You are here
Home > Kesehatan >

7 Manfaat Makanan Pedas Untuk Kesehatan, Bisa Lawan Sel Kanker!

manfaat makanan pedas

MediaGo – Banyak orang beranggapan, makanan pedas bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan, penyakit usus, dan lain sebagainya. Namun tahukah kamu, ternyata ada beberapa Manfaat Makanan Pedas untuk Kesehatan yang mungkin belum diketahui.

Kamu salah satu pecinta makanan pedas? Makanan pedas memang bisa melezatkan semua makanan bagi yang mencintainya. Namun, untuk mereka yang tidak suka pedas, kamu harus mencobanya mulai dari sekarang sedikit demi sedikit karena ternyata makanan pedas ini bisa menyehatkan tubuh.

Manfaat Makanan Pedas Untuk Kesehatan

manfat makanan pedas untuk kesehatan
Manfaat makanan pedas untuk kesehatan / Kumparan

Mengutip dari berbagai sumber terpercaya (4/08/21), berikut ini 7 manfaat yang akan kamu dapat jika mengonsumsi makanan pedas.

1. Meningkatkan Harapan Hidup

Makan makanan pedas, bahkan setiap sekali sehari, diklaim dapat menurunkan angka kematian hingga 14 persen.

Pernyataan tersebut diungkap oleh sebuah studi besar di tahun 2015 oleh Pusat Nasional Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Harvard dan Cina.

2. Mempercepat Metabolisme

Data dari berbagai penelitian menunjukkan, bumbu dapur tertentu seperti jinten, kunyit, paprika, dan cabai mampu meningkatkan laju metabolisme dalam tubuh.

Selain itu, Senyawa capsaicin yang terkandung dalam cabai juga bisa memperlambat nafsu makan. Kamu akan merasa lebih kenyang dan mengonsumsi lebih sedikit kalori secara keseluruhan.

3. Melawan Peradangan

Banyak orang berpikir bahwa makanan pedas bisa menyebabkan sakit perut, namun sebuah penelitian menunjukkan, kandungan capsaicin dalam cabai sebenarnya dapat meningkatkan aliran darah ke saluran gastrointestinal.

Studi di tahun 2006 menemukan, capsaicin dapat meningkatkan aliran darah ke lapisan saluran pencernaan dan melindunginya dari kerusakan.

Bukan hanya itu, makanan pedas ternyata bisa berguna juga sebagai antioksidan, mengurangi peradangan dan membantu proses pencernaan dengan melawan bakteri berbahaya yang bisa menyebabkan infeksi.

Baca Juga:  Wajib Tahu, Ini Barang-Barang yang Tidak Boleh Dipinjamkan ke Orang Lain

4. Membantu Melawan Sel Kanker

capcaisin dalam cabai
Capcaisin dalam cabai bisa membunuh sel kanker / Healtline

Begitu banyak manfaat Capsaicin dalam cabai, salah satunya yakni terbukti memperlambat dan menghancurkan sel kanker.

Sebuah studi UCLA menemukan, capsaicin mampu menghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada tikus sambil menjaga sel sehat agar tidak terluka.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Banyak Studi menemukan bahwa makanan pedas dapat meningkatkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Seperti yang sudah disebutkan diatas tadi, Capsaicin dapat mengurangi peradangan, yang mana telah terbukti menjadi faktor risiko penyakit jantung. Selain itu, makanan pedas juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

6. Membunuh bakteri

Rempah-rempah seperti Jintan dan kunyit memiliki sifat antioksidan dan antimikroba yang kuat. keduanya dapat melawan bakteri berbahaya yang bisa merusak tubuh.

7. Mengurangi Rasa Sakit

Manfaat lain dari senyawa Capsaicin Topikal dalam cabai yaitu dapat membantu memblokir pesan ke saraf, sehingga membantu seseorang mengurangi sensasi rasa sakit.

Sebuah Studi yang dilakukan tahun 2011 menemukan bahwa aplikasi 60 menit dari patch konsentrasi tinggi yang mengandung 8 persen capsaicin mampu memberikan pereda nyeri yang efektif pada pasien dengan nyeri neuropatik (saraf) hingga 12 minggu.

Nah itulah tujuh manfaat baik makanan pedas untuk kesehatan tubuh. Walaupun memiliki banyak manfaat, akan tetapi kamu juga harus tetap membatasi asupan makanan pedas setiap hari karena bisa menyebabkan mulas. Semoga bermanfaat!

Bagikan
Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top