SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Saturday, July 13, 2024
spot_imgspot_img
HomeGaya Hidup5 Cara Mengajarkan Puasa pada Anak Sejak Usia Dini

5 Cara Mengajarkan Puasa pada Anak Sejak Usia Dini

Puasa adalah rukun Islam yang ke-3 dan sebagai umat muslim di bulan Ramadan wajib untuk menjalaninya selama sebulan penuh. Sebagai orang tua, kegiatan ini juga bisa dilakukan bersama anak. Namun tentunya orang tua harus tahu bagaimana cara mengajarkan puasa pada anak sejak usia dini.

Apa tujuan anak kecil dilatih berpuasa? Bila orang tua tahu cara mengajarkan puasa pada anak dengan tepat dan menjadi kebiasaan sejak usia dini, maka ketika di bulan Ramadan mereka pasti akan lebih siap menjalaninya. Dan itu akan menjadi kebiasaan baik hingga anak dewasa nanti.

Berikut beberapa cara mengajarkan puasa pada anak usia dini dengan efektif! Cek di sini selengkapnya!.

5 Cara Mengajarkan Puasa pada Anak Sejak Usia Dini

1. Ajarkan Anak Tentang Makna Puasa

5 Cara Mengajarkan Puasa pada Anak Sejak Usia Dini (2)

Cara mengajarkan puasa pada anak yang pertama adalah ajari makna puasa yang sesungguhnya. Menurut istilah, puasa adalah keadaan menahan diri dari lapar, dahaga, dan hawa nafsu dengan tidak makan, minum, serta melakukan hal-hal yang membatalkan puasa dalam jangka waktu tertentu. Puasa dilakukan mulai imsak sebelum subuh hingga adzan Maghrib dikumandangkan.

Kewajiban berpuasa ini tertuang dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 183, dimana Allah SWT berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ.

Artinya: “Wahai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu. (Berpuasa) agar kamu bertakwa.”

Karena itu cara mengajarkan anak untuk puasa adalah dengan memberikan pemahaman tentang arti makna puasa yang sesungguhnya. Jadi anak tahu kalau puasa itu tidak hanya menahan lapar dan dahaga saja.

Baca Juga : 5 Hal Wajib Dipersiapkan untuk Menyambut Puasa Bulan Ramadan

Orang tua juga bisa mengajarkan apa saja manfaat puasa dan hal lain yang berhubungan dengan Ramadan. Ini agar anak akan semangat bahwa puasanya hanya untuk Allah SWT.

2. Sesuaikan dengan Usia Anak

Bolehkah anak yang belum tamyiz berpuasa? Mengapa anak kecil belum diwajibkan untuk berpuasa? Sebenarnya usia anak di bawah tujuh tahun tidak ada kewajiban berpuasa, kecuali sudah masuk baligh. Namun orang tua bisa mengajarkan puasa bagi anak usia dini. Sesuaikan dengan usia anak perlahan-lahan, akan melatih anak membiasakan puasa.

Baca Juga : Bentar Lagi Puasa, Yuk Ketahui 5 Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Cara mendidik anak berpuasa ramadhan, yaitu orang tua bisa memulainya dengan anak puasa setengah hari di waktu Dhuhur, lalu pelan-pelan ditambah waktunya sehingga anak bisa berpuasa sehari penuh. Beri dukungan dan pujian ketika anak berhasil melakukan puasanya, pasti anak akan semangat kembali puasa di esok hari.

3. Orang Tua Menjadi Panutan

Anak akan mencontoh orang tua dalam banyak hal, termasuk saat berpuasa. Ketika orang tua sering melakukan puasa, maka anak akan mengikuti jejak orang tuanya tersebut. Apalagi kalau misalnya puasa menjadi hal yang rutin bahkan bukan di bulan Ramadan, maka anak juga akan mengikuti dan tentu lebih siap bila dilatih puasa sejak dini.

4. Jangan Lupa Siapkan Menu Sehat Bergizi Seimbang Kesukaan Anak

Jangan Lupa Siapkan Menu Sehat Bergizi Seimbang Kesukaan Anak

Salah satu cara mengajarkan puasa pada anak adalah dengan memberikan makanan yang disukainya saat sahur dan buka. Momen buka puasa biasanya menjadi hal istimewa bagi anak, tidak ada salahnya jika orang tua menyiapkan makanan kesukaan mereka.

Jangan lupa ajak anak mempersiapkan menu berbuka puasa, pasti anak akan termotivasi untuk puasa sehari penuh. Pastikan asupan nutrisi anak selama puasa cukup. Dan ingatkan anak untuk tetap minum agar terhindar dari dehidrasi.

Baca juga: 8 Ide Menu Takjil untuk Buka Puasa Ramadan

Bahkan sekarang lagi viral di media sosial, minum oralit saat sahur agar puasa kuat. Hal ini tidak perlu dilakukan, selama anak tidak sakit dan dehidrasi. Cukup penuhi kebutuhan tubuh dengan asupan sehat bergizi seimbang ya!.

5. Siapkan Aktivitas Anak yang Seru dan Menyenangkan Saat Puasa

Siapkan Aktivitas Anak yang Seru dan Menyenangkan Saat Puasa cara mengajarkan puasa pada anak

Jangan lupa ajak anak untuk bermain seru ketika berpuasa Ramadan. Orang tua bisa mempersiapkan berbagai macam printable atau aktivitas lain yang dirasa cocok untuk usia anak. Ajarkan juga membaca Al Quran atau hafalan surat, sehingga anak juga tetap terjaga cintanya sama ayat Allah SWT.

Selain itu tips puasa anak kecil lainnya adalah orang tua bisa mengajak anak ngabuburit yang dilakukan sore hari sebelum waktu buka puasa tiba. Anak juga jadi bisa teralihkan saat sore biasanya mulai merasa lapar. Dijamin ngabuburit akan jadi momen menyenangkan bagi anak!.

Baca Juga : 5 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan dan Menu Wajib Buka Puasa

Tidak sulit kan cara mengajarkan puasa pada anak sejak dini ternyata! Yang pasti, ajarkan puasa pada anak pelan-pelan dan jangan membuat anak merasa terpaksa ketika berpuasa. Agar puasanya mendapat berkah dari Allah SWT.

Selamat mencoba cara mengajarkan puasa pada anak ya!

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular