You are here
Home > Travel >

Syarat dan Tips Naik Pesawat Saat New Normal, Pastikan Anda Sudah Tahu?

Syarat dan Tips Naik Pesawat Saat New Normal atau PSBB Transisi
Bagikan

Mediago.id – Ketika sudah masuk masa atau era new normal maupun PSBB transisi, semua aktivitas dan fasilitas umum akan kembali dibuka. Kondisi ini akan melakukan adaptasi termasuk juga transportasi umum, salah satu pesawat sebagai alat transportasi udara. Ketika masa pandemi covid-19, penerbangan domestik dan internasional sempat dihentikan demi memutus rantai penyebaran virus corona.

Meskipun sudah kembali dibuka, ini bukan berarti setiap penumpang bisa naik pesawat terbang seperti biasanya. Setiap penumpang dan maskapai penerbangan diharuskan tetap menaati protokol kesehatan, dan mengikuti beberapa syarat yang harus dipenuhi. Berikut ini syarat dan tips naik pesawat saat era new normal!

1. Syarat perjalanan domestik atau dalam negeri

Naik Pesawat untuk Perjalanan Domestik atau Dalam Negeri

Sesuai dengan persyaratan yang diatur oleh tim Gugus Tugas COVID-19 dengan penambahan SE (Surat Edaran) Nomor 7 Tahun 2020 mengenai kriteria dan syarat perjalanan orang di masa new normal dan kebiasaan baru untuk seluruh jenis transportasi umum. Surat tersebut sudah diberlakukan sejak 6 Juni 2020. Berikut syarat perjalanan orang yang dilakukan di dalam negeri.

  • Menunjukkan kartu identitas diri, seperti KTP atau tanda pengenal lainnya yang sah.
  • Menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif yang berlaku tujuh hari atau surat keterangan uji rapid test dengan hasil non-reaktif yang berlaku tiga hari saat waktu keberangkatan.
  • Jika daerah yang akan didatangi tidak memiliki fasilitas tes PCR atau rapid test, maka wajib untuk menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza yang dikeluarkan rumah sakit atau puskesmas disekitar tempat tinggal Anda.
  • Mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi pada perangkat telepon seluler.

2. Syarat perjalanan orang kedatangan dari luar negeri

Syarat perjalanan orang kedatangan dari luar negeri
Gambar: Doc. Merah Putih

Begitu pula dengan orang yang baru saja datang dari perjalanan luar negeri, mereka wajib mematuhi seluruh persyaratan yang dituliskan dalam surat edaran. Berikut beberapa syarat yang harus dipatuhi.

  • Setiap orang yang datang dari perjalanan luar negeri wajib melakukan tes PCR terlebih dulu, jika belum melaksanakan atau belum memiliki surat hasil tes PCR dari negara keberangkatan.
  • Pemeriksaan tes PCR perjalanan orang kedatangan dari luar negeri dikecualikan pada PLBN (Pos Lintas Batas Negara) yang tak memiliki peralatan tes PCR. Sehingga, harus melakukan rapid test dan memiliki surat keterangan bebas gejala, seperti influenza yang dikeluarkan dari rumah sakit atau otoritas kesehatan.
  • Selama menunggu hasil tes PCR, setiap orang wajib menjalani karantina mandiri di tempat khusus yang telah disediakan oleh pemerintah atau memanfaatkan akomodasi karantina, seperti hotel yang sudah mendapatkan sertifikasi penyelanggaraan akomodasi karantina Covid-19 dari Kementerian Kesehatan.
  • Mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi pada perangkat telepon seluler.
Baca Juga:  7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa, Indonesia yang Menakjubkan

3. Tips bepergian dengan pesawat saat new normal

Syarat dan Tips Naik Pesawat Saat New Normal

Selain harus memenuhi persyaratan di atas, kita juga harus bisa menjaga kebersihan dan kesehatan dan mengikuti semua protokol kesehatan selama penerbangan. Jika kamu bepergian dengan pesawat saat new normal, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

  • Tunda perjalanan jika sedang tak enak badan atau dirasa memiliki gejala Covid-19. Jangan sampai kamu menularkan penyakit ke orang lain, tunggu sampai sehat betul.
  • Selalu tutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin. Gunakan tisu atau tangan bagian atas, agar droplet yang keluar tidak bertebaran di udara.
  • Hindari menyentuh wajah, terutama mulut, hidung dan mata selama perjalanan. Ini bertujuan untuk meminimalisir masuknya virus ke dalam tubuh.
  • Gunakan masker selama di bandara, pesawat, dan ketika sudah sampai di tempat tujuan. Bawalah lebih dari satu untuk berjaga-jaga jika kotor atau rusak.
  • Saat akan menggunakan toilet, bersihkan terlebih dahulu dudukannya dengan tisu basah antibakteri. Toilet jadi tempat paling kotor yang ada di dalam kabin pesawat.
  • Rutinlah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, baik sebelum dan sesudah dari bepergian. Dengan begitu, bakteri dan virus yang ada di tangan bisa mati. Bawalah pula hand sanitizer di atas Anda.
  • Jangan sesekali buang sampah sembarangan dalam kondisi apa pun. Apalagi tisu bekas batuk atau bersin, buang sampah tersebut pada tempatnya ya!
  • Hindari menyentuh banyak benda, seperti gagang kursi dan pintu, jendela, tangga, dan lainnya. Jika terlanjur, langsung cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Itulah beberapa syarat dan tips melakukan perjalanan dengan pesawat di masa new normal. Pastikan dokumen dan berkas yang dibawa sudah lengkap, biar tidak terjadi masalah nantinya.

Baca Juga:  Santika Premiere Bintaro Tawaran Paket Menginap Menarik

Stay safe and healthy!


Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top