You are here
Home > Bisnis >

5 Mata Uang di Dunia yang Paling Sulit Dipalsukan

Bagikan

MediaGo – Pemalsuan uang merupakan tindak kriminal yang sering terjadi di negara manapun. Demi mencegah hal ini terus terjadi, Bank sentral di seluruh dunia tak henti-hentinya berupaya untuk memperbaiki sistem keamanan di mata uang mereka agar sulit palsukan. Dan beberapa diantaranya berhasil, Seperti lima mata uang di dunia yang paling sulit dipalsukan yang akan kami bahas berikut ini.

Uang merupakan alat tukar yang bisa diterima secara umum. Dengan uang kita bisa membeli apa saja yang kita inginkan. Smartphone idaman, mobil sport, hingga rumah mewah bisa kita beli dengan uang.

Oleh karena itu, banyak orang yang nekat memalsukan uang demi bisa kaya mendadak atau mendapatkan apa yang mereka mau. Dan jelas ini merupakan sebuah kejahatan yang bisa dipidanakan.

Ini Mata Uang di Dunia yang Paling Sulit Dipalsukan

Di dunia ini terdapat banyak mata uang yang masih dengan mudah dipalsukan. Namun, dibalik itu ternyata ada lho beberapa mata uang yang sulit sekali untuk ditiru. Mengutip dari berbagai sumber terpercaya, Berikut ini 5 mata uang yang sulit dipalsukan.

1. Dolar Selandia Baru

mata uang selandia baru
Deretan mata uang Selandia Baru / Suka Trading

Mata uang yang sulit di palsukan pertama adalah dolar Selandia baru. Uang dari negeri kiwi ini terbuat dari bahan polimer atau sejenis plastik yang diklaim sangat sulit untuk dipalsukan.

Bukan hanya itu, Dolar Selandia baru juga disisipi beberapa fitur keamanan yang sangat canggih dan membuatnya sulit dipalsukan seperti gambar transparan serta gambar timbul yang dapat diraba.

2. Dollar Kanada

dolar kanada
Dolar kanada sulit dipalsukan / investorcenter.id

Demi menurunkan tingkat pemalsuan mata uang di negaranya, pemerintah Kanada memutuskan untuk mengubah material bahan dari yang awalnya menggunakan kertas kini berubah menjadi bahan polipropilene (sejenis plastik) di tahun 2011 lalu.

Baca Juga:  Struktur Organisasi Perusahaan: Pengertian, Manfaat, Contoh, dan Cara Menyusunnya!

Bukan hanya itu, dolar Kanada juga menambah beberapa fitur keamanan tambahan seperti bagian transparan berbentuk daun Maple yang mempunyai nomor tersembunyi. Mengutip dari Royal Canadian Mounted Police (RCMP) tahun 2015, pemerintah Kanada berhasil menurunkan tingkat pemalsuan mata uang hingga 74 persen. Wow!

3. Krone Norwegia

krone norwegia
Selain didapuk menjadi salah satu mata uang paling aman dari pemalsuan, Krone Norwegia juga memiliki tampilan yang begitu cantik / iStock

Selanjutnya ada mata uang Krone dari Norwegia. Krone Norwegia masuk dalam daftar mata uang yang paling sulit dipalsukan seiring dengan penemuan pada tahun 2017 lalu di mana hanya ada 20 dari 50 uang kertas krone yang berhasil dipalsukan.

Bahkan, pada tahun 2019, mata uang ini juga didapuk sebagai mata uang yang tercantik di dunia dengan menampilkan gambar mercusuar yang berada di tititk paling utara norwegia yang di sisinya terdapat kapal para viking.

4. Won Korea Selatan

won korea selatan
Meskipun sulit dipalsukan, Ternyata warga Korea Selatan dikenal sebagai pemalsu mata uang tercanggih / kamusdata.com

Korea Selatan menjadi salah satu negara dengan mata uang teraman di dunia. Ini terbukti oleh catatan di awal 2020 terkait adanya penurunan hingga 19 persen pemalsuan uang disana. Tren penurunan ini dimulai pada akhir 2017.

Meskipun memiliki mata uang yang sulit dipalsukan, ternyata warga Korea Selatan dikenal sebagai salah satu pemalsu mata uang yang paling canggih di dunia, lho.

5. Yuan China

mata uang china
Uang baru China dengan pecahan 100 Yuan / CNN Indonesia

Demi mengurangi tingkat pemalsuan uang di negaranya, China merilis uang kertas bernilai 100 Yuan dengan fitur keamanan yang lebih canggih di tahun 2015 lalu. Walaupun gambar yang terpampang masih menampilkan Mao Zedong, uang ini bisa berubah warna dari emas ke hijau jika sudutnya disesuaikan.

Bukan hanya itu, ada garis pengaman baru di sebelah kanan uang kertas tersebut yang bisa berubah dari merah muda ke hijau. Ini juga sebagai respons meningkatnya keamanan setelah bahan material uang diganti dari kertas ke bahan plastik yang sudah terbukti perlindungannya.

Baca Juga:  3 Pekerjaan Digital yang Saya Lakukan Untuk Survive di Masa Pandemi

Nah, itulah 5 mata uang yang sulit dipalsukan dari berbagai negara di seluruh dunia. Bagaimana dengan Indonesia? Kapan ya pemerintah Indonesia mulai mengganti bahan baku semua mata uang kita supaya lebih aman dari pemalsuan.


Bagikan
Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top