You are here
Home > Bisnis >

Ingin Memulai Bisnis di Masa Pandemi Covid-19? Ini Strateginya

Ingin Memulai Bisnis di Masa Pandemi Covid-19? Ini Strateginya
Bagikan

MediaGo – Pandemi Covid-19 membuat sektor ekonomi lumpuh. Bisnis banyak yang tidak berjalan. Bahkan ada juga bisnis yang terpaksa tutup akibat dampak ekonomi dari penyebaran virus ini. Namun, tidak sedikit pula yang berniat memulai bisnis baru di masa pandemi ini.

Memang banyak orang pasti bertanya, “Beneran mau buka usaha? Nekat bener.” Itu mungkin salah satu pertanyaan yang akan muncul ketika kamu berniat membuka bisnis. Namun jangan salah, di tengah pandemi ini ada beberapa bisnis yang malah bisa meraup keuntungan besar.

Dikutip dari laman sirclo.com, membuka bisnis atau usaha baru di masa pandemi ini membutuhkan strategi yang matang. Berikut beberapa strategi yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis di tengah pandemi. 

Cek Dulu Kondisi Finansial

Hal utama yang harusi dperhatikan adalah memeriksa kondisi keuangan karena memulai bisnis pasti membutuhkan modal. Modal ini tidak harus diartikan dengan uang. Sebagai contoh dalam bisnis online, kamu perlu mengeluarkan modal untuk membuat website toko online. Memang saat ini banyak platform media sosial gratis yang bisa menjadi sarana bisnis seperti Instagram atau Facebook. Tetapi tetap saja, kamu harus memiliki modal lain, yakni barang yang akan kamu jual.

Analisis Peluang dan Kebutuhan Pasar

Jika kamu ingin memulai bisnis, sebaiknya fokus pada jenis-jenis produk atau jasa yang bisa dibeli secara online. Dalam beberapa minggu terakhir misalnya, penjualan produk kesehatan dan olahraga sedang meningkat. Namun, jangan berhenti pada sekadar mengkapitalisasi produk-produk yang sedang tren saja. Modifikasi lagi bisnismu agar sesuai dengan pasar yang ingin kamu tuju dan evaluasi secara berkala agar bisnismu bisa bertahan dalam jangka panjang. 

Strategi memulai usaha online
Memulai usaha online (foto: akseleran.co.id)

Buat Target yang Jelas

Baca Juga:  5 Negara dengan Pinjaman Utang Paling Sedikit di Dunia

Tentukan dengan spesifik siapa target dari bisnismu. Dengan punya target pasar yang jelas, kamu jadi bisa menyusun perencanaan, strategi, serta cara pendekatan yang tepat. Jika kamu sudah tahu bisnis yang ingin dibuat, tentukan siapa target pasarmu sekaligus mencari tahu inovasi apa yang bisa ditawarkan yang belum dimiliki kompetitor bisnismu. 

Pertimbangkan Suplai Produk

Kalau yang kamu jual adalah produk, hal sangat penting untuk dipertimbangkan sebelum memulai bisnis adalah ketersediaan (suplai) pproduk. Maka itu, cari tahu terlebih dahulu apakah produk yang kamu tawarkan suplainya tidak akan terhambat.

Maksimalkan Jaringan Online

Saat masa pandemi Covid-19 ini, sebagian besar melakukan kegiatan berbelanja mereka secara online. Kehadiran online jadi sangat penting dalam membangun bisnis. Maka itu, pastikan bisnismu mudah ditemukan secara online, mulai dari media sosial hingga website toko online.

Memberi Pelayanan Terbaik

Salah satu kuncu keberhasilan dalam bisnis adalah pelayanan yang memuaskan. Kualitas layanan pelanggan sangat berpengaruh terhadap kelancaran bisnis. Kalau kamu bisa memberikan pelayanan yang baik, maka customer pun tidak akan ragu merekomendasikan bisnismu ke orang-orang di sekitarnya. 


Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top