjang sehingga menjadi seperti sekarang ini.

Dunia Fantasi mempunyai maskot berupa kera bekantan yang diberi nama Dufan. Dipilih kera sebagai karakter adalah untuk mengingatkan bahwa Ancol dahulu adalah kawasan kera. Pemilihan kera bekantan adalah semata-mata untuk mengenalkan jenis satwa langka yang kini dilindungi.

Pada awalnya bentuk karikatural kera bekantan ini divisualisasikan oleh Matari Advertising yang ikut serta dalam program komunikasi awal Dunia Fantasi karena pada saat itu Agustinus Teddy Darmanto selaku ketua sekaligus penanggung jawab BenDufa (Bengkel Dunia Fantasi) sangat sibuk dalam tahap penyelesaian akhir.

Oleh karena itu, visualisasi diberikan pada Matari Advertising. namun setelah Dunia Fantasi dibuka untuk umum visualisasi karakter Dufan diambil alih kembali oleh team BenDufa dan terciptalah logo dan maskot Dunia Fantasi si Dufan.

Wahana permainan Ontang Anting di Dunia Fantasi Dufan
Wahana permainan Ontang Anting di Dunia Fantasi (Dufan)

Saat dibuka, kawasan ini memiliki luas 10 hektare dengan 12 wahana yang seru dan memacu adrenalin, kemudian mengalami perluasan menjadi 12 hektare dengan 18 wahana di rentang tahun 1988-1992. Jumlah wahana kemudian ditambah seiring bertambahnya wisatawan yang menghabiskan waktu liburannya bersama keluarga di kawasan ini.

Pada waktu 2002-2012 Dunia Fantasi menambah wahananya dengan total 25 wahana dan luasan 18 hektare lalu bertambah 5 wahana baru pada rentang waktu 2014-2017, sehingga memiliki 30 wahana dengan luas area 19 hektare. Sampai saat ini, area bermain yang ada di dalam Dufan ada 36 wahana dengan kawasan yang lebih luas lagi mencapai 21 hektare.

Baca Juga:  Aman dan Nyaman Menginap di Sahid Serpong

Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali mengatakan, Dunia Fantasi Ancol hadir dengan membawa cerita dalam setiap kawasannya. Di Dunia Fantasi, pengunjung diajak berpetualang dengan 9 kawasan tematik dengan tema arsitektur bangunan dan ornamennya. Ada kawasan Hikayat, Indonesia, Eropa, Yunani, Jakarta, Asia, Amerika, Kidz Fantasy, dan Dunia Kartun.

Sejumlah fasilitas pendukung yang ada di dalamnya juga terus ditingkatkan kualitasnya dan terus mempertahankan pelayanannya dengan standarisasi pelayanan bersertifikat ISO 9001-2005. Diharapkan dengan selalu hadirnya wahana baru di kawasan ini dapat menambah kebahagiaan dan kegembiraan seluruh anggota keluarga.


Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top