SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Wednesday, July 17, 2024
spot_imgspot_img
HomeTravelSubhanallah, Ini 10 Masjid Unik Dengan Arsitektur Paling Menakjubkan di Dunia

Subhanallah, Ini 10 Masjid Unik Dengan Arsitektur Paling Menakjubkan di Dunia

MediaGo – Masjid merupakan tempat beribadah bagi umat Islam yang kental dengan suasana religius. Walaupun begitu, bukan berarti desain mesjid itu kaku, semuanya sama, atau tak enak dilihat. Ada juga masjid unik di berbagai penjuru dunia.

Seperti beberapa masjid berikut ini yang memiliki desain arsitektur sangat unik dan menjadi landmark suatu wilayah.

Daftar Masjid Unik di Dunia

Penasaran bagaimana bentuknya? Berikut 10 Masjid dengan arsitektur ter- unik di dunia yang berhasil kami rangkum hanya untuk kamu semua.

1. Masjid Faisal

Masjid unik
Sumber : CNN Indonesia

Masjid ini letaknya berada di kaki bukit Margalla di Islamabad, Masjid Faisal merupakan masjid terbesar di Pakistan dan menjadi masjid ke-tiga terbesar di dunia.

Berbeda dengan masjid-masjid biasanya yang berkubah bulat, bentuk kubah Masjid Faisal ini berupa segitiga serba lancip, mirip tenda Suku Badui yang bermukim di gurun pasir Jazirah Arab.

Mesjid unik ini mulai dibangun pada tahun 1976 dengan dana santunan sebesar US$120 dari Raja Arab Saudi pada saat itu, Faisal. Makanya masjid tersebut diberi nama Masjid Faisal.

2. Masjid Nasser

Masjid unik
Sumber : Twitter

Mesjid dengan arsitektur unik selanjutnya ini dbangun pada 1981 di Kuwait. Masjid Mohammed Nasser el Sabah mungkin menjadi satu-satunya desain masjid di dunia yang memiliki bentuk layaknya piramida.

Dikenal sebagai pyramid mosque, masjid ini berbentuk mengerucut pada bagian atas dan masjid ini dilengkapi sebuah kubah pada bagian puncaknya.

Bukan hanya sebagai tempat ibadah, di dalam masjid ini juga terdapat sebuah perpustakaan yang menjadi pusat riset Islam. Arsitektur paling menakjubkan ini terletak di aula tempat salat yang berada di dalam gedung berbentuk piramida sebesar 30 x 26 meter tersebut. Wah jadi pengen kesana.

3. Masjid Islamski Center

Masjid unik
Sumber : Rijeka za sve

Pusat kebudayaan Islam yang terbilang baru hadir ini memancing banyak perhatian karena desain “igloo”-nya, lengkap dengan menara indah setinggi 23m.

Masjid ini dibangun di atas ketinggian dengan pemandangan lapang dan juga dilengkapi dengan restoran, masjid ini merupakan tempat yang nyaman bagi para muslim untuk bersilaturahmi.

4. Masjid Mashkhur Jusup

Masjid unik
Sumber : Kontraktor Kubah

Masjid Mashkur Jusup menjadi salah satu masjid terbesar di negara Kazakhstan. Masjid yang berdiri di atas lahan seluas 6 hektare ini mampu menampung kurang lebih 1.500 jemaah.

Bentuknya yang sangat unik akan membuat siapa saja yang melihatnya berimajinasi. Bila dilihat dari luar, masjid berwarna hijau toska ini terlihat seperti topi tentara Jepang zaman dahulu. Bangunan masjid seakan seperti topi dan pintu berbentuk kotak terlihat layaknya wajah yang sedikit tertutup malu-malu.

Mashkur Jusup dirancang oleh tim dari Almaty Gipro Gor Institute yang merupakan pusat kajian arsitektur yang bermarkas di ibu kota Kazahstan.

Masjid Mashkhur Jusup ini sudah berdiri sejak tahun 2001 silam. Nama masjid tersebut diambil dari sejarawan dan penyair islam asal Kazakhstan, Mashkhur Jusup.

Dasar bangunan ini berbentuk segi delapan dengan diameter 48 meter yang mengerucut ke atas seperti dome.

Sementara tinggi masjid ini mencapai 63 meter. Tinggi bangunan tersebut dipilih sebagai simbol Nabi Muhammad SAW yang hidup selama 63 tahun.

5. Masjid Agung Samarra

Masjid unik
Sumber : Tribun Travel

Masjid agung Samarra merupakan salah satu tempat ibadah terbesar yang pernah dibangun di dunia Islam. Masjid tersebut dibangun sekitar abad ke-9 Masehi atas perintah Khalifah Al-Mutawakkil, yakni khalifah ke-10 dari Dinasti Abbasiyah, yang berkuasa di Samarra dari tahun 833 hingga 842 M.

Masjid unik yang terletak di sisi timur Sungai Tigris ini, letaknya tidak jauh dengan ibu kota Irak, Baghdad hanya sekitar 125 kilometer ke arah utara.

Dalam makalahnya yang berjudul The Mosque of al-Mutawakkil, dosen Arkeologi Universitas Durham, Dr Derek Kennet, memaparkan, Masjid Agung Samarra mulai dibangun pada 836 M dan konstruksinya selesai dalam waktu yang cukup lama, yakni 52 tahun.

6. Masjid Jamiul Alfar

images 28 2
Sumber : Twitter

Masjid Jamiul Alfar adalah salah satu masjid tertua yang berada di Kota Kolombo dan merupakan ikon pariwisata di Ibu Kota Sri Lanka tersebut. Ciri khas desain arsitektur dari masjid ini adalah ornamen atau dekoratif dinding belang merah dan putih yang menghiasi bagian luar bangunan masjid tampak sangat indah.

Namun, dibandingkan warna putih, warna merah tampak lebih mendominasi dinding masjid unik ini. Karenanya, ada yang menyebut masjid ini dengan nama Samman Kottu Palli (dalam bahasa Tamil asli, red), atau Rathu Palliya (dalam bahasa Sinhala, red), dan Masjid Merah (dalam bahasa Inggris, red). Dalam bahasa Arab, aslinya bernama Jami’ al-Azhfar.

Masjid yang berada di daerah sentra bisnis Kota Kolombo, Pettah. Tepatnya di perempatan jalan Puraokottai yang merupakan jalanan terbesar kedua di Kolombo ini mulai dibangun pada tahun 1908 dan selesai di tahun 1909. Bangunan masjid ini dirancang oleh HL Saibo Lebbe.

7. Masjid Nasir Al-mulk

Masjid unik
Sumber : Tribun Travel

Masjid yang dikenal dengan jendela kaca Orsi peninggalan Persia ini menciptakan pantulan cahaya yang indah di bagian dalam masjid.

Rumah ibadah yang dibangun sejak akhir abad ke-19 ini dipenuhi oleh ukiran indah dan detail di bagian luar dan dalam masjid yang menjadikan mesjid ini menjadi salah satu masjid paling unik di dunia.

8. Mesjid Agung Koln

images 30
Sumber : Detikcom

Masjid Agung Koln menjadi salah satu ikon bersejarah keberadaan umat Muslim di Jerman. Meski jumlah umat Muslim di Jerman tidak begitu banyak,yakni hanya sekitar 5,4 persen dari populasi keseluruhan pada 2015, Masjid Agung Koln berdiri kokoh dan menjadi salah satu masjid terbesar yang ada di Eropa.

Jalan panjang harus ditempuh terlebih dahulu sebelum masjid itu berdiri. Penolakan kuat sempat diberikan warga setempat sejak 2007 hingga akhirnya Dewan Kota Koln menyetujui pembangunan Masjid Agung Koln itu pada Agustus 2008.

Masjid Agung Koln terletak di Distrik Ehrenfeld, Koln, dekat dengan destinasi wisata setempat seperti bioskop serta taman. Masjid itu juga mudah dijangkau sebab terletak sekitar dua kilometer dari Stasiun Utama Koln.

Pembangunan Masjid Agung Koln ini menelan biaya yang cukup besar, sekitar 15-20 juta Euro yang didanai Diyanet İşleri Türk İslam Birliği (DITIB).

9. Masjid Agung Xi’an

images 31
Sumber : CNN Indonesia

Dari namanya saja sudah jelas bahwa masjid ini berdiri di negara China. Sebagai masjid terbesar dan tertua di dataran Tiongkok, tak heran apabila masjid dengan arsitektur khas Asia Timur ini terdaftar ke dalam daftar Warisan Budaya Islam UNESCO.

Destinasi wisata populer ini masih aktif dan berfungsi sebagai tempat ibadah hingga saat ini.

10. Masjid Agung Djenne

images 34
Sumber : BBC News

Masjid unik yang satu ini seluruh bahan bangunannya terbuat dari tanah cair (lumpur). Masjid yang diberi nama Masjid Agung Djenne berada di wilyah Farmantala, kota tua Djenne, Mopti, Republik Mali.

Masjid unik tersebut dibangun pertama kali pada 1240 M oleh penguasa Djene, Sultan Koii Kunboro, ini awalnya adalah sebuah istana. Setelah ia memeluk Islam, bangunan tersebut dialihfungsikan menjadi masjid untuk ibadah. Untuk ukuran Afrika ketika itu, bangunan tersebut pun sudah sangat mewah. Kesan tersebut seperti yang disampaikan oleh penguasa Djene, Syekh Amadou, pada awal abad ke-19.

Nah itulah sepuluh masjid unik yang memiliki desain atau arsitektur paling menakjubkan di dunia. Kamu mau mengunjungi yang mana dulu nih, guys?

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular