You are here
Home > Kuliner >

Melegenda! 4 Makanan Kuno Indonesia Enak Warisan Leluhur

makanan kuno indonesia

Makanan Kuno Indonesia – Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan makanan khas daerah. Namun, akhir-akhir ini banyak orang yang tidak mengenal makanan khas Indonesia.

Padahal jika dicoba dan dirasakan, makanan kuno yang ada tidak kalah dengan junk food atau sejenisnya. Di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai 4 makanan kuno Indonesia yang wajib untuk diketahui.

4 Makanan Kuno Indonesia Bercita Rasa Tinggi

Makanan kuno khas Indonesia mempunyai cita rasa yang bervariasi. Mulai dari manis, gurih, asin, dan lain-lain. Apa saja jenis makanannya? yuk kita cari tahu lengkap dengan penjelasannya.

1.   Dodol

Makanan Kuno Indonesia - Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan makanan khas daerah. Namun, akhir-akhir ini banyak orang yang tidak mengenal makanan khas Indonesia.

Dodol adalah salah satu makanan kuno Indonesia yang legit dan kenyal. Cita rasa dari dodol ini sangat khas hingga tidak bisa disamakan dengan permen atau sejenisnya. Menurut informasi, dodol sudah ada sejak abad ke 10. Ini dibuktikan dengan prasasti Sangguran yang ada di Malang mencantumkan tulisan “dwadwal” yang berarti dodol.

2.   Urap

Urap adalah makanan yang berasal dari sayuran yang dibalurkan dengan kelapa yang telah dibumbui. Makanan kuno khas Indonesia jenis ini masih banyak ditemui di lingkungan masyarakat. Sayur yang digunakan untuk makanan urap antara lain kecambah, selada, kangkung, lain sebagainya.

3.   Wajik

Wajik adalah makanan kuno khas Indonesia yang berbahan dasar ketan. Bentuk dari wajik ini sangat unik yaitu jajaran genjang atau belah ketupat. Wajik biasanya disajikan dengan hiasan pandan. Rasa dari makanan kuno ini sangat manis dan khas. Wajik juga sedikit lengket mengingat bahan dasarnya yang berasal dari ketan.

4.   Tape Ketan

makanan kuno indonesia
liputan6.com

Makanan kuno khas Indonesia yang terakhir yaitu tape ketan. Makanan ini merupakan hasil olahan fermentasi beras ketan. Tape ketan merupakan salah satu khas dari Kabupaten Magelang. Rasa dari tape ketan ini manis bercampur asam. Adapun hasil dari rasa asam ini berasal dari fermentasi yang dilakukan dari proses sebelumnya.

Itulah 4 makanan kuno Indonesia yang wajib untuk Anda ketahui. Jika Anda jarang menemukan makanan diatas, maka coba cari di area pasar tradisional. Selain itu, Anda juga bisa menemukan beberapa makanan khas dan kuno suatu daerah di toko oleh-oleh. Harga dari makanan khas rata-rata dibandrol dengan harga yang normal. Pastinya, bahan dasar yang digunakan segar dan sehat.

Leave a Reply

Top