SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Tuesday, April 16, 2024
spot_imgspot_img
HomeGaya Hidup9 Cara Mendidik Anak yang Baik Ala Rasulullah

9 Cara Mendidik Anak yang Baik Ala Rasulullah

MediaGo, Cara Mendidik Anak Ala Rasulullah – Anak merupakan titipan dari Allah SWT yang harus kita jaga dan rawat sebaik mungkin. Setiap orang tua pasti menginginkan sang buah hati bisa tumbuh dan berkembang dengan sempurna dan memiliki Akhlakul Karimah yang baik.

Masalahnya, terkadang banyak orang tua yang belum tahu benar bagaimana cara mendidik anak menurut islam sehingga membuat anak tersebut membangkang kepada ayah ibunya serta Allah SWT yang telah menciptakannya.

Begini Cara Mendidik Anak Ala Rasulullah

Cara mendidik anak menurut islam
islamicphonicsreaders.com

Sebagaimana yang telah diajarkan Oleh Rasulullah Shallahu’Alaihi wasallam, Beliau telah memberikan contoh yang baik dalam mendidik anak. beliau dikenal sebagai sosok yang penyayang penuh kelembutan dan penyabar, tidak suka membentak anak namun tetap tegas dalam urusan Agama.

Berikut ini beberapa cara Rasulullah dalam mendidik anak baik itu laki-laki ataupun perempuan agar selalu berbakti kepada orang tua, Allah dan Rasulnya yang wajib kita contoh :

1. Mengajarkan Ilmu Tauhid

Pertama mengajarkan ilmu tauhid atau ilmu tentang ketuhanan. Seperti, mengenalkan Allah SWT sejak dini, menerangkan siapa Allah SWT dan tujuan Allah SWT menciptakan manusia.

Kemudian senantiasa membangun karakter sejak kecil, seperti membentuk aqidah dan keimanan yang kuat.

2. Mengajarkan Ilmu Agama

Ilmu agama itu sangat penting diajarkan sejak kecil agar nantinya tidak menjadi sosok yang pembangkang ketika telah tumbuh dewasa.

Rasulullah SAW selaku teladan yang baik untuk kita umatnya telah mencontohkan demikian. Beliau mengajarkan ilmu agama yang begitu luas kepada anaknya dan itu dilakukan secara bertahap.

Ajarkan ilmu agama sejak dini secara perlahan agar ketika dewasa nanti tidak salah dalam pergaulan yang mana bisa menjerumuskan mereka.

3. Mengajarkan Shalat

Ketiga, mengajarkan anak kita untuk bisa melaksanakan tanggung jawabnya sebagai manusia, yakni melakukan shalat lima waktu.

Rasulullah SAW bersabda:

“Perintahlah anak-anak kalian untuk melaksanakan shalat ketika telah berusia tujuh tahun dan pukullah mereka, jika enggan melakukanya pada usia sepuluh tahun, dan pisahkanlah tempat tidur mereka” (HR.Ahmad).

4. Mengajarkan Anak Mengaji

Kedisiplinan dan kemauan yang dipupuk dari orang tua kepada anak-anak untuk belajar mengaji Al-qur’an harus digiatkan dan dilakukan berulang ulang untuk mengingatkan mereka bahwa mengaji itu penting.

Penting bagi mereka dimasa yang akan datang, karena mengaji Al-qur’an adalah sebuah ibadah dimana jika melakukannya mendapatkan pahala. Al-qur’an adalah pedoman hidup umat Islam, maka dari itu kita harus bisa mengajarkan anak kita mengaji sejak dini.

5. Mengajarkan Bacaan Do’a

Mengajarkan dan membiasakan anak untuk berdoa sebelum melakukan apapun sangatlah penting agar senantiasa dijaga dan selalu dilindungi oleh Allah SWT dari berbagai macam bahaya.

Ajarkan mulai dari membaca Bismillah ketika ingin melakukan sesuatu ataupun doa berpergian ketika ingin keluar dari rumah agar selalu dalam lindungan Allah SWT.

6. Mengajari Anak Untuk Berbakti Kepada Orang Tua

Rasulullah Shallahu ‘Alaihi wassallam selalu mengajarkan kepada anak-anaknya keutamaan berbakti kepada orang tua. Sebab anak yang durhaka dalam islam merupakan perbuatan yang tidak baik dan akan mendapat dosa besar sehingga neraka balasannya.

7. Bersikap Lemah Lembut Terhadap Anak

Menunjukkan Akhlak yang baik dan bersikap lemah lembut. Kepada anak-anakNya, Rasulullah SAW sering memanggil mereka dengan sebutan yang indah, menggendong dan mengusap kepala mereka.

Berikan sikap lemah lembut pada anak agar anak menjadi pribadi yang lebih lembut dan tenang dalam menanggapi berbagai macam masalah dan situasi.

8. Ajarkan Anak Dalam Memilih Kawan

Cara mendidik anak ala rasulullah selanjutnya adalah mengajarkan anak memilih kawan yang baik. Tumbuhkan lingkungan yang sehat, dan penuh kebahagiaan sehingga akan tercipta generasi yang kuat.

“Nabi Muhammad dari mulai kecil berada di lingkungan yang baik, lingkungan yang sehat lahir dan batin di tengah degradasi moral kaum Quraisy”. Maka dari itu penting sekali untuk para orang tua mengajarkan anaknya memilih teman yang baik agar kedepannya tidak salah langkah.

9. Berdoa Kepada Allah, Meminta yang Terbaik

Para orang tua juga jangan pernah lupakan berdoa dan memohon kepada Allah SWT untuk anak-anaknya yang terbaik.

Jangan tanggung-tanggung ketika meminta kepada Allah untuk anak kita tercinta ya. Doakan selalu dalam setiap shalat dan InsyaAllah Allah akan menjadikan anak kita menjadi anak yang berguna bagi bangsa dan agama.

Semoga bermanfaat!

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular