You are here
Home > Gaya Hidup >

Jangan Sampai Tertipu, Ini 2 Nikmat yang Sering Dilalaikan Manusia

nikmat yang sering dilalaikan manusia

MediaGo – Kadang kita tidak menyadari bahwa Allah SWT telah memberikan banyak nikmat kepada kita hambanya. Bahkan banyak dari kita yang sering tidak mensyukuri serta melalaikan setiap nikmat yang Allah berikan tersebut. Nikmat apa saja itu?

Nabi Muhammad SAW bersabda,
“Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, nikmat sehat dan waktu senggang”. (HR. Bukhari no. 6412, dari Ibnu ‘Abbas).

Seseorang tidaklah dikatakan memiliki waktu luang hingga badannya juga sehat, dan barangsiapa memiliki dua hal tersebut yaitu waktu senggang dan sehat hendaknya ia bersemangat dan jangan sampai tertipu dengan meninggalkan rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan.

Nikmat yang sering dilalaikan Manusia

images 72
Ilustrasi nikmat yang sering dilalaikan manusia / freepik

Terkadang, manusia berada dalam kondisi sehat, namun dirinya tidak memiliki waktu luang karena sibuk dengan urusan dunianya. Sebaliknya, manusia memiliki waktu luang , namun ia dalam keadaan tidak sehat.

Apabila manusia memiliki waktu luang dan nikmat sehat, sungguh akan datang rasa malas dalam melakukan amalan ketaatan. Dan mereka itulah manusia yang telah tertipu dan terperdaya.

Barangsiapa yang memanfaatkan waktu luang saat sehat untuk melakukan ketaatan kepada Allah, maka dialah yang akan bahagia. Dunia merupakan ladang untuk beramal, hendaklah benar-benar dijadikan renungan untuk senantiasa meningkatkan amal kebaikan untuk bekal akhirat.

Sesudah waktu luang akan datang waktu penuh kesibukan, sesudah sehat akan ada kondisi sakit, maka gunakan waktu luang dan nikmat sehatmu dengan lebih baik.

Umar bin Khottob mengatakan, “Aku tidak suka melihat seseorang yang berjalan seenaknya tanpa mengindahkan ini dan itu, yaitu tidak peduli penghidupan dunianya dan tidak pula sibuk dengan urusan akhiratnya”.

Ibnu Mas’ud mengatakan “Aku sangat membenci orang yang menganggur, yaitu tidak punya amalan untuk penghidupan dunianya ataupun akhiratnya”.

Memanfaatkan waktu luang serta nikmat sehat dengan lebih bijak dengan mengharapkan keridhoan Allah adalah lebih utama. Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang lalai atas kenikmatan tersebut dan senantiasa bisa memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi. Aamiin.

Sumber : rumaysho.com

Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

Top