You are here
Home > Kecantikan >

Apa Manfaat Kolagen untuk Kecantikan?

Apa Manfaat Kolagen untuk Kecantikan?
Bagikan

MediaGo – Beberapa tahun belakangan ini, kolagen menjadi sangat populer di dunia kecantikan. Segala macam produk kecantikan dilabeli nama kolagen. Sebenarnya apa itu kolagen dan apa manfaatnya bagi kecantikan dan kesehatan?

Dikutip dari hallosehat.com, Kolagen adalah jenis protein berserat dan tidak larut yang jumlahnya paling berlimpah dalam tubuh manusia. Kolagen merupakan fondasi utama dari tulang, kulit, urat, dan ligamen untuk memberikannya struktur dan kekuatan. Kolagen juga ditemukan di banyak bagian tubuh lainnya, termasuk pembuluh darah, kornea mata dan gigi.

IKolagen juga ditemukan di banyak bagian tubuh lainnya, termasuk pembuluh darah, kornea mata dan gigi. Kebutuhan tubuh terhadap kolagen cukup besar yang mencapai sekitar 30 persen dari total protein tubuh. Kekurangan kolagen bisa menyebabkan menurunnya kekuatan jaringan tubuh dan terganggunya kesehatan.

Manfaat Kolagen

Lantas, apa manfaat kolagen bagi kecantikan? Berikut ini, beberapa manfaat dari kolagen yang dirangkum mediago.id dari berbagai sumber.

1. Melembapkan dan mencerahkan kulit

Manfaat kolagen untuk wajah yang pertama adalah melembapkan kulit secara alami dan mencerahkan kulit. Pasalnya, di dalam kolagen terdapat asam amino yang baik untuk menjaga lapisan kulit luar agar tetap halus dan sehat. Jika sintesa kolagen terus berjalan di dalam tubuh, kulit akan menjadi lembap dan tampak cerah.

Manfaat kolagen untuk kecantikan
Manfaat kolagen untuk kecantikan (foto: klikdokter.com)

2. Membuat Kulit Tampak Muda

Kolagen di lapisan dalam kulit berfungsi memberikan memberikan elastisitas kulit. Kolagen bertugas memberikan penampilan yang sehat, bercahaya dan terhidrasi. Kolagen merupakan protein yang mencegah kerutan, menggantikan sel kulit mati, dan membuat kulit tampak montok.

3. Mengurangi Bekas Luka

Kolagen juga mengurangi bekas jerawat, bekas luka atau benturan yang kadang tidak cepat menghilang. kolagen sangat diperlukan karena dapat membantu meminimalisir bekas-bekas luka dengan merangsang pembentukan jaringan baru yang sehat dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Baca Juga:  Apa Saja Manfaat Susu untuk Kecantikan Kulit?

Mengembalikan Kolagen

Sayangnya, kolagen bias hilang seiring bertambahnya usia. Kolagen akan mulai menghilang pada akhir usia 20an atau awal 30an. Setelah itu, kolagen akang menyusut sebesar 1 persen setiap tahunnya. Tanda kolagen mulai menyusut terlihat dari adanya keriput atau garis-garis halus pada wajah dan semakin berkurang tingkat kekenyalan kulit.

Namun, ada cara untuk mendapatkan kembali kolagen yang hilang tersebut. Caranya dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C mendukung pembentukan kolagen, misalnya brokoli, bayam, dan jeruk. Sebaiknya mengurangi gula karena glukosa dapat menempel pada kolagen dan membuatnya menjadi kaku. Hal itu akan membuat kulit jadi kusam, kering, dan menua.


Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top