You are here
Home > Travel >

5 Negara dengan Living Cost Termurah di Dunia

Negara dengan living cost termurah

Sebagian orang, mungkin ada yang memiliki keinginan untuk tinggal di luar negeri. Tentunya keinginan tersebut pasti karena berbagai macam alasan seperti menikmati suasana dan bertemu orang-orang baru. Namun sebelum itu, sebaiknya ketahui dulu yuk negara dengan living cost termurah. Berada di mana saja, ya?

Ingin tinggal di luar negeri juga bisa karena beberapa alasan lain seperti ingin mengejar karier di negara tertentu. Tentu saja, alasannya bisa berbagai macam kemungkinan, tetapi yang jelas menetap di luar negeri memang menjadi keinginan sebagian orang. 

5 Negara dengan living cost termurah

Bagi sebagian orang yang ingin menetap tinggal di luar negeri, masalah living cost tentu menjadi pertimbangan paling utama. 

Harus diakui bahwa biaya hidup merupakan faktor yang harus dipertimbangkan matang-matang sebelum kamu memutuskan hijrah ke luar negeri. Indonesia sendiri, dilansir dari Wealthy Gorilla, merupakan salah satu negara dengan living cost termurah di dunia. Bahkan, menurut World Population Review, di tahun 2021 Indonesia menempati urutan ke-47 negara dengan living cost index terkecil di dunia.

Tinggal di luar negeri memang mengharuskan kamu untuk beradaptasi dengan living cost baru. Oleh sebab itu, perlu kamu ketahui dulu, ini negara dengan living cost termurah di dunia yang kamu bisa lirik. 

1. Vietnam

Negara dengan living cost termurah
Vietnam. (Gambar: http://Tribunnews.com)

Masih di kawasan Asia Tenggara, Vietnam merupakan salah satu negara dengan living cost termurah di dunia. Negara beribukota Hanoi ini menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di Asia Tenggara. 

Dilansir dari International Living, harga-harga di Vietnam dapat lebih murah 5-25% dibandingkan harga-harga di negara-negara lain di Asia Tenggara. Vietnam punya beberapa kota besar yang kamu bisa pilih, seperti Hanoi, Ho Chi Minh City, dan Da Nang. Biaya hidup di Vietnam sekitar 3% lebih tinggi daripada di Indonesia. 

Baca Juga:  Tak Perlu Khawatir, Ini 7 Tips Solo Traveling yang Aman!

Biaya sewa apartemen di pusat kota bisa mencapai 5,8 juta rupiah per bulan. Namun, untuk biaya makan sehari-hari, kamu bisa merogoh kocek mulai dari 18 ribu rupiah saja, lho! 

2. Peru

Negara dengan living cost termurah
Peru. (Gambar: http://agolf.xyz)

Peru adalah negara dengan living cost termurah yang juga bisa kamu kunjungi. Negara beribukota Lima ini terkenal dengan Machu Picchu, kota kuno suku Inca di pegunungan Andes. Buat kamu penyuka petualangan, tentunya Peru akan menjadi destinasi yang menarik. Apalagi, menurut Numbeo, living cost di Peru 8,96% lebih murah dibandingkan di Indonesia. 

Biaya tempat tinggal di Peru pun tidak begitu mahal. Apartemen atau hunian di pusat kota ditawarkan dengan biaya sewa dari 2,5-12 juta per bulan. Untuk makan pun, kamu masih bisa berhemat.

3. Thailand

Negara dengna living cost termurah
Thailand. (Gambar: http://m.traveloka.com)

Bicara soal negara dengan living cost termurah, Negeri Gajah Putih juga menjadi salah satunya. Thailand bisa jadi salah satu destinasi hijrah kamu yang masih nggak begitu jauh dari Indonesia. Beribukota Bangkok, Thailand punya beberapa kesamaan dengan Indonesia, seperti zona waktu dan iklim. 

Soal biaya hidup, Thailand juga tidak jauh beda dengan Indonesia. Dilansir dari Go Abroad, biaya sewa apartemen studio mulai dari 150 dolar AS atau sekitar 2,1 juta rupiah. 

Untuk makan, kamu bisa mendapatkan berbagai menu yang bikin kenyang hanya dengan bermodalkan 15-20 ribu rupiah. 

4. Polandia

5 Fakta Unik Polandia, Negara 'Kembaran' Indonesia, Sudah Tahu?
Polandia. (Gambar: http://idntimes.com)

Negara-negara Eropa terkenal dengan biaya hidupnya yang tinggi. Namun, masih ada beberapa negara Eropa dengan biaya hidup yang lebih ramah di kantong, dan Polandia adalah salah satunya. 

Dilansir dari Nomad Guide, Polandia punya banyak pilihan kota dengan biaya hidup yang lebih terjangkau. Biaya hidup di Polandia berkisar antara 500-1100 euro, atau sekitar 8,5-18,7 juta rupiah. Negara asal komposer klasik Frederic Chopin ini juga menawarkan biaya tempat tinggal yang relatif “ramah” di kantong. 

Baca Juga:  Bikin Merinding, Ini 10 Tempat Wisata Horor di Indonesia

Dilansir dari Numbeo, biaya sewa apartemen satu kamar berkisar 5,5-13 juta rupiah per bulan. Untuk makan, kamu harus merogoh kocek 55-167 ribu rupiah. Di Indonesia, biaya ini memang terbilang mahal sih. Namun, dibandingkan negara-negara Eropa yang lain, Polandia memberi keringanan finansial yang lebih besar.

5. Meksiko

Negara dengan living cost termurah
Meksiko. (Gambar: http://tfamanasek.com)

Meksiko juga ternyata salah satu negara dengan living cost termurah di dunia. Dilansir dari Numbeo, biaya hidup di Meksiko hanya 2,34% lebih tinggi daripada di Indonesia. 

Kemudian seperti dilansir dari Wealthy Gorilla, biaya hidup di Meksiko mulai dari 587 dolar AS per bulan atau sekitar 8,5 juta rupiah. Di kota-kota yang lebih kecil, biaya sewa apartemen satu kamar mulai dari 3,7 juta rupiah per bulan. 

Itulah beberapa negara dengan living cost termurah yang bisa menjadi pilihan kamu jika ingin tinggal di luar negeri. Semoga bermanfaat, ya. 

Baca juga: 5 Negara dengan Waktu Puasa Terlama di Dunia

Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top