You are here
Home > Travel >

Jalur Transportasi Laut Paling Penting Se-Dunia dan 3 Peranannya

transportasi laut

Transportasi Laut – Perkembangan transportasi laut di Indonesia maupun dunia lumayan baik, karena jalur transportasi laut juga merupakan jalur ekonomi dalam sejarah.

Transportasi via laut yang sering dikenal atau dijumpai oleh orang awam adalah kapal pengangkut penumpang dan pengangkut barang. Akan tetapi sebenarnya ada banyak jenis transportasi laut sesuai dengan fungsi dan tugas yang lebih spesifik.

Pengertian transportasi laut sendiri adalah segala jenis transportasi yang dilakukan di laut. Dephub Indonesia mengatakan bahwa Indonesia memiliki 17.000 pulau yang disatukan oleh lautan luas. Oleh karena itu, transportasi via laut berperan sebagai “urat nadi”perekonomian di Indonesia.

Deretan Jalur Transportasi Laut Terpenting di Dunia

Jalur transportasi laut memang jalur transportasi yang telah dikenal sejak dahulu. Masing-masing jalur transportasi memiliki sejarah sendiri-sendiri, bahkan transportasi lewat laut dikenal sebagai jalur perekonomian antar negara. Berikut ini beberapa jalur transportasi lewat laut terpenting di dunia:

  • Terusan Panama
  • Terusan Suez
  • Selat Gibraltar
  • Selat Bosphorus
  • Selat Malaka
  • Bab-el-Mandeb

Peranan Penting Transportasi Laut

Fungsi transportasi lewat laut sejak dahulu memang tidak diragukan lagi. Transportasi via laut memiliki peranan penting dalam perdagangan dunia terutama ASEAN. Tidak sedikit pelaku bisnis memilih jalur transportasi via laut untuk pengiriman barang. Memang jalur laut sangat membantu dalam urusan import barang.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan transportasi via laut:

1.      Biaya Lebih Murah

Banyak sekali pelaku bisnis yang menggunakan transportasi laut karena faktor biaya, terutama ketika mengirimkan barang ke luar negeri. Hadirnya transportasi air ini tentu menjadi solusi yang hemat. Akan tetapi jenis transportasi ini tidak bisa mengirim barang dengan waktu yang cepat.

2.      Terdapat Ruang Cargo yang Lebih Banyak

Pemilihan ruang cargo menjadi faktor utama setelah faktor biaya. Pengiriman barang dengan transportasi via laut sangat cocok jika volumenya sangat besar.

Baca Juga:  Harbholnas RedDoorz Beri Potongan Harga Hingga 99 Persen

Angkutan laut ini memiliki lebih banyak ruang bahkan tidak diberikan batasan. Jasa melalui laut memang bersifat fleksibel dalam hal ruang, dimensi maupun berat.

3.      Fleksibel

transportasi laut

Menggunakan transportasi via laut sangat fleksibel dibandingkan dengan armada lain. Beberapa barang yang dapat dikirimkan melalui angkutan laut adalah barang berbahaya, mudah meledak, barang elektronik berukuran besar, baterai aktif, cairan kimia, parfum dan lain sebagainya.

Pentingnya transportasi via laut tidak hanya dirasakan di Indonesia saja, akan tetapi juga dunia. Bahkan dunia memiliki jalur-jalur transportasi via laut terpenting yang memiliki kesan unik pada masing-masing jalur.

Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top