You are here
Home > Gaya Hidup > Olahraga >

Ragam Olahraga untuk Meninggikan Badan yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Olahraga Penderita Penyakit Jantung
Bagikan

Salah satu cara untuk meninggikan badan bisa dengan rutin melakukan olahraga. Namun tak perlu melakukan olahraga berat, berikut ini ragam olahraga untuk meninggikan badan dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Tubuh tinggi yang ideal

ragam olahraga untuk meninggikan badan
Tinggi tubuh yang ideal. (Gambar: http://pexels.com)

Memiliki tubuh tinggi yang ideal merupakan idaman bagi banyak pria dan wanita. Namun, pada kenyataannya setiap orang tumbuh dengan kecepatan yang berbeda. Sebagian besar orang membutuhkan usaha ekstra agar badan bisa tumbuh tinggi.

Menurut Healthline, pertumbuhan manusia berkembang pesat saat menginjak masa pubertas. Pada masa pubertas, kecepatan pertumbuhan manusia secara umum bisa mencapai 10 cm per tahun. Meski begitu, tidak semua orang tumbuh dengan kecepatan yang sama. Pertumbuhan tinggi badan akan berhenti saat masa pubertas berakhir. Dengan demikian, praktis orang dewasa tidak mungkin lagi bertambah tinggi badan.

Mengutip Medical News Today, hal tersebut terjadi karena setelah pubertas berakhir, lempeng tulang akan membuat tulang baru. Kemunculan tulang baru dimulai dari bagian tangan dan telapak kaki, lalu lengan dan kaki. Area terakhir yang berhenti tumbuh adalah tulang belakang. Namun, sebelum mengetahui jenis olahraga meninggikan badan di rumah, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa faktor yang memengaruhi pertumbuhan badan.

Faktor yang memengaruhi pertumbuhan tinggi badan

Seperti melansir dari laman CNN Indonesia, berikut ini faktor-faktor penting yang memengaruhi pertumbuhan tinggi badan seseorang: 

1. DNA

DNA merupakan sebuah rangkaian molekul yang berisi informasi genetik mutasi sel biologi yang diwariskan secara turun-temurun. DNA menjadi salah satu faktor penentu tinggi badan seseorang. Para ilmuwan telah memilah dan mengidentifikasi ratusan gen berbeda yang menentukan tinggi badan manusia.

2. Hormon

Hormon juga memainkan peran dalam menentukan tinggi badan. Tubuh secara alami memproduksi hormon tertentu yang memicu pertumbuhan lempeng tulang selama masa pubertas. Hormon pertumbuhan paling penting diproduksi tubuh di kelenjar pituitari.

Baca Juga:  Selain Greysia, 7 Pebulutangkis Indonesia yang Beri Medali Emas

Hormon yang diproduksi oleh kelenjar pituitari membantu mengatur pertumbuhan dan fungsi organ tubuh lainnya. Namun, dalam kondisi kesehatan atau medis tertentu, terjadi pembatasan jumlah hormon pertumbuhan dan berdampak pada melambatnya pertumbuhan tinggi badan.

3. Jenis kelamin

Jenis kelamin disebut turut memengaruhi tinggi badan. Secara umum, laki-laki tumbuh lebih tinggi daripada perempuan. Masa pertumbuhan laki-laki juga lebih lama ketimbang perempuan. Merujuk pada Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, tinggi rata-rata pria adalah 175 cm dan wanita 161 cm. 

Ragam olahraga untuk meninggikan badan

Olahraga secara teratur dapat memperkuat otot dan tulang. Tak hanya itu saja, ketika kamu melakukan olahraga secara rutin, hal itu juga akan mengurangi risiko osteoporosis di kemudian hari. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi kamu untuk rutin berolahraga untuk memperkuat kepadatan tulang, selain mencoba meninggikan badan. Berikut ini ragam olahraga untuk meninggikan badan. 

1. Lompat

ragam olahraga untuk meninggikan badan
Lompat. (Gambar: http://pexels.com)

Melompat sejak dulu diklaim mampu membantu meninggikan badan karena gaya tarikan gravitasi dapat merangsang pertumbuhan kaki jadi lebih panjang. Melompat dapat dilakukan dalam beberapa cara. Kamu bisa mencoba lompat tali atau lompat dengan menyentuh garis buatan sebagai target pada tembok rumah. Lakukan lompat tali sebanyak 40 hingga 100 lompatan setiap hari. Lakukan lompatan sesuai dengan kemampuan tubuh. Jika sudah terbiasa, cobalah tingkatkan intensitas untuk mendapat hasil yang lebih maksimal.

2. Berenang

Gerakan renang membuat semua anggota tubuh mulai dari kaki, lengan, dan pinggul, ikut bergerak. Gerakan tersebut secara perlahan mengembangkan kekuatan otot dan meregangkan tubuh bagian atas dan bawah saat bergerak di dalam air.

Lebih lanjut, disebutkan bahwa gaya dada merupakan gaya renang yang cocok untuk menambah tinggi badan. Untuk hasil optimal, berenang sebaiknya dilakukan rutin tiga kali dalam sepekan

Baca Juga:  7 Tips Bangun Pagi untuk Kamu yang Kesiangan, Auto Melek!

3. Yoga 

ragam olahraga untuk meninggikan badan
Yoga. (Gambar: http://pexels.com)

Beberapa gerakan pada yoga disebut mampu menstimulasi pertumbuhan badan. Tidak hanya menstimulus, gerakan yoga juga membantu memperkuat otot dan memperbaiki postur tubuh Anda sehingga terlihat lebih tegap dan tinggi. Kamu pun juga dapat mengikuti kelas yoga secara daring. Beberapa pose yoga diketahui dapat membantu memperbaiki postur tubuh seperti child pose, standing forward ben, cat cow, high plank, cobra, dan downward facing dog.

4. Bergelantungan 

Jenis olahraga terakhir yang dapat meninggikan badan di rumah adalah pull-up atau yang terlihat seperti bergelantungan. Gaya gravitasi yang menekan tulang belakang dan persendian disebut menjadi faktor penambah tinggi badan. Kamu bisa memanfaatkan kusen pintu kamar atau rumah untuk bergelantungan.

Jika kusen terlalu pendek, bisa mengangkat tubuh ke atas dan menahannya selama beberapa detik. Pastikan posisi telapak tangan menghadap keluar. Buat dirimu rileks dan rasakan sensasi gravitasi pada tulang belakang dan kaki. Lakukan selama 20 detik dan ulangi dalam 3 set. Kamu juga bisa menambahkan beban pergelangan kaki untuk manfaat tambahan. Jika bosan, variasikan dengan gerakan pull up yang bermanfaat bagi otot tubuh bagian atas.

Itulah beberapa ragam olahraga untuk meninggikan badan dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Pertumbuhan tidak didapatkan dalam semalam dan instan. Jadi, untuk mendapatkan hasil terbaik, kamu harus rutin melakukannya, selain itu pastikan asupan gizi dan waktu istirahat tercukupi dengan baik, ya. 

Baca juga: 5 Manfaat Penting Melakukan Pemanasan Sebelum Berolahraga


Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top