SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Sunday, April 7, 2024
spot_imgspot_img
HomeTravel4 Curug yang Wajib Kamu Kunjungi Ketika Liburan Ke Geopark Ciletuh

4 Curug yang Wajib Kamu Kunjungi Ketika Liburan Ke Geopark Ciletuh

Mediago.id – Ngomongin soal tempat wisata di Sukabumi seperti curug memang gak ada habisnya. Seperti salah satunya yakni Geopark Ciletuh yang menjadi salah satu Global Geopark yang sudah di akui dan dicatat oleh UNESCO.

Geopark Ciletuh yang letaknya berada di Pelabuhan Ratu, Kabupateb Sukabumi, Jawa Barat termasuk ke dalam zona yang telah mendapatkan perhatian dunia lho guys. Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam eksotis ketika berkunjung kesana.

Curug di Kawasan Taman Wisata Geopark Ciletuh, Sukabumi

Kawasan ini memiliki luas sekitar 128.000 hektare dan mencakup 74 desa di delapan kecamatan, yakni Kecamatan Cisolok, Kecamatan Cikakak, Kota Pelabuhan Ratu, Kecamatan Simpenan, Kecamatan Waluran, Kecamatan Ciemas, Kecamatan Ciracap, dan Kecamatan Surade. Dengan luasnya ini, jumlah objek wisata yang bisa kalian datangi di Geopark Ciletuh inipun sangat banyak, mencapai kurang lebih 70 obyek wisata. Wah gila sih banyak banget.

Rekomendasi Curug yang Wajib Dikunjungi di Geopark Ciletuh

Ada banyak Curug dengan pesonanya tersendiri yang mdmbuat kamu akan betah berlama-lama disana. Lalu, curug mana saja yang menarik untuk kita coba ketika berlibur ke Geopark Ciletuh?

Berikut ini MediaGo sudah merangkum beberapa tempat Wisata Curug terbaik dan menjadi favorit pelancong ketika berkunjung ke sukabumi yang diambil dari berbagai sumber.

1. Curug Cikaso

Air terjun yang masih alami dengan panorama alam yang sangat indah menjadi salah satu alasan kamu harus berkunjung ke curug cikaso ini. Letaknya berada di Ujung Genteng dan orang seringkal menyebutnya dengan nama sebutani Curug Luhur, namun beda dengan Curug Luhur di Bogor ya.

Terdapat 3 titik curahan dari Curug cikaso ini sobat. Titik curahan pertama bernama Curug Aseupan, kedua Curug Menong dan terakhir Curug Aki.

Curug Cikaso di Geopark Ciletuh, Sukabumi

Curug Cikaso memiliki ketinggian sekitar 80 m dengan lebar 100 m. Curug yang bermuara di Muara Tegal buleud Kabupaten Sukabumi ini mempunyai kolam dengan air yang berwarna biru kehijauan. Pokoknya indah banget deh!!

Curug Cikaso ini sangat indah dinikmati ketika debit air sedang melimpah, karena saat itu curahan air dari Curug Cikaso akan menjadi lebih deras. Tidak hanya itu, gemuruh suaranya pun akan menjadi lebih dahsyat.

Perlu diketahui, jjika kamu ingin pergi kesana harus sangat berhati-hati. Karena untuk mencapai ke lokasi air terjun, kamu harus berjalan kurang lebih 1 km.

Curug Cikaso di kawasan Geopark Ciletuh, Sukabumi

Namun jika kalian ingin perjalanan yang lebih mudah, kamu dapat menyewa perahu dengan biaya sekitar Rp60 ribu, dengan kapasitas 10 orang. Kamu juga bisa menyewa pemandu dengan biaya Rp50 ribu sampai Rp70 ribu. Harga tiket masuk dihitung per mobil yaitu Rp27 ribu, ditambah uang parkir yang begitu ramah dikantong yakni Rp6.000. Untuk Anda yang berjalan kaki, Anda hanya perlu membayar Rp5.000 saja untuk bisa masuk.

2. Curug Luhur, Cigangsa

Letak curug ini berada di Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Curug Cigangsa memiliki banyak nama lain seperti misalnya Curug Luhur. Keunikannya terletak pada tiga tingkatannya yang terbentuk akibat gempa.

Hal unik lainnya yang dimiliki oleh air terjun yang satu ini adalah dindingnya terbuat dari batu dengan warna kehitaman dan berfungsi sebagai landasan air mengalir dari atas.

Curug Luhur, Cigangsa di Geopark Ciletuh, Sukabumi

Debit airnya kecil karena hulunya dipakai untuk keperluan irigrasi. Namun, jika musim hujan debit air bisa menjadi sangat deras.

Para pengunjung yang datang bisa melihat keindahan air terjun dari dua arah, dari atas dan bawah. Di sekitar air terjun masih banyak terlihat pepohonan hijau yang menyegarkan. Hal itu menjadikan suasana dan hawa disana menjadi sangat sejuk dan nyaman.

Curug Luhur, Cigangsa di Geopark Ciletuh, Sukabumi

Di sekitar air terjun, terdapat sebuah batu yang cukup unik dan menjadi pusat perhatian para wisatawan. Wisata yang dibuka selama 24 jam ini dapat kita nikmati hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp3.000. saja.

3. Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung merupakan salah satu koleksi air terjun yang berada di dalam kawasan Geopark Ciletuh, Sukabumi. Air terjun ini mengalir dari ketinggian kurang lebih 50 m dari tebing Kampung Cimarinjung. Posisinya langsung menghadap ke arah Samudera Hindia.

https://www.instagram.com/p/CEUJCa_hWH0/
Curug Cimarinjung di Geopark Ciletu, Sukabumi

Curug ini mengalir di antara tebing batuan yang tinggi serta dikelilingi oleh hutan dan persawahan. Wisata Curug Cimarinjung terletak di tebing yang dilindungi oleh hutan.

Oleh karena itu, pengunjung harus melewati rute yang cukup menantang. Anda bisa menyaksikan megahnya aliran Curug Cimarinjung yang berada di tengah bentangan tebing yang tinggi.

Airnya mengalir ke telaga dengan pagar batu alami di sekelilingnya. Derasnya air, terutama pada musim hujan, membuat curug ini terlalu berbahaya untuk dieksplorasi dari jarak dekat.

Meski begitu, pengunjung memiliki beberapa alternatif pilihan untuk mengagumi keindahan area air terjun dari dermaga yang terdapat di ujung jalan setapak atau dari sungai yang mengalir di bawahnya.

https://www.instagram.com/p/CEUIpKlhLbx/
Curug Cimarinjung di Geopark Ciletu, Sukabumi

Air terjun ini mengalir di bentangan dinding tebing batu yang megah. Pemandangannya akan tampak lebih memukau ketika musim kemarau.

Pengunjung bisa menyaksikan kekokohan tebing yang terbentuk secara alami sejak zaman dahulu. Lokasinya di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Anda dapat mengunjungi curug ini secara membayar dengan sukarela

4. Curug Sodong

Air yang mengalir dengan megah dari ketinggian 20 meter di dinding tebing Ciletuh, membuat air terjun ini dengan mudahnya disaksikan dari jarak jauh tanpa halangan. Curug yang juga dikenal sebagai Curug Kembar dan Curug Pengantin ini mengalir di ketinggian tebing di tengah hutan.

Daya tarik utama yang menjadi asal-usul dari namanya adalah gua sempit “sodong” yang berada di bawahnya. Asal kata “sodong” yang menjadi nama dari air terjun ini dapat ditemukan dari bagian bawah alirannya.

Curug Sodong di Geopark Ciletuh

Jika dilihat baik-baik, akan tampak sebuah ruang sempit. Ruang yang disebut sebagai “sodong” yang merupakan hasil dari tebing batu yang nyaris menghimpit tanah.

Ruang inilah yang menjadi daya tarik utama air terjun. Keberadaannya membuat dinding tebing tempat mengalirnya air terjun seolah melayang.

Gua ini seringkali dijadikan lokasi pertapaan atau pengasingan. Terletak di kawasan Geopark Ciletuh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, lokasinya dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Curug Sodong di Kawasan Geopark Ciletuh, Sukabumi

Pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Harga tiket masuk kawasan Curug Sodong tidak sampai menguras kantong. Cukup mengeluarkan uang Rp10 ribu per orang, Anda dapat menikmati pesona dari Curug Sodong dan tidak memikirkan biaya parkir kendaraan lagi.

Nah itulah beberapa Curug yang wajib kamu datangi ketika berlibur ke Geopark Ciletuh yang berada di Sukabumi. Tentunya masih banyak lagi disana wisata curug yang menawan. Selamat berlibur 🙂

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular