You are here
Home > Travel >

Tak Perlu Khawatir, Ini 7 Tips Solo Traveling yang Aman!

tips solo traveling
Bagikan

MediaGo – Berpergian sendiri atau solo traveling memang menyenangkan, apalagi kalau kamu tahu tips solo traveling berikut ini. Selain mendapatkan banyak pengalaman, solo traveling juga lebih efisien dan lebih praktis dibandingkan bersama teman. Bisa bebas banyak tempat yang ingin didatangi tanpa harus berunding, kuliner banyak macam makanan, dan pengeluaran juga menjadi lebih teratur hanya untuk kita sendiri.

Bagi beberapa orang, solo traveling bisa menenangkan diri atau healing dari kehidupan yang berat. Namun, khususnya untuk wanita berpergian berlibur sendiri banyak pertimbangan yang harus dipikirkan, terutama masalah keamanan. Untuk kamu yang mau mencoba solo traveling bisa ikuti tips solo traveling di bawah ini supaya kamu tetap aman dan menikmati perjalanan kamu.

1. Siapkan Rencana Perjalanan

Pastikan kamu sudah merencanakan perjalanan kamu dengan matang dan rapih, mulai dari tanggal keberangkatan dan kepulangan, tempat rekreasi yang akan kamu tuju, penginapan pastikan berada di pusat kota atau tidak terlalu dipelosok. Jika kamu muslim, pastikan restoran atau tempat makannya aman dan halal.

Selalu melakukan riset sebelum kamu mengunjungi tempat-tempat tertentu, apakah jarak yang ditempuh jauh atau dekat, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk transportasi, penginapan, makanan, atau belanja. Siapkan juga rencana cadangan jika rencana awal kamu tidak berjalan dengan baik.

2. Jangan Terlalu Banyak Barang

tips solo traveling

Lebih baik tidak terlalu banyak membawa tas, kamu bisa menggunakan tas khusus traveling atau koper yang minimalis supaya kamu tidak kesulitan ketika membawa atau meminimalisir tas kamu tertinggal. Jangan membawa barang yang tidak terlalu penting atau tidak terlalu bermanfaat supaya tidak memenuhi tas bawaan kamu.

Catatlah barang yang akan kamu bawa dan pastikan barang tersebut penting. Catatan tersebut berguna jika kamu sedang mengemas barang-barang kamu kembali, kamu bisa tandai barang tersebut dan memastikan tidak ada yang tertinggal.

Baca Juga:  Sambut Ramadan, HSPB Tawarkan Meeting Package Menarik

3. Selalu Bawa Alat Perlindungan Diri

Untuk menjaga keamanan kamu, selalu bawa alat perlindungan diri. Sudah banyak dibeberapa toko e-commerce yang menjual alat perlindungan diri dengan lengkap, mulai dari pisau kecil, pemecah kaca, alat semprot, dan juga peluit. Pastikan juga alat-alat tersebut selalu kamu bawa kemana-mana, jika hal yang tidak diinginkan terjadi, kamu bisa survive dengan alat tersebut.

Jangan lupa untuk selalu membawa peta atau kompas untuk meminimalisir kamu tersesat ketika melakukan perjalanan, catatlah atau foto gedung, nama jalan, atau meet point dari tempat awal kamu supaya jika tersesat mudah kembali ke tempat yang awal.

4. Selalu Share Location Setiap 5 Jam

tips solo traveling

Teruslah berkomunikasi melalui smartphone dengan orang tua, teman, atau orang yang kamu percaya setiap kamu sedang berpergian, misalkan kamu selalu update lokasi kamu setiap 5 jam sekali supaya orang lain bisa memantau dan mengetahui persis lokasi kamu berada.

Walaupun sudah kembali ke tempat penginapan, tetap update bahwa kamu sudah kembali dan aktivitas yang akan kamu lakukan selanjutnya. Tips lainnya, pastikan smartphone kamu memiliki emergency call supaya lebih mudah jika terjadi sesuatu. Pastikan juga kamu terus mengaktifkan lokasi dan data seluler kamu.

5. Percaya Diri dan Selalu Waspada

Hal terpenting adalah kamu sudah yakin dan percaya diri untuk melakukan solo traveling, jangan ragu atau tiba-tiba berubah pikiran dengan rencana yang sudah kamu lakukan dari awal. Rasa percaya diri yang kamu bangun membantu kamu untuk yakin dan berani untuk melakukan solo traveling.

Meskipun begitu, jangan lupa untuk selalu waspada dengan sekitar. Selalu bersikap hati-hati dan jangan asal menerima pemberian dari orang lain jika kamu tidak kenal, terutama makanan dan minuman. Berani untuk mengatakan tidak dari ajakan orang lain dan jangan pernah memberikan nama asli, tempat penginapan, dan tempat tujuan kamu.

Baca Juga:  Investasi Uni Emirat Arab Kembangkan Sektor Pariwisata Aceh

6. Gunakan Pakaian Nyaman dan Tidak Terlalu Mencolok

Gunakanlah pakaian yang nyaman, tidak terlalu terbuka juga, dan tidak terlalu mencolok. Jangan menggunakan banyak perhiasan yang tidak penting, seperti kalung emas, gelang, atau anting. Lebih baik tidak menggunakan perhiasan berlebihan, kecuali jam tangan untuk mempermudah kamu membagi waktu ketika melakukan perjalanan.

Sebaiknya, gunakan pakaian yang sederhana dan casual jika sedang berada ditempat umum untuk meminimalisir gangguan dari orang-orang sekitar jika pakaian kamu terlalu mencolok. Selalu sesuaikan pakaian kamu dengan situasi atau musim di tempat yang kamu tuju.

7. Jangan Berpergian Malam Hari dan Pulang Terlalu Malam

Selalu membagi waktu dengan baik ketika kamu melakukan perjalanan. Hindari pulang terlalu larut malam, terutama jika kamu pulang menggunakan taksi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Jangan juga berpergian pada malam hari di tempat yang sepi, jika kamu ingin membeli makan malam pastikan tempat tersebut ada banyak orang dan bukan tempat sepi.

Perhatikan waktu yang akan kamu terapkan ketika rencana berpergian kamu dan estimasi waktu tidak terduga seperti kemacetan, antrean, atau hal tidak terduga lainnya. Pastikan tidak pulang larut malam dan keluar pada malam hari.


Bagikan
Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top