SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Sunday, April 14, 2024
spot_imgspot_img
HomeTravel5 Ide Kegiatan Mengisi Liburan Sekolah Anak yang Seru dan Low Budget

5 Ide Kegiatan Mengisi Liburan Sekolah Anak yang Seru dan Low Budget

Yuk buat liburan sekolah anak lebih seru murah meriah!

Senangnya liburan sekolah sudah dimulai! Tidak ada salahnya Anda untuk membantu mengisi kegiatan mengisi liburan sekolah anak untuk menghabiskan waktu. 

Ada banyak cerita kegiatan selama mengisi liburan sekolah dirumah, muali berkunjung ke tempat wisata atau jalan-jalan ke luar kota. Buat Anda yang tidak memiliki budget untuk ke luar kota tidak perlu berkecil hati, karena tetap dapat memberikan kegiatan saat liburan sekolah.

Karena kuncinya memang ada di orang tua untuk memberikan fasilitas mengisi liburan sekolah. Anak jadi tetap memberikan cerita aktivitas selama liburan sekolah dengan bahagia. 

Baca Juga : 5 Tips Mudah Liburan Akhir Tahun Bersama Sekeluarga

Apa saja yang bisa dilakukan saat libur sekolah? Banyak! Berikut ide mengisi liburan sekolah anak!

5 Ide Mengisi Liburan Sekolah Anak yang Seru dan Murah Meriah

1. Buat daftar ide liburan bersama anak

membaca buku liburan anak

Ajaklah anak untuk membuat daftar ide apa saja kegiatan untuk mengisi liburan sekolah bersama. Masukkan hal yang penting seperti tetap ada jadwal membaca, belajar dan berolahraga dengan porsi yang lebih singkat dibanding saat mereka sekolah. Ini akan membuat mereka tetap ingat dengan pelajaran di sekolah dan ketika masuk sekolah tidak lupa. 

Selain itu, mintalah anak untuk memasukkan dalam daftar hal yang dia ingin lakukan saat liburan. Dengan mengajak berdiskusi, orang tua akan lebih mengerti kebutuhan anak apa saja.

2. Berenang dan bermain air

Semua anak pasti menyukai kegiatan berenang dan bermain air. Kalau ada budget, anda bisa mengajak anak ke kolam renang. Tapi jika budget anda menipis, tidak ada salahnya berenang dengan kolam air anak di halam rumah.

Baca Juga : Ragam Olahraga untuk Meninggikan Badan yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Bisa juga saat turun hujan, anak diajak untuk mandi hujan. Tapi pastikan anak sehat, lalu anak langsung mandi setelah selesai dan menghangatkan diri agar tidak terserang penyakit.

3. Asah hobi anak

Lihat hobi anak dan inilah saat yang tepat untuk menyalurkan hobinya. Bila anak suka melukis sediakan peralatan menggambar dan mewarnai. Jika anak suka musik, arahkan pada alat musik yang kira-kira dia suka. Atau kalau anak suka menari, tidak ada salahnya melihat video menari dan nanti anak meniru gerakannya. 

Biarkan kreativitas mereka terasah dengan baik saat senggang selama liburan sekolah. 

4. Membersihkan kamar dan rumah bersama

Karena masuk semester baru, ajak anak untuk memilah buku-buku pelajaran yang sudah tidak terpakai lagi. Termasuk buku-buku bacaan yang sudah dibaca dan yang belum dibaca. 

Mainan-mainan lama juga bisa mulai dipisah, baju-baju yang mulai kecil dan barang lain yang sudah tidak digunakan lagi juga sama. Ini akan menstimulasi anak untuk belajar jiwa decluttering, di mana nanti dia akan menggunakan barang yang dibutuhkan saja.

Ajak anak juga untuk membersihkan kamar dan rumah bersama-sama. Sehingga rumah menjadi lebih nyaman.

5. Berkemah di halaman rumah

Ide-Mengisi-Liburan-Sekolah-Anak-yang-Seru-dan-Murah-Meriah

Salah satu hal seru yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan sekolah adalah berkemah di halaman rumah. Bisa dilakukan di dalam rumah sebenarnya, selama space rumah memungkinkan. Anak dijamin senang apalagi kalau nanti tidurnya bersama-sama di dalam kemah.

Baca Juga : 5 Kota di Indonesia yang Terkenal Murah, Cocok Buat Liburan Pas Lagi Kere!

Kegiatan mengisi liburan sekolah ini akan membuat kedekatan orang tua dengan anak lebih besar. Dan anak akan senang bercerita ketika ditanya kemana saja liburan sekolahnya, walau hanya di rumah saja. 

Dengan begitu jadi tidak perlu khawatir lagi kan, karena ternyata liburan di rumah saja tetap bisa mengasikan. Selamat mengisi liburan sekolah anak!

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular