You are here
Home > Kecantikan >

Tak Hanya Sekadar Mencerahkan Kulit, Ini 5 Manfaat Rutin Pakai Body Lotion

Manfaat rutin pakai body lotion

Umumnya banyak orang menggunakan body lotion setelah mandi dan sebelum pergi ke luar rumah. Namun, sebenarnya pemakaian body lotion tak hanya sekadar mencerahkan kulit, tetapi juga memiliki banyak manfaat lain, lho. Berikut ini deretan manfaat rutin pakai body lotion yang perlu kamu ketahui. 

Apa itu body lotion

Manfaat rutin pakai body lotion
Pemakaian body lotion. (Gambar: http://pixabay.com)

Body lotion adalah salah satu dari cara mudah yang dapat dilakukan orang untuk menjaga kesehatan kulit tubuh. Body lotion ini mampu menjaga kelembapan kulit untuk mencegah terjadinya pengeringan, serta melembutkan siku dan tumit yang kasar. 

Body lotion mengandung humektan, yakni bahan aktif yang bekerja dengan menarik kandungan air di udara atau menarik air dari lapisan kulit paling dalam. Beberapa jenis kandungan humektan, antara lain ceramide, gliserin, sorbitol, hyaluronic acid, dan lecithin.

Kandungan lain seperti zat oklusif juga termasuk dalam body lotion. Zat ini bekerja dengan membentuk pelindung untuk mencegah hilangnya air dari kulit. Petrolatum dan lanolin adalah contoh zat oklusif. Selanjutnya, body lotion mengandung emolien. Beberapa kandungan emolien yang umum ditemukan dalam pelembap wajah dan tubuh adalah linoleat, linolenat, dan asam laurat.

Manfaat rutin pakai body lotion

Manfaat rutin pakai body lotion
Manfaat rutin pakai body lotion. (Gambar: http://beautynesia.id)

Seperti dilansir dari laman Everyday Health, berikut ini manfaat rutin pakai body lotion bagi kesehatan kulit tubuhmu: 

1. Melembapkan kulit

Seperti yang kamu tahu bahwa manfaat rutin pakai body lotion untuk melembapkan kulit kering. Apalagi bagi orang-orang yang tinggal atau bekerja di iklim yang tak menentu salah satunya seperti Indonesia. 

Sering mengoleskan body lotion secara rutin, bahkan mungkin setiap hari tentu dapat membantu mengatasi kulit pecah-pecah atau kering karena angin, dingin, atau panas. 

Kamu dapat mengoleskan body lotion setelah mandi atau sebelum melakukan aktivitas di luar rumah atau ruangan ber-AC. Pemakain body lotion tersebut dapat membantu menjaga kelembapan kulit agar tetap terhidrasi dan kenyal. 

2. Membuat kulit yang kasar menjadi halus kembali

Bahkan, jenis yang kulit normal sekalipun memiliki area yang berminyak atau kasar seperti di sekitar siku dan lutut yang dapat memanfaatkan pemakain body lotion setelah mandi atau sebelum tidur. Dengan penggunaan teratur, body lotion dapat mengatasi kulit kasar dan membuatnya sehalus hingga selembut bagian tubuh yang lain.

3. Mengatasi kapalan pada kulit 

Jika terlalu sering berdiri, kamu mungkin mengalami kapalan sehingga membuat kulit kasar. Body lotion dapat melembabkan area ini menjadi kenyal dan membantu menghilangkan kulit mati. 

4. Membuat tubuh jadi lebih rileks

Bahkan jika kulit dalam kondisi prima dan tidak perlu dilembabkan dengan body lotion, cobalah pijat tubuh dengan lotion beraroma di tangan. Rasakan kelembutan pada kulit dengan gerakan pijatan yang kencang dan stabil yang mampu menghilangkan stres, meredakan rasa sakit, dan meningkatkan endorfin untuk membuat tubuh merasa lebih rileks. 

5. Membuat kulit tampak lebih bersinar

Manfaat rutin pakai body lotion juga mampu mencerahkan warna kulit tubuhmu. Kualitas cerah kadang-kadang tertanam dalam lotion untuk muncul sebagai bintik-bintik kecil berkilau pada kulit saat dioleskan. Beberapa body lotion dapat mencerahkan kulit untuk menghilangkan kusam, serpihan mati dan meremajakan jaringan di bawahnya. 

Body lotion  merupakan salah satu perawatan tubuh yang memiliki berbagai manfaat bagi penggunanya dalam kehidupan sehari-hari serta untuk situasi tertentu. Tak hanya wanita, tetapi body lotion juga penting bagi pria di semua lapisan masyarakat, iklim, dan wilayah. Terkadang kulit membutuhkan hidrasi dan pelembab yang tepat untuk mengatasi kulit kering. 

Seiring bertambahnya usia, kulit akan menjadi lebih cepat kering, pemakaian body lotion ini yang bisa menjadi bahan pokok yang membantu menjaga kulit tetap sehat. Selain membuat tubuh rileks seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, body lotion juga terkadang digunakan dalam hal medis untuk mengobati kondisi dan masalah kulit tertentu, seperti metro gel untuk rosacea, atau obat jerawat. 

Dari perawatan kulit hingga manajemen kesehatan dan perawatan anti-penuaan, body lotion ternyata memberikan banyak manfaat yang mungkin selama ini kita abaikan atau anggap remeh. Jadi tak ada salahnya kamu memastikan untuk rutin pakai body lotion

Baca juga: Jangan Asal Pilih, Ini Cara Tepat Memilih Pelembap untuk Kulit

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top