You are here
Home > Bisnis >

5 Cara Menghasilkan Uang dari YouTube Selain Google Adsense

cara menghasilkan uang dari Youtube
Bagikan

MediaGo – Seperti yang kita ketahui, cara menghasilkan uang dari Youtube adalah dengan mendaftarkan channel kita ke Google Adsense agar bisa di monetisasi. Tapi masalahnya, bagaimana jika channel YouTube kita ditolak karena belum memenuhi syarat atau video yang kita upload selalu kena pelanggaran dan membuat sulit diterima Adsense? Tenang, kita bisa menghasilkan uang dari Youtube dengan cara lain, kok.

YouTube memang saat ini sedang ramai digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Bukan tanpa sebab, paltform besutan Google yang satu ini sering dikatakan bisa melebihi sebuah televisi karena semua video yang kamu cari ada disana. Mau nyari kartun, video tutorial, music, hingga berita pun ada.

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube selain Google Adsense

youtuber vlog
Ilustrasi Youtubers Vlog / ekrut.com

Sekarang banyak orang yang beralih menjadi konten kreator YouTube karena mereka sudah tahu bahwa dari YouTube bisa menghasilkan uang. Salah satu penghasilan terbesar dari YouTube adalah Google Adsense.

Untuk bisa mendaftar Adsense, channel kamu harus memenuhi syarat dan ketentuan yang diberikan pihak YouTube terlebih dahulu. Seperti memiliki 4000 jam tayang dan jumlah pengikut mencapai 1000 subscribers.

Lalu, bagaimana jika channel kita belum memenuhi syarat? Tenang saja, kamu bisa coba beberapa cara menghasilkan uang dari Youtube selain Google Adsense berikut ini.

1. Affiliate

Program Affiliate
Ilustrasi Affiliate Marketing / Jojonomic.com

Alternatif pertama untuk menghasilkan uang di YouTube adalah dengan cara mengikuti program affiliate baik lokal maupun internasional. Untuk affiliate lokal, misalnya Lazada, dan untuk affiliate global bisa ikut Amazon, atau eBay.

Affiliate sendiri bisa dikatakan sama seperti makelar, di mana kamu akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang berhasil. Besaran komisi itu sendiri bervariasi tergantung perusahaan dan harga barang yang berhasil kamu jual.

Baca Juga:  ShopBack Catat Cashback Rp12,2 Miliar Selama ShopFest 2020

2. Endorse

endorse
Selain Adsense, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dari Endorse / terkini.id

Jika kamu tidak bisa mendapatkan penghasilan dari Adsense YouTube, maka endorse adalah salah satu alternatif monetasi yang paling umum dan mudah dilakukan. Namun cara ini mempunyai tantangannya tersendiri yaitu kamu harus bisa bersaing dengan banyak YouTuber lain atau bahkan dari kalangan artis yang tentu punya daya tarik yang lebih tinggi.

Untuk menyiasati, kamu bisa bermain di ceruk yang berbeda dengan mereka dengan menyasar brand-brand atau perusahaan yang skalanya masih kecil dan memiliki budget terbatas.

3. Review Produk

Review Produk
Review Produk pengupas nanas yang dilakukan oleh Youtubers Gadget / Detik Food

Hampir sama dengan Endorse, Review produk menjadi alternatif menghasilkan uang dari Youtube berikutnya. Yang membedakan Review produk dengan Endorse adalah kamu akan diminta untuk mereview sebuah produk namun tidak dibayar dengan uang tunai melainkan dengan barang yang akan di review tersebut.

Walaupun tidak semua brand akan memberikan produknya setelah di review, kamu bisa melakukan filter dan memastikan produk yang akan direview bisa jadi salah satu sumber monetasi.

4. Donate (Donasi)

war donate
Donate 1M dari Doni Salmanan untuk Reza Arap / Tv Menarik

Pernah denger Reza Arap di donate 1M oleh subscribers nya? Youtubers gaming nomor satu di Indonesia ini mendapatkan donasi oleh pengikut setianya yang bernama Doni Salmanan sebesar 1 miliar saat melakukan live streaming game Ragnarok di YouTube.

Tentu saja ini bisa kamu tiru dengan membuka Donate seperti Saweria atau Sociabuzz dan memulai untuk live streaming di YouTube. Kamu akan mendapatkan banyak support jika kamu tidak pantang menyerah ketika sedang berusaha mencari penghasilan dari YouTube. Kamu bisa Livestream game yang sedang populer seperti Mobile Legends ataupun PUBG mobile.

5. Channel Berlangganan

channel berlangganan
Channel Berlangganan / Indozone

Dari namanya kalian sudah bisa paham maksud dari program yang dibuat YouTube ini. Di program ini Kamu bisa menerapkan sistem berbayar bulanan (langganan channel) untuk siapa saja yang ingin mendapatkan akses lebih ke konten-konten yang diterbitkan di channel kamu. Namun, sama seperti Adsense, kamu harus memenuhi beberapa syarat terlebih dahulu untuk bisa mengaktifkan fitur ini. Untuk lebih jelasnya kamu bisa baca kebijakannya terlebih dahulu melalui laman berikut.

Baca Juga:  Mengenal dan Peran Penerapan Budaya Organisasi dalam Perusahaan

Nah itulah lima alternatif penghasilan dari YouTube selain Google Adsense. Kamu bisa mencoba salah satunya terlebih dahulu dan yang paling penting adalah jangan pernah menyerah jika kamu ingin sukses menjadi seorang Youtubers ya. Banyak rintangan dan rasa malas yang harus bisa kamu hadapi. Semoga bermanfaat!


Bagikan
Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top